Moladin Mofi Artikel

Home » Gaya Hidup » Apa Itu Kebutuhan? Dari Pengertian Hingga Macam-Macam Kebutuhan

Apa Itu Kebutuhan? Dari Pengertian Hingga Macam-Macam Kebutuhan

by Ahmad Yusuf
macam macam kebutuhan

Sebagai makhluk hidup, tentunya manusia memiliki berbagai macam kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan merujuk pada usaha manusia untuk mencapai kebutuhannya, baik secara fisik dan psikis yang berusaha dipenuhi untuk keberlanjutan dan kesejahteraan hidupnya.

Kebutuhan tidak hanya berupa syarat mutlak agar tetap bisa bertahan hidup, seperti pangan, sandang, dan papan. Tentu ada macam-macam kebutuhan yang tidak terpisahkan dari eksistensi manusia.

Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai macam-macam kebutuhan di artikel ini!

Apa Itu Kebutuhan?

Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diperlukan manusia dan harus dipenuhi untuk keberlangsungan hidupnya. Karena sifatnya adalah dibutuhkan, maka manusia dituntut untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Perlu diperhatikan, kebutuhan dan keinginan adalah dua konsep yang berbeda. Singkatnya, kebutuhan bisa diartikan sebagai sesuatu yang menuntut adanya pemenuhan untuk kelangsungan hidup dan kesejahteraan dasar manusia.

Contoh sederhana dari kebutuhan yang harus dipenuhi adalah air dan makanan, tanpa keduanya, seseorang tidak dapat bertahan hidup karena kebutuhan esensialnya tidak terakses.

Macam-Macam Kebutuhan Beserta Contohnya

Ada tiga macam-macam kebutuhan yang diklasifikasikan berdasarkan faktornya:

1. Kebutuhan Berdasarkan Intensitasnya

Pada umumnya, terdapat 3 macam macam kebutuhan yang didasarkan atas intensitas atau tingkat urgensinya, yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

  • Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan esensial yang harus dipenuhi sebagai syarat untuk keberlangsungan hidup seseorang. Karena sifatnya adalah suatu keharusan, maka harus dipastikan bahwa kebutuhan ini senantiasa terpenuhi.

Lebih lanjut, kebutuhan primer yang perlu dipenuhi secara umum meliputi kebutuhan pangan, sandang, dan papan.

Pangan adalah kebutuhan akan konsumsi makanan dan minuman yang diperlukan untuk menjaga kesehatan sekaligus sebagai sumber energi bagi tubuh.

Sementara itu, sandang adalah kebutuhan diri terhadap pakaian, maksudnya adalah pakaian yang kita kenakan merupakan pelindung bagi tubuh dari kondisi lingkungan, cuaca, atau risiko lain yang bisa dicegah dengan mengenakan pakaian.

Lalu yang terakhir adalah papan yang merujuk pada kebutuhan akan tempat tinggal yang aman sebagai cara manusia untuk menjamin keamanan termasuk perlindungan terhadap bahaya fisik yang mengancam. 

  • Kebutuhan Sekunder
Baca Juga  8 Ide Bisnis Fashion yang Menguntungkan dan Cara Tepat Memulainya

Kebutuhan sekunder dapat diartikan sebagai kebutuhan yang muncul sebagai cara untuk meningkatkan taraf kualitas hidup manusia. Karena sifatnya yang tidak mendesak seperti kebutuhan primer, kebutuhan sekunder akan muncul ketika hal pokok telah terpenuhi.

Meskipun sebagai pelengkap, kebutuhan sekunder juga sangat penting sebagai syarat untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup seseorang. Sebagai contoh, kebutuhan akan akses pendidikan, pelatihan atau kursus, hingga kebutuhan penunjang pendidikan seperti buku.

Beberapa contoh lainnya seperti transportasi, alat komunikasi, perlengkapan rumah tangga, dan produk-produk perawatan diri.

  • Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier dapat diartikan sebagai kebutuhan yang didasarkan atas keinginan untuk memuaskan hasrat terhadap sesuatu yang bersifat mewah. Kebutuhan ini sangat berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan atas kenyamanan dan gaya hidup.

Dalam kata lain, kebutuhan tersier sifatnya tidak esensial untuk keberlangsungan hidup. Oleh karena itu, kebutuhan tersier cenderung bergantung pada status dan kemampuan finansial seseorang untuk dapat mengaksesnya.

Contoh dari kebutuhan tersier adalah melancong ke luar negeri, mobil sport, pakaian bermerk, dan tempat tinggal yang mewah.

2. Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya

Macam macam kebutuhan juga dapat dibedakan berdasarkan sifatnya, yakni kebutuhan fisik dan psikis. Keduanya saling terkait dan tentunya penting untuk memastikan keberlangsungan dan kesejahteraan hidup. 

  • Kebutuhan Fisik

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kebutuhan fisik tentu sangat berhubungan dengan kebutuhan mendasar bagi tubuh. Oleh sebab itu, pemenuhan kebutuhan fisik sangat penting untuk menjaga kualitas keberlangsungan hidup.

Contoh dari kebutuhan fisik yang paling mendasar adalah kebutuhan akan oksigen, makan, minum, istirahat, akses kesehatan, pakaian, dan tempat tinggal

  • Kebutuhan Psikis

Kebutuhan psikis merupakan kebutuhan yang berkaitan dengan kesejahteraan mental atau jasmani manusia. Tujuan dari pemenuhan kebutuhan psikis adalah untuk memastikan kebahagiaan dan kesehatan mental dapat terjaga dengan baik.

Beberapa contoh dari pemenuhan kebutuhan psikis adalah dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan, meditasi, hingga membangun hubungan sosial yang sehat.

Baca Juga  10 Contoh Wirausaha yang Menarik dan Pasti Laku

3. Kebutuhan Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktunya, kebutuhan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu jangka pendek, menengah, dan panjang.

  • Kebutuhan Jangka Pendek

Kebutuhan jangka pendek adalah kebutuhan yang harus dipenuhi dalam waktu singkat, seperti dalam hitungan hari hingga beberapa bulan. Contoh dari kebutuhan pendek meliputi makanan dan minuman, obat-obatan, hingga pemeliharaan rumah (kebersihan dan perbaikan).

  • Kebutuhan Jangka Menengah

Kebutuhan jenis ini merupakan kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam jangka waktu menengah, seperti dalam hitungan bulan hingga beberapa tahun. Beberapa contoh dari kebutuhan jangka menengah adalah perawatan dan pembelian kendaraan pribadi.

  • Kebutuhan Jangka Panjang

Kebutuhan jangka panjang merupakan kebutuhan yang dipenuhi dalam waktu yang lebih lama, biasanya berlangsung selama beberapa tahun hingga beberapa dekade. Misalnya, pembelian rumah, menyiapkan tabungan untuk pensiun, dan investasi.

4. Kebutuhan Berdasarkan Subjek

Kebutuhan berdasarkan subjek merujuk pada kebutuhan yang dikelompokkan berdasarkan individu atau kelompok tertentu. 

  • Kebutuhan Individu

Sesuai nama, kebutuhan ini merujuk pada pemenuhan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh masing-masing individu. Adapun ragam kebutuhan individu berbeda tiap orangnya, ini bergantung pada keadaan masing-masing individu seperti kondisi kesehatan, finansial, serta preferensi. 

  • Kebutuhan Komunitas

Kebutuhan komunitas mengacu pada kebutuhan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan kolektif dari suatu komunitas. Contoh dari kebutuhan komunitas adalah pelayanan publik, kebutuhan keamanan, dan kebutuhan infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan sekolah.

Itulah macam-macam kebutuhan manusia yang penting untuk kamu tahu. Lebih lanjut lagi, kebutuhan tiap orang bisa berbeda-beda tergantung dengan keadaan ekonomi, kondisi kesehatan, dan alasan lainnya.

Dengan semakin besarnya tuntutan kebutuhan yang dimiliki, tentu isi dompet akan semakin terus dieksploitasi. Untuk mengatasi hal itu, mengajukan pinjaman adalah solusinya.

Jika kamu punya mobil, kamu bisa menggunakan BPKB mobil sebagai jaminan pinjaman dengan mudah dan cepat.

Di MOFI, kamu bisa melakukan pembayaran masa tenor dari 12 bulan sampai 60 bulan, lho! Menarik, kan?

Yuk, baca lebih lanjut tentang program Pembiayaan Jaminan BPKB Mobil di MOFI!

You may also like