Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » Jenis-Jenis Mobil dan Harga Pasarannya di Indonesia

Jenis-Jenis Mobil dan Harga Pasarannya di Indonesia

by Ahmad Yusuf
jenis jenis mobil

Semakin majunya industri otomotif juga turut membuat jenis jenis mobil yang beredar menjadi semakin beragam. 

Banyaknya jenis mobil inilah yang biasanya akan membuat calon pembeli menjadi ragu dan kebingungan untuk memilih jenis mobil apa yang sebenarnya diinginkan.

Oleh karena itu, tentu sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis mobil, terutama bagi kamu yang berencana membeli mobil. Ini dilakukan supaya kamu bisa memutuskan jenis jeni mobil apa yang sebenarnya sesuai untuk kamu gunakan.

Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai jenis jenis mobil yang ada di Indonesia beserta pasaran harganya. Simak sampai akhir, ya!

Pentingnya Mengetahui Jenis-Jenis Mobil dan Harga Pasarannya

Mengetahui jenis-jenis mobil dan harga pasarannya di Indonesia sangat penting untuk membuat keputusan pembelian yang bijak. Informasi ini membantu kamu terhindar dari penipuan, mendapatkan nilai terbaik, dan merencanakan anggaran secara efektif.

Selain itu, jika kamu berencana untuk melakukan peminjaman uang dengan menjamin BPKB mobil, pemahaman ini memungkinkan kamu untuk menilai nilai aset secara akurat. Alhasil, kamu dapat memperoleh jumlah pinjaman yang sesuai.

Tidak hanya itu, kamu juga terbantu dalam perencanaan keuangan jangka panjang, memastikan bahwa keputusan yang diambil berdampak positif pada kondisi keuangan secara keseluruhan.

Jenis-Jenis Mobil Beserta Harga Pasarannya di Indonesia

Setelah mengetahui betapa pentingnya mengetahui jenis-jenis mobil beserta harga pasarannya, saatnya kamu menilik lebih jauh apa saja pilihan jenis mobil yang tersedia di Indonesia.

1. Multi-Purpose Vehicle (MPV)

Dari banyaknya jenis jenis mobil di Indonesia, jenis mobil MPV atau biasa dikenal juga sebagai minivan sangat populer. Mobil MPV menjadi populer karena sangat ideal untuk perjalanan keluarga atau kelompok dengan banyak penumpang.

Cara termudah untuk mengidentifikasi mobil jenis ini adalah dengan mengecek jumlah baris kursi  mobil yang biasanya memiliki 3 baris kursi. Kursinya seringkali dapat dicopot atau dikonfigurasi untuk menciptakan lebih banyak ruang.

Contoh mobil MPV dan kisaran harganya: Toyota Kijang Innova (mulai dari Rp300-400 juta lebih) dan Nissan Grand Livina (mulai dari Rp200-300 juta lebih).

2. Sedan

Jenis mobil yang satu ini tidaklah asing didengar di kalangan orang Indonesia. Sedan dikenal dengan desainnya yang mewah dan elegan, membuat banyak pecinta otomotif maupun orang awam terpukau dibuatnya.

Ciri utama dari mobil sedan adalah desain tiga kota. Desain tersebut terdiri dari mesin yang berada di bagian depan, area kabin penumpang di tengah, dan ruang kargo atau bagasi yang terpisah di bagian belakang.

Pada umumnya sedan dapat menampung 4 hingga 5 orang penumpang, dan terdiri dari empat pintu akses. Jenis mobil ini juga biasanya didesain dengan bentuk yang aerodinamis untuk meningkatkan efisiensi energi.

Contoh mobil sedan dan kisaran harganya: Honda Civic (mulai dari Rp400-500 juta lebih) dan Toyota Camry (mulai dari Rp600-800 juta lebih)

3. Sport Utility Vehicle (SUV)

SUV merupakan satu dari banyaknya jenis jenis mobil dengan ciri khas ground clearance yang lebih tinggi, yaitu jarak antara dasar ban mobil dengan titik terendah mobil. Mobil SUV bisa dengan mudah melewati medan yang terjal atau tidak rata secara lebih mudah dan efisien.

Selain itu, biasanya SUV juga dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda (4WD). Faktor ini yang membuat SUV dikenal sebagai jenis mobil yang memadukan antara elemen mobil penumpang dengan fitur kendaraan off road.

Contoh mobil SUV dan kisaran harganya: Toyota Highlander (mulai dari Rp500-600 juta lebih) dan Toyota Rush (mulai dari Rp250 juta).

4. Pick-up

Mobil pick-up banyak ditemui untuk mengangkut barang perniagaan memang sangat populer di Indonesia. Fitur yang paling menonjol dari mobil pick-up adalah kabin yang didesain tertutup dengan dibekali bak kargo terbuka dengan sisi-sisi yang rendah.

Jenis mobil pick-up juga beragam, diantaranya yaitu dibedakan dengan jumlah baris bangku atau kabin. Untuk satu baris bangku (single cabin), terdiri atas 2 pasang kursi. Selain itu, untuk dua baris bangku (double cabin) dilengkapi tambahan kursi di barisan bangku kedua.

Contoh mobil pick-up dan kisaran harganya: Suzuki Carry (mulai dari Rp150-200 juta lebih) dan Toyota New Hilux (mulai dari Rp400-700 juta lebih).

5. Hatchback

Mobil hatchback adalah jenis mobil dengan body kompak yang sangat populer di Indonesia, terutama dipakai oleh kalangan anak muda. Jenis mobil ini juga dikenal dengan sebutan mobil two-box, dimana elemen utama dari mobil ini dibagi menjadi dua bagian. 

Box pertama adalah bagian depan yang menjadi tempat mesin, serta box kedua merupakan kabin penumpang yang digabungkan dengan bagasi. Selain itu, jendela belakang dan tutup bagasi juga digabungkan menjadi satu agar akses terhadap kargo menjadi lebih mudah.

Contoh mobil pick-up dan kisaran harganya: Honda Brio (mulai dari Rp150 jutaan) dan Toyota Agya (mulai dari Rp140 jutaan).

6. Crossover

Ciri utama dari mobil jenis crossover adalah desainnya seperti kombinasi antara jenis mobil hatchback yang digabungkan dengan ciri khas mobil SUV. Gabungan ini membuat desain mobil crossover terlihat lebih ramping seperti hatchback tapi ground clearance lebih tinggi seperti SUV.

Mobil crossover sendiri mulai terdongkrak popularitasnya karena mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, efisien bahan bakar, dan bertenaga.

Contoh mobil crossover dan kisaran harganya: KIA Sportage (mulai dari Rp400 jutaan) dan  Hyundai Creta (mulai dari Rp300 jutaan).

7. Convertible

Mobil convertible atau kendaraan atap terbuka merupakan jenis kendaraan yang cocok untuk pengendara yang ingin merasakan pengalaman berkendara di udara terbuka. Dengan kondisi atap yang terbuka, kamu bisa menikmati udara segar dan melihat pemandangan luar tanpa penghalang.

Dengan semakin majunya teknologi otomotif, atap mobil convertible dapat dikonfigurasi secara otomatis dengan lebih mudah. Kamu hanya perlu mengoperasikannya dengan sistem tombol otomatis.

Jenis-jenis mobil convertible memiliki tipe atap yang bervariasi. Ada yang menggunakan material rangka yang keras, hingga ada yang menggunakan bahan material yang lunak dan fleksibel seperti karet atau kain.

Contoh mobil convertible dan kisaran harganya: Mazda MX-T RF (mulai dari Rp800 juta) dan Mini Cabrio (mulai dari Rp900 juta-Rp. 1 miliar lebih).

8. Off-Road

Ingin melintasi jalan terjal, bergelombang, atau berlumpur? Mobil off-road adalah pilihan yang tepat. Mobil jenis ini memang sangat digandrungi di kalangan pecinta petualangan.

Dengan mesin buas yang didukung ukuran ban yang besar dan sistem 4WD, mobil offroad mampu menaklukkan berbagai medan yang menantang.

Di Indonesia, ada banyak jenis-jenis mobil offroad yang cukup populer di pasar otomotif. Contohnya adalah mobil keluaran Jeep, Toyota, Ford, dan Mitsubishi.

Contoh mobil crossover dan kisaran harganya: Jeep Wrangler (Rp1 Miliar lebih) dan Toyota Land Cruiser (Rp2 Miliar lebih).

9. Sport Car

Buat yang suka kecepatan, mobil jenis sport adalah jawabannya. Dilengkapi dengan mesin yang bertenaga, tentunya mobil ini bisa membawamu berakselerasi secara cepat dan lincah.

Fitur yang menjadi ciri khas dari mobil jenis ini adalah desain body-nya yang dirancang dengan ramping dan aerodinamis pembelah udara.

Dengan fitur tersebut, tentunya kamu bisa dengan mudah meningkatkan performa kecepatan dan efisiensi saat digunakan.

Contoh mobil sport dan kisaran harganya: Lamborghini Huracan (Rp8 miliar lebih) dan Toyota GR Supra (Rp2 Miliar lebih)

Setelah mengetahui jenis-jenis mobil dan kisaran harganya di pasaran Indonesia, jenis mobil mana yang kamu punya dan inginkan?

Yuk, sesuaikan keperluan memiliki mobilmu dengan budget dan preferensimu. Dengan menyesuaikan hal tersebut, mobilmu tidak hanya berfungsi untuk mobilisasi saja, tapi juga bisa menjadi aset  yang berharga di kemudian hari.

Mobilmu juga bisa menjadi jaminan jika ada keperluan mendadak di masa mendatang. Kamu tetap bisa menggunakan mobilmu dan mendapatkan pinjaman dengan mudah hanya dengan menjaminkan BPKB mobil.

Misalnya, di MOFI kamu bisa menjaminkan BPKB mobil milikmu ketika membutuhkan dana yang mendadak. Pasalnya, proses cepatnya, mudah, dan pencairannya pun tentunya aman.

Pelajari lebih lanjut tentang program Pembiayaan Jaminan BPKB Mobil di MOFI!

Baca Juga  10 Tips Memulai Bisnis Keluarga, Kamu Harus Tahu 

You may also like