Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » Riset Pemasaran: Kenapa Penting dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Riset Pemasaran: Kenapa Penting dan Bagaimana Cara Melakukannya?

by Ahmad Yusuf
riset pemasaran adalah

Untuk bersaing di pasar yang sangat kompetitif, penting untuk mengetahui situasi industri pasar yang kamu geluti. Salah satu caranya adalah dengan melakukan riset pemasaran.

Pasalnya, hanya dengan mengantongi hasil riset pasar yang komprehensif kamu bisa membuat perencanaan strategi yang efektif dan sistematis. Supaya lebih memahami soal ini, mari simak ulasan selengkapnya di artikel berikut.

Apa Itu Riset Pemasaran?

Riset pemasaran adalah serangkaian upaya untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang diperoleh untuk merumuskan strategi pemasaran yang  lebih valid dan terarah.

Mengutip laman Investopedia, pada dasarnya riset pasar mengkaji perilaku konsumen dan pergerakan tren pasar saat ini untuk membantu bisnis mengembangkan dan menyempurnakan strategi bisnisnya. Sekaligus mengumpulkan insight dan umpan balik dari konsumen terhadap produk atau layanan yang diberikan.

Riset ini dapat diurus sendiri oleh pihak internal perusahaan atau bisa juga menggandeng pihak ketiga yang memang memiliki spesialisasi di bidang ini. Mana yang lebih baik? Jawabannya, tergantung kemampuan dan budget perusahaan.

Tujuan Riset Pemasaran untuk Bisnis

Riset di bidang pemasaran merupakan salah satu riset yang hasilnya cukup komprehensif. Itu karena rekomendasi hasilnya bisa mengakomodasi tiga tujuan sekaligus, yang poin utamanya adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Tujuan Internal: Do You Want to Better Market Your Products?

Tujuan riset ini berfokus untuk mengembangkan strategi internal perusahaan. Rekomendasinya bisa jadi melibatkan setiap lini, tidak hanya terbatas pada divisi pemasaran saja. Misalnya riset pelayanan customer service.

2. Tujuan Konsumen: Looking to Address Customer Pain Points?

Tujuan riset ini adalah untuk mendapatkan informasi seputar konsumen sebanyak-banyaknya, terutama untuk menemukan pain point-nya sehingga bisa diakomodasi dalam strategi pemasaran yang baru. Misalnya riset preferensi konsumen terhadap produk tertentu.

3. Tujuan Pasar: Are You Trying to Understand Your Competitors? 

Tujuan riset ini adalah untuk memantau tren pasar dan pergerakan kompetitor. Ini sangat penting karena dunia bisnis terus mengalami perubahan sehingga perusahaan harus tanggap dan siap menghadapi konsekuensinya. Misalnya riset efisiensi channel distribusi.

Baca Juga  Studi Kelayakan Bisnis: Pengertian, Manfaat, Aspek, dan Tahapannya

Fungsi Riset Pemasaran

Setelah membahas tujuan, selanjutnya kamu perlu memahami bahwa riset pasar memiliki lima fungsi utama, yaitu sebagai berikut.

  • Memahami (understanding). Riset pasar memberikan insight yang bermakna sehingga memampukan perusahaan untuk memahami pasar, mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi konsumen, dan mengukur dampak strategi dan investasinya.
  • Mengidentifikasi (identifying). Riset pasar membantu perusahaan menemukan peluang yang belum dimanfaatkan sehingga bisa membantu top management untuk membuat rencana strategis dan memprioritaskan peluang investasi.
  • Mengevaluasi (evaluating). Riset pasar berfungsi sebagai bahan evaluasi terhadap strategi yang telah diterapkan sehingga bisa diketahui langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya.
  • Memprediksi (predicting). Riset pasar mampu memprediksi tren di masa depan, termasuk bagaimana perubahan perilaku konsumen, peraturan pemerintah, dan rencana kompetitor.
  • Mengungkap (uncovering). Riset pasar mampu mengungkap potensi risiko yang jika diabaikan dapat menyebabkan kerugian besar dan menciptakan persepsi negatif terhadap perusahaan maupun mereknya.

Lalu Kapan Harus Melakukan Riset Pemasaran?

Menilik laman The Balance Small Business, kamu bisa melakukan riset pasar kapanpun selagi dibutuhkan. Misalnya saat hendak meluncurkan produk baru, ingin melakukan ekspansi bisnis, memantau strategi kompetitor, dan lain sebagainya.

Selain demi menyesuaikan kebutuhan perusahaan, riset pasar perlu dilakukan secara berkala karena kondisi pasar terus berubah. Tren dan perilaku konsumen pun terus berkembang dari waktu ke waktu.

Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa strategi pemasaran yang digunakan saat ini masih relevan dan efektif untuk menghadapi situasi pasar sekarang ini. 

Jadi, perusahaan bisa membuat keputusan yang lebih baik dalam pengembangan produk, penentuan harga, maupun keputusan strategis lainnya. 

Tanpanya, perusahaan bisa kehilangan insight dan informasi penting tentang perubahan yang terjadi di pasar dan kalah dalam persaingan. 

Baca Juga  4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Investasi Properti

Bagaimana Cara Melakukan Riset Pemasaran?

Setelah memahami tujuan dan fungsi riset pemasaran, maka sekarang kamu perlu tahu bagaimana cara melakukannya.

Hasil riset pemasaran tentu bakal lebih komprehensif kalau prosesnya digawangi oleh profesional yang ahli di bidangnya.

Namun jika kamu yang baru memulai usaha, tidak perlu berkecil hati karena sekarang kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tentukan tujuan penelitian karena setiap penelitian harus mampu menjawab masalah yang jelas dan terdefinisi dengan baik. Misalnya untuk mengetahui efektivitas strategi digital marketing.
  2. Tentukan siapa saja yang akan ikut andil dalam penelitian ini untuk menjaga efektivitas proses dan sumber daya yang digunakan. Termasuk cakupan pasar yang akan diteliti. 
  3. Mengumpulkan data dan menganalisis hasilnya dengan menggunakan metode pengumpulan data dan teknik analisis data yang tepat.
  4. Menginterpretasikan hasil temuan riset dan menyusunnya dalam bentuk laporan penelitian.
  5. Menggunakan hasil riset untuk menyusun strategi pemasaran atau membuat keputusan bisnis.
  6. Mengevaluasi keputusan bisnis dan mengukur hasilnya. Setelahnya, kamu mungkin akan membutuhkan riset tambahan untuk membuat rencana strategis lainnya. 

Setelah memahami urgensi riset pemasaran dalam bisnis, kamu jadi makin tahu kan kalau ternyata ini bukan hanya untuk menaikkan angka penjualan saja. Melainkan juga bagaimana cara tetap sustain dan memenangkan kompetisi di pasar. 

Nah, untuk mendukung pertumbuhan bisnismu, kamu bisa mengandalkan MoTunai dari MOFI sebagai produk pembiayaan multiguna yang bisa dipercaya.

Prosesnya cepat dan pilihan tenornya fleksibel. Sangat membantu para pengusaha UMKM seperti kamu yang membutuhkan tambahan modal kerja untuk melebarkan skala bisnis. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi website resminya di sini!

You may also like