Moladin Mofi Artikel

Home » Gaya Hidup » Kebutuhan Primer: Kenapa Harus Dipenuhi sampai Apa Contohnya

Kebutuhan Primer: Kenapa Harus Dipenuhi sampai Apa Contohnya

by Ahmad Yusuf
kebutuhan primer adalah

Aristoteles berpendapat bahwa kebutuhan manusia akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Namun, ada kebutuhan yang akan tetap sama dan  kelangsungan hidup manusia bergantung padanya. Ini adalah apa yang kita kenal sebagai kebutuhan primer.

Itulah alasan mengapa kebutuhan primer harus dipenuhi tanpa perlu “tawar-menawar”. Untuk mempelajari apa itu kebutuhan primer dan segala yang berkaitan dengannya, simak artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Kebutuhan Primer?

Mengutip Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research, kebutuhan primer adalah daftar minimal unsur-unsur yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan dasar dan mencapai kehidupan yang layak. 

Mereka adalah makanan, pakaian, tempat tinggal, serta layanan penting, seperti akses terhadap air minum, sanitasi, pendidikan, fasilitas kesehatan, dan transportasi umum. 

Dalam definisi yang lebih modern, kebutuhan primer adalah jenis kebutuhan yang juga mencakup kebutuhan psikologis dan kebutuhan sosial.

Pada prinsipnya, kebutuhan primer muncul secara alami dan tanpanya peradaban manusia tidak akan bisa bertahan.

Kenapa Kebutuhan Primer Harus Dipenuhi?

Melihat betapa pentingnya kebutuhan primer untuk bertahan hidup, berikut ini adalah 3 alasan utama kenapa kebutuhan primer harus dipenuhi.

  1. Keamanan. Memenuhi kebutuhan primer memberikan rasa aman karena mengetahui bahwa kita dapat mengandalkan sumber daya ini untuk tetap hidup.
  2. Kenyamanan. Memiliki akses terhadap sumber daya dasar seperti makanan, air, dan tempat tinggal mampu menciptakan kenyamanan dan kesejahteraan secara holistik.
  3. Kesehatan. Memenuhi kebutuhan primer membantu kita mendapatkan kesehatan dan kesejahteraan karena dapat mengakses sumber daya yang diperlukan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Ciri-ciri Kebutuhan Primer

Kalau kita menilik Maslow’s Hierarchy of Needs, kebutuhan dasar manusia mencakup ciri-ciri berikut ini:

  1. Kebutuhan bersifat universal.
  2. Kebutuhan dapat dipenuhi dengan cara yang berbeda.
  3. Kebutuhan dapat distimulasi oleh faktor eksternal dan internal.
  4. Prioritas yang mungkin tertunda.
  5. Kebutuhan satu dengan lainnya saling berhubungan.

Namun, untuk lebih spesifiknya, MOFI juga merangkum ciri-ciri kebutuhan primer, seperti berikut ini:

  1. Kebutuhan primer adalah sumber daya utama untuk menjamin kelangsungan hidup, tanpanya kita tidak bisa bertahan hidup atau disebut memiliki hidup yang layak.
  2. Kebutuhan primer akan selalu menjadi prioritas tertinggi di antara kebutuhan lainnya.
  3. Kebutuhan primer adalah salah satu syarat agar manusia dapat memenuhi kebutuhan lainnya.
  4. Kebutuhan primer mencakup hal-hal yang mudah didapatkan dan ditemukan, baik yang disediakan alam maupun melalui campur tangan manusia.
  5. Kebutuhan primer akan selalu dibutuhkan sehingga manusia akan melakukan pembelian secara berkala.
Baca Juga  Hustle Culture Adalah Budaya Kerja: Ciri-Ciri, Dampak, dan Solusinya

Klasifikasi Kebutuhan Primer

Sebagaimana yang sempat disinggung dalam pembukaan, dalam terminologi yang lebih modern, kebutuhan primer bukan lagi sekadar untuk memenuhi kebutuhan fisik demi bertahan hidup. 

Namun, juga mencakup kebutuhan psikologis dan kebutuhan sosial.

1. Kebutuhan Fisik

Kebutuhan fisik adalah kebutuhan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan fisik demi bisa bertahan hidup. Kebutuhan ini adalah kebutuhan yang paling mendasar dan harus dipenuhi. 

Contoh kebutuhan fisik meliputi makanan, air, tempat tinggal, udara, dan pakaian.

2. Kebutuhan Psikologis

Kebutuhan psikologis adalah kebutuhan yang membantu manusia untuk berkembang secara emosional dan mental. Contoh kebutuhan psikologis meliputi perasaan dicintai, diterima, rasa aman, dan harga diri.

3. Kebutuhan Sosial

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi dengan manusia lainnya. Contoh kebutuhan sosial meliputi persahabatan, komunikasi, dan partisipasi dalam kegiatan yang bermakna.

Contoh Kebutuhan Primer

Mengutip istilah yang digunakan International Labour Organization (ILO), sandang, pangan, dan papan adalah kebutuhan dasar yang paling mendesak. 

Namun dalam daftar modern, kebutuhan primer juga menyertakan sanitasi, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan yang layak sebagai daftar minimum yang harus dipenuhi.

Daftar di bawah ini adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan untuk menilai kualitas hidup seseorang sekaligus memahami perkembangan suatu bangsa.

1. Pakaian

Pakaian merupakan kebutuhan yang paling penting dan pokok agar seseorang bisa beraktivitas. Dalam konteks kebutuhan primer, fungsi pakaian bukan sebagai alat fesyen melainkan untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin, juga sebuah “aturan” untuk melindungi martabat manusia.

2. Makan dan Minum

Makanan dan minuman, keduanya merupakan sumber energi bagi tubuh. Dari situ lah, fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya sehingga terhindar dari bahaya penyakit dan bisa beraktivitas dengan normal.

Baca Juga  Harus Tahu, Ini Arti serta Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

3. Tempat Tinggal

Definisi tempat tinggal kini sudah berubah. Tempat tinggal bukan sekadar bangunan di mana manusia bisa berteduh dari panas dan hujan. Melainkan rumah sebagai tempat yang aman dan tempat berlindung dari segala hal-hal berbahaya.

4. Sanitasi

Air dan udara yang bersih adalah hak setiap manusia. Tanpa keduanya, kehidupan manusia benar-benar berada dalam ancaman. Tanpa air, tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik karena dehidrasi. Selanjutnya, menghirup udara kotor ke dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai bahaya untuk kesehatan.

5. Layanan Kesehatan

Layanan kesehatan juga termasuk dalam kebutuhan primer. Hanya dengan tubuh yang sehat dan bugar, kita bisa beraktivitas dan mencapai tujuan. Namun saat sakit, layanan kesehatan lah yang kita butuhkan agar bisa mengembalikan kondisi fisik seperti sedia kala. 

Hanya dengan layanan kesehatan yang memadai, setiap nyawa yang berharga bisa diselamatkan.

6. Pendidikan

Kalau kemarin ada yang bilang bahwa pendidikan termasuk kebutuhan tersier, semoga artikel ini bisa mencerahkan kenapa pendidikan termasuk kebutuhan primer.

Secara umum pendidikan adalah sebuah proses mengembangkan potensi dan nilai-nilai untuk menjalankan kehidupan yang layak dan berkualitas. Dalam konteks ini, pendidikan yang berkualitas hanya dapat diperoleh melalui lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat yang juga berkualitas.

7. Pekerjaan

Bagaimana bisa kita memenuhi semua kebutuhan di atas tanpa memiliki pekerjaan. Pekerjaan (yang layak) membuat seseorang mampu mendapatkan penghasilan, memenuhi kebutuhan, mensejahterakan keluarganya, dan menciptakan kualitas hidup yang lebih baik.

Itulah informasi seputar apa itu kebutuhan primer dan hal-hal lain yang menyertainya. 

Untuk memenuhi kebutuhan konsumtif atau produktifmu, MOFI menyediakan fasilitas Pembiayaan Jaminan BPKB Mobil yang bisa kamu andalkan saat membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan harian maupun tambahan modal usaha. Pelajari informasi selengkapnya di www.mofi.id.

You may also like