Moladin Mofi Artikel

Home » Gaya Hidup » 6 Contoh Kebutuhan Sekunder yang Umum dalam Kehidupan Sehari-Hari

6 Contoh Kebutuhan Sekunder yang Umum dalam Kehidupan Sehari-Hari

by Ahmad Yusuf
kebutuhan sekunder adalah

Kebutuhan manusia terbagi menjadi beberapa jenis yang saling melengkapi untuk mencapai kesejahteraan dan kualitas hidup yang optimal. Kebutuhan ini diklasifikasikan dalam tiga kategori utama di antaranya adalah kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. 

Kebutuhan primer meliputi kebutuhan dasar yang esensial, sedangkan kebutuhan sekunder adalah jenis kebutuhan yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup. Lalu, kebutuhan tersier mencakup keinginan untuk kemewahan dan prestise.

Apa Itu Kebutuhan Sekunder?

Seperti dijelaskan sebelumnya, kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang muncul setelah kebutuhan primer (kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal) telah terpenuhi. 

Kebutuhan ini tidak bersifat mendesak untuk kelangsungan hidup, tetapi tetap penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan seseorang. 

Adapun, contoh kebutuhan sekunder adalah pendidikan, hiburan, rekreasi, teknologi, serta transportasi. Memenuhi kebutuhan sekunder dapat membantu seseorang mencapai kebahagiaan, kenyamanan, dan kepuasan hidup yang lebih tinggi.

Kebutuhan sekunder berperan penting dalam perkembangan pribadi dan sosial. Apabila kebutuhan ini terpenuhi, seseorang dapat mengembangkan keterampilan, memperluas wawasan, serta menikmati berbagai aspek kehidupan yang lebih luas. 

Misalnya, akses terhadap pendidikan yang baik membuat seseorang dapat memperoleh pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Sementara itu, kegiatan rekreasi dan hiburan membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental. 

Bisa dikatakan, memenuhi kebutuhan sekunder berkontribusi pada pencapaian kehidupan yang lebih seimbang dan memuaskan.

Contoh Kebutuhan Sekunder

Agar lebih jelas, apa saja yang termasuk dalam kebutuhan sekunder bisa kamu perhatikan dari beberapa contoh berikut ini:

1. Kendaraan pribadi

Pada zaman dahulu, sebagian besar masyarakat mungkin setuju jika kendaraan pribadi merupakan jenis kebutuhan tersier atau mewah. Akan tetapi, pada era canggih yang serba cepat seperti saat ini, kendaraan pribadi mengalami pergeseran dan termasuk dalam kebutuhan sekunder. 

Ini karena kendaraan pribadi mempunyai peran penunjang semua bentuk produktivitas dan aktivitas harian manusia. Misalnya, sebagian orang memerlukan mobil, tetapi sebagian besar membutuhkan motor. 

Baca Juga  Harus Tahu, Ini Arti serta Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Keduanya sangat membantu seseorang yang mempunyai mobilitas tinggi sehingga dapat berpindah dengan lebih efektif dan efisien. Tak hanya itu, kepemilikan mobil juga memberi kenyamanan ekstra untuk setiap orang yang ingin bepergian dalam jarak jauh yang lebih nyaman. 

2. Perkakas rumah

Berbagai jenis perkakas rumah tangga saat ini turut bergeser posisinya menjadi kebutuhan sekunder. Terutama untuk keluarga yang telah memenuhi semua kebutuhan primer dengan baik dan kondisi finansial yang masih sangat mencukupi.

Selain hanya tempat tidur yang nyaman, perkakas rumah ini termasuk sofa yang dapat memaksimalkan kenyamanan saat sedang menghabiskan waktu bersama dengan keluarga di rumah. 

3. Perangkat elektronik

Hidup di era yang serba cepat dan mudah seperti saat ini membuat perangkat elektronik menjadi contoh kebutuhan sekunder lainnya. Perkakas ini akan terus berkembang dan memudahkan aktivitas sehari-hari. 

Beberapa jenis kebutuhan sekunder dalam kelompok ini adalah kulkas, televisi, mesin cuci, AC, setrika, oven, dan microwave. Selain itu, beberapa orang juga memiliki vacuum cleaner otomatis untuk membantu memudahkan aktivitas bersih-bersih rumah. 

4. Olahraga

Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan, olahraga juga menjadi kebutuhan sekunder yang tidak boleh dilewatkan. Tidak hanya fisik, aktivitas ini juga dapat meningkatkan kesehatan mental jika dilakukan secara rutin. 

Sayangnya, masih banyak orang yang sulit konsisten untuk berolahraga secara rutin dengan banyak alasan, sering kali adalah kesibukan yang begitu padat. Padahal, olahraga dapat membuat kamu lebih bertenaga dan bersemangat sehingga mampu menjalani hari dengan lebih produktif. 

5. Hiburan

Tak ketinggalan, hiburan yang menjadi bentuk kebutuhan sekunder yang bisa dipenuhi oleh sebagian besar orang, dengan tujuan untuk meningkatkan kebahagiaan dan memperbaiki suasana hati sehingga lebih menyenangkan. 

Biasanya, hiburan akan dicari saat seseorang merasa jenuh akan rutinitas harian dan ingin melakukan sesuatu yang baru, sejenak melupakan masalah, menghilangkan bosan dan penat, atau menghilangkan kesedihan akan berbagai hal buruk yang sudah terjadi. 

Baca Juga  Apa Itu Gaya Hidup Konsumtif dan Cara Mengatasinya

Tak heran, jika bentuk kebutuhan sekunder ini tidak jauh dari musik, film, atau hobi, seperti menonton film baru di bioskop, menyaksikan konser musik band favorit, atau menyesap kopi yang lezat di kafe sembari membaca buku.

6. Rekreasi

Meski tidak sekrusial kebutuhan primer, kebutuhan sekunder adalah bentuk kebutuhan yang sebaiknya tetap kamu pertimbangkan. Salah satunya adalah rekreasi. 

Sebenernya, jenis kebutuhan sekunder ini tidak jauh berbeda dengan hiburan. Hanya, sifatnya adalah mengunjungi suatu tempat yang dapat memberikan kenyamanan dan menghilangkan stres. 

Selain itu, rekreasi juga dapat mengembalikan produktivitas sehingga kamu bisa kembali bekerja dengan maksimal. Misalnya, pergi ke pantai, mendaki gunung, atau mengunjungi taman bermain.

Jenis tempat yang dikunjungi juga bisa disesuaikan dengan pilihan dan kebutuhan serta kondisi finansial setiap orang. Contohnya, kamu ingin melepaskan penat dan relaksasi tubuh serta pikiran, maka tempat yang tepat untuk dikunjungi bisa saja gerai spa ternama. 

Atau, jika ingin menghemat bujet, kamu bisa mengunjungi pantai yang sepi atau sekadar staycation di hotel dan berendam dalam bathtub air hangat. 

Jadi, kebutuhan sekunder adalah jenis kebutuhan yang sifatnya melengkapi kebutuhan primer. Namun, pastikan kamu sudah memenuhi semua kebutuhan utama sebelum melihat apa saja kebutuhan sekunder yang kamu butuhkan. 

Sebab, kamu tetap memerlukan dana untuk memenuhi setiap kebutuhan, baik primer maupun sekunder. Apabila kamu memerlukan suntikan dana tambahan untuk kebutuhan mendesak, kamu dapat memanfaatkan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil dari MOFI.Melalui program pembiayaan ini, kamu hanya perlu menjaminkan BPKB kendaraan roda empat dan mendapatkan pinjaman dengan bunga ringan. Prosesnya pun singkat dengan syarat yang pastinya tidak berat. Yuk, ajukan pinjaman di MOFI!

You may also like