Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 15 Ide Jualan di Dekat Kampus, Pasti Terjual dan Laris Manis!

15 Ide Jualan di Dekat Kampus, Pasti Terjual dan Laris Manis!

by Ahmad Yusuf
ide jualan

Ada gula ada semut. Peribahasa agaknya cocok untuk menggambarkan peluang ide jualan di dekat kampus. Bagaimana tidak, kampus memang sangat identik dengan keberadaan mahasiswa.

Itulah sebabnya kenapa para pebisnis melihat area sekitaran kampus sebagai lahan basah yang memberikan peluang usaha menjanjikan. 

Pasalnya mahasiswa pun memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Mulai kebutuhan personal, edukasi, hingga hiburan.

Dalam artikel ini, MOFI akan memberikan 15 ide jualan di dekat kampus yang bisa kamu jajal. Yuk perhatikan!

1. Kos-kosan

Karena banyak mahasiswa berasal dari luar kota, mereka pasti butuh tempat tinggal yang tak jauh dari kampusnya. 

Itulah alasan kenapa rumah kos bisa jadi ladang bisnis yang menjanjikan. Terlebih lagi jika lokasinya strategis, nyaman, dan aman.

2. Laundry

Banyak mahasiswa tidak sempat mencuci baju sendiri karena padatnya aktivitas di kampus. Inilah yang membuat peluang bisnis laundry begitu menjanjikan. 

Supaya pelanggan loyal, tawarkan harga dan kualitas yang bersaing dibanding kompetitor lainnya. 

3. Warung Makan

Semua orang butuh makan untuk bertahan hidup, tak terkecuali para mahasiswa. Hal ini menjadikan warung makan sebagai ide bisnis yang berlian. 

Kamu bisa membuat warung makan dengan menu spesifik, seperti rumah makan padang, warung mie ayam, atau kedai chinese food. 

Bisa juga warung palugada alias “apa lu mau gua ada”. Yang paling penting, harganya harus menyesuaikan kantong mahasiswa, ya!

4. Toko Cemilan

Selain makanan berat, mahasiswa juga biasanya butuh cemilan saat mengerjakan tugas maupun sedang bersantai.

Maka dari itu, kamu bisa mencoba jualan makanan ringan seperti batagor, gorengan, telur gulung, dan sebagainya. Bisa juga menjual makanan-makanan kekinian seperti cromboloni, minuman boba, atau mochi.  

5. Kedai Kopi

Sampai hari ini kedai kopi masih jadi pilihan tempat nongkrong favorit mahasiswa, terutama yang laki-laki. 

Selain harganya murah meriah, warung kopi biasanya juga menjual aneka minuman lengkap dengan gorengan yang cocok jadi teman diskusi dan bersantai bareng kawan-kawan sejawat.

Baca Juga  Apa itu Bisnis Online? Ini Definisi, Manfaat, dan Cara Memulainya

6. Cafe Kekinian

Selain untuk nongkrong dan healing tipis-tipis, cafe kerap dijadikan pilihan saat mahasiswa butuh tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas.  

Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkan ini sebagai ide jualan dekat kampus. Tawarkan menu maupun pengalaman yang berbeda supaya ramai pelanggan. Beri sentuhan desain interior yang estetik agar pelanggan betah dan mau datang lagi.

7. Toko Alat Tulis dan Fotokopi

Kalau ide jualan yang satu ini targetnya bukan hanya mahasiswa. Tapi juga para dosen, staf akademik, dan masyarakat secara umum.

Itu sebabnya sayang jika peluang besar ini dilewatkan begitu saja. Apalagi kalau di area tersebut belum ada toko alat tulis dan fotokopi yang lengkap tapi harganya bersaing.

8. Percetakan

Membuka jasa percetakan di area sekitar kampus juga memberi peluang yang menjanjikan. Mulai untuk keperluan tugas kuliah hingga kegiatan kemahasiswaan yang butuh spanduk, poster, seragam kepanitiaan, dan lain sebagainya.

Dan bukan untuk keperluan mahasiswa saja, kamu juga bisa berkesempatan mengerjakan tender dari pihak kampus lho!

9. Studio Foto

Studio foto dan jasa memotret bisa menjadi ladang cuan yang menguntungkan. Terlebih di momen-momen spesial seperti wisuda atau sidang tugas akhir.

Banyak mahasiswa ingin mengabadikan momen bersejarah ini lewat jepretan foto dari fotografer yang handal dan hasilnya memuaskan. Maka dari itu, ide bisnis yang satu ini patut dipertimbangkan.

10. Minimarket

Membuka usaha minimarket di lokasi yang strategis di sekitaran kampus bisa menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. 

Itu karena tempat ini kerap menjadi jujugan mahasiswa saat mereka hendak membeli kebutuhan sehari-hari atau hanya sekedar beli makanan ringan untuk teman mengerjakan tugas. Tawarkan harga yang miring dan minimarket milikmu auto diserbu para mahasiswa.

11. Thrift Store

Belakangan ini thrift store sedang hype di kalangan anak muda. Di toko ini mereka bisa mendapatkan pakaian branded dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca Juga  Riset Pemasaran: Kenapa Penting dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Lagipula siapa sih yang tak suka tampil trendy tapi tetap bisa hemat? Apalagi kalau target pasarnya adalah mahasiswa. 

12. Toko Produk Kecantikan

Bagi para mahasiswi, merawat tubuh dan wajah agaknya sudah menjadi suatu kebutuhan yang tak bisa diabaikan. Itulah kenapa saat ini produk skincare dan makeup bertebaran dimana-mana.

Nah, untuk membantu mereka menjangkau produk-produk tersebut dengan mudah, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuka toko kosmetik di sekitar kampus.

13. Servis Laptop

Saat laptopnya tiba-tiba mengalami kendala, maka jasa servis laptop adalah tempat pertama yang akan dituju mahasiswa.

Terlebih lagi kalau jaraknya dekat dengan kampus. Tentu akan menjadi peluang ekstra bagi kamu untuk mengembangkan usaha ini. 

Tapi ingat, berikan pelayanan terbaik agar pelanggan puas dan percaya. jadi kalau tiba-tiba laptopnya bermasalah lagi, mereka tidak berpikir panjang untuk kembali ke tokomu.

14. Penginapan

Kalau kamu punya lahan atau rumah kosong yang tidak terpakai, menyulapnya menjadi penginapan sejenis homestay atau guest house bisa menjadi peluang menarik lho.

Penginapan ini bisa digunakan saat orang tua datang berkunjung, menghadiri wisuda, atau untuk keperluan lainnya. Bakal makin menjanjikan kalau lokasinya tidak jauh dari tempat wisata atau pusat perbelanjaan.

15. Toko Buku

Meski sekarang sudah serba digital, keberadaan buku teks tetap dicari, lho. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk meraup keuntungan.

Tidak harus buku baru, kamu bisa menjual buku-buku bekas yang masih layak dan relevan dengan kebutuhan saat ini.

Itulah 15 ide jualan dekat kampus yang bisa kamu jadikan inspirasi. Dan sebagaimana mestinya, untuk memulai usaha tentu saja kamu butuh modal kerja.

Syukurlah sekarang ada MOFI yang siap memberikan pinjaman dana tunai sebagai modal usahamu. Prosesnya cepat, mudah, dan aman. Kamu juga tak perlu khawatir karena MOFI telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa klik di sini!

You may also like