Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 6 Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Masa Depan

6 Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Masa Depan

by Galih Nugraha
Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Mungkin kamu pernah mendengar banyak motivator berkata “Semua orang bisa menjadi pengusaha sukses”. Namun kenyataan yang perlu kita ketahui, cara menjadi pengusaha sukses tidaklah semudah yang dibayangkan. Semua orang mungkin bisa menjadi pengusaha sukses, tetapi tidak semua orang mampu bertahan melalui prosesnya.

Dalam mencapai tujuan, seorang pebisnis harus memiliki konsistensi yang kuat, visi dan misi yang jelas, serta siap dalam menghadapi risiko yang ada di depan mata. Perlu diketahui bahwa menjadi pengusaha sukses bukanlah proses yang bisa dilakukan secara instan.

Banyak hal yang perlu kamu korbankan, seperti waktu, tenaga, dan uang. Perlu diketahui, bahwa kesuksesan di dalam dunia bisnis akan bisa diraih bagi siapapun yang siap untuk bekerja keras dan terbuka dengan berbagai peluang.

Bagi kamu yang saat ini memiliki rencana atau tengah bersiap untuk membangun bisnis, yuk disimak dulu beberapa cara menjadi pengusaha sukses berikut ini!

Cara Menjadi Pengusaha Sukses yang Perlu Kamu Tahu

Berikut beberapa cara menjadi pengusaha sukses yang bisa kamu implementasikan di dalam proses membangun bisnis, yaitu adalah:

1. Melakukan Riset Pasar

Cara menjadi pengusaha sukses yang pertama adalah dengan melakukan riset pasar. Ini merupakan kunci utama dalam memulai bisnis. Beberapa hal yang perlu diketahui ketika melakukan riset pasar adalah menentukan target pasar atau segmentasi yang ingin kamu tuju.

Produkmu akan fokus ke konsumen yang seperti apa. Apakah itu wanita, pria, remaja, anak-anak, dewasa, dan dari rentang usia berapa. Setelah itu, tentukan produk atau jasa yang ingin menjadi fokus utama kamu dalam mengembangkan bisnis.

Kemudian, tentukan kompetitor yang sekiranya memiliki produk atau jasa yang serupa dengan bisnis yang ingin kamu jalankan. Lalu, lakukanlah analisis berdasarkan kompetitor yang sudah kamu tentukan, mulai dari strategi marketing yang mereka lakukan, uniqe selling point yang dimiliki, dan lain-lain.

Apabila semuanya sudah terlihat jelas, kamu baru bisa mulai untuk merancang strategi marketing atau pemasaran yang akan dilakukan.

Tetapi perlu diketahui, pastikan bahwa bisnis kamu juga memiliki unique selling point yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Pastikan bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan berbeda dari yang sudah ada di pasaran saat ini.

2. Mulai dari yang Terkecil

Cara menjadi pengusaha sukses selanjutnya adalah dengan memulai dari yang usaha kecil terlebih dahulu. Sebenarnya sudah banyak kasus di luar sana ketika pengusaha langsung mulai dengan skala besar karena menganggap dirinya memiliki cukup modal.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa hal tersebut merupakan langkah yang salah. Mengeluarkan modal besar di awal justru berpotensi memberikan risiko kerugian yang jauh lebih besar. Ada beberapa alasan kenapa kamu tidak boleh mengeluarkan modal besar di awal.

Baca Juga  7 Usaha Online Modal Kecil, Bisa Mulai dari Sekarang!

Pertama, kamu belum mengetahui trend konsumen. Kedua, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan produk kamu. Ketiga, kamu masih perlu merancang strategi yang matang untuk memasarkan produk ke publik dan menentukan target pasar yang jelas.

Ketika merancang strategi, akan ada yang namanya trial and error. Ada kalanya strategi pertama kurang efektif, sehingga diperlukannya plan B untuk strategi yang lebih efisien.

Dengan mengeluarkan modal besar di awal, apalagi jika kamu sudah terlanjur memproduksi produk dalam jumlah besar, potensi kerugian juga akan semakin besar. Produk yang belum banyak terjual karena masih merancang strategi marketing yang jelas, akan membuat produk lainnya yang belum terjual menjadi terbuang sia-sia. Kualitas produk menjadi menurun karena terlalu lama disimpan di gudang. Untuk makanan dan produk kecantikan juga mungkin akan terpaksa dibuang karena sudah memasuki masa kadaluarsa.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita memulai bisnis dari skala kecil terlebih dahulu. Sambil merintis, kamu juga akan memiliki banyak waktu untuk melakukan riset dan merancang strategi yang lebih matang. Apabila semuanya sudah berjalan dengan lancar, barulah kamu bisa mengembangkannya secara perlahan.

Untuk bisa menjadi pengusaha sukses, kamu harus bisa membuat langkah strategis yang kecil namun memiliki dampak yang besar.

3. Mengembangkan Rencana Bisnis yang Kuat

Ketika bisnis sudah berjalan dalam skala kecil, maka di dalam proses tersebut kamu akan bisa mulai mengetahui trend konsumen, target market yang jelas, dan strategi yang sekiranya akan efektif dalam memasarkan produk.

Nah, di sinilah kamu bisa sembari merancang rencana bisnis yang kuat. Dalam rencana bisnis ini, alangkah lebih baik jika mencakup visi dan misi, tujuan, serta strategi yang ingin dicapai. Selain itu, di dalam rencana bisnis ini, kamu setidaknya sudah harus bisa menjawab beberapa pertanyaan seperti berikut ini:

  • Apa produk atau jasa yang menjadi prioritas kamu?
  • Di mana kamu akan menjalankan bisnis?
  • Apa tujuan bisnis kamu untuk 5 tahun kedepan?
  • Mengapa konsumen harus menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan?
  • Siapa target pasar yang akan menjadi fokus kamu?
  • Siapa kompetitor kamu?
  • Solusi apa yang akan kamu lakukan jika menghadapi masalah tak terduga?
  • Bagaimana operasional akan berjalan sehari-hari?

Ini mungkin beberapa contoh yang bisa menjadi bahan brainstorming kamu. Selebihnya, kamu bisa kembangkan sendiri berdasarkan kondisi di lapangan seiring berjalannya waktu.

Baca Juga  Hustle Culture Adalah Budaya Kerja: Ciri-Ciri, Dampak, dan Solusinya

4. Fokus pada Kualitas Produk

Cara menjadi pengusaha sukses selanjutnya adalah dengan fokus pada kualitas produk. Perlu diketahui bahwa ini juga menjadi kunci utama agar bisnis kamu bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Jangan pernah sekalipun berpikir untuk mengorbankan kualitas demi menekan biaya produksi, karena hal tersebut berpotensi besar dalam merusak reputasi bisnis kamu.

Ketika konsumen sudah kehilangan rasa percaya terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan, maka akan sangat sulit pula untuk bisa mengembalikan kepercayaan tersebut. Dengan kata lain, bisnis kamu berpotensi bangkrut dan akan sulit untuk bangkit kembali. Oleh karena itu, jangan pernah melakukan apapun yang bisa merusak reputasi bisnis.

5. Jangan Takut Mengambil Risiko

Cara menjadi pengusaha selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah pola pikir untuk tidak takut dalam mengambil risiko. Sebagai seorang pengusaha, ada kalanya kamu akan dihadapkan dengan pengambilan keputusan yang sulit. Dalam hal ini, mungkin kamu juga akan dihadapkan dengan risiko-risiko yang ada. Meski begitu, ambilah keputusan yang menurut kamu paling baik, yang tentunya juga sudah didasari oleh berbagai pertimbangan dan kemungkinan yang terjadi.

Jangan takut dalam mengambil langkah yang berani, karena tanpa kamu sadari, cara inilah yang bisa membuat bisnis kamu berkembang dengan lebih cepat.

Membangun Relasi Kuat

6. Membangun Relasi yang Kuat

Nah, cara menjadi pengusaha sukses yang terakhir adalah dengan membangun relasi yang kuat. Sebagai seorang pengusaha, membangun relasi merupakan kunci utama dalam mencapai kesuksesan.

Jangan pernah kamu menutup diri dengan pola pikir orang lain yang berbeda. Sebaliknya, manfaatkanlah relasi ini untuk mendapatkan pelajaran atau ilmu baru yang bisa kamu implementasikan. Selain itu, dengan membangun relasi kamu juga berpotensi untuk mendapatkan bantuan dalam mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun relasi. Bisa dengan mengikuti seminar, workshop, atau melalui platform online seperti LinkedIn.

Jadi, itulah beberapa cara menjadi pengusaha sukses yang bisa kamu lakukan dalam mengembangkan bisnis. Akan tetapi, untuk bisa membangun bisnis, tentu kamu akan memerlukan modal untuk memulainya.

Jika saat ini kamu sedang mencari modal untuk memulai bisnis, ada MOFI yang bisa kamu gunakan sebagai solusi terbaik.

Dengan MOFI, kamu bisa mengajukan pinjaman untuk modal usaha sesuai dengan nominal yang diinginkan dengan tenor yang dapat disesuaikan dengan kemampuan finansialmu.

You may also like