Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » Pengertian Peluang Bisnis dan Cara Mengatur Strategi yang Tepat

Pengertian Peluang Bisnis dan Cara Mengatur Strategi yang Tepat

by Galih Nugraha
Peluang Bisnis adalah

Peluang bisnis adalah kesempatan yang baik bagi kamu dalam membangun atau memulai suatu bisnis atau usaha. Pada era yang sudah digitalisasi seperti saat ini, sebenarnya peluang bisnis tidak terlalu sulit. Kamu sudah bisa melakukan riset melalui internet dari seluruh penjuru dunia. Tak hanya itu, ide bisnis yang tersedia pun juga sudah semakin banyak dan luas, mulai dari bisnis online, makanan, fashion, kecantikan, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang saat ini tengah memiliki rencana untuk membangun bisnis, mengetahui definisi dari peluang bisnis dan cara mengatur strategi yang tepat bisa menjadi langkah awal yang baik. Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dari peluang bisnis beserta cara yang baik dalam mengatur strategi bisnis yang tepat. Yuk simak infonya sampai selesai, ya!

Pengertian Peluang Bisnis

Secara umum, peluang bisnis adalah suatu kondisi dimana seseorang mendapatkan kesempatan untuk bisa mencapai tujuannya, dalam hal ini yaitu membangun bisnis atau usaha.

Kesempatan tersebut bisa didapat dari orang lain yang juga memiliki bisnis ataupun dari hasil melakukan riset yang telah dilakukan, baik itu riset secara langsung maupun tidak langsung. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua peluang bisnis yang ada bisa diimplementasikan begitu saja.

Ketika membangun bisnis, setiap pebisnis atau pelaku usaha wajib melakukan inovasi yang kreatif agar bisnis tersebut dapat diterima oleh target pasar dan bisa mendatangkan keuntungan.

Ciri-ciri Peluang Bisnis

Terdapat beberapa ciri-ciri peluang bisnis yang perlu diketahui oleh setiap pelaku usaha, yaitu:

1. Memiliki Nilai Jual

Peluang bisnis yang baik adalah bisnis yang menjual produk atau jasa yang memiliki nilai jual dalam memenuhi kebutuhan konsumen atau target pasar. Nah, guna mengetahui peluang bisnis yang memiliki nilai jual yang baik, perlu melakukan riset untuk mencari inspirasi atau ide bisnis seperti apa yang memiliki demand paling tinggi di masyarakat. Hal tersebut dikarenakan, produk atau jasa yang memiliki demand paling tinggi yang berpotensi lebih mudah dalam menggaet pelanggan atau konsumen.

Baca Juga  14 Ide Jualan Makanan Modal Kecil dan Menguntungkan

Akan tetapi, perlu diingat bahwa menawarkan produk atau jasa yang memiliki demand tinggi, pastinya akan memiliki persaingan yang ketat juga di pasar. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika selain menjual produk atau jasa yang memiliki demand tinggi, kamu juga memiliki unique selling point tersendiri, yang membedakan produk dengan produk yang sudah ada di pasaran.

2. Tidak Termasuk Bisnis Musiman

Peluang bisnis yang tepat ialah bisnis yang tidak hanya laku di waktu tertentu saja, seperti Hari Raya Idul Fitri, Imlek, atau Hari Natal. Maka dari itu, pastikan bahwa bisnis yang ingin kamu bangun menjual produk atau jasa yang memang dibutuhkan oleh masyarakat sepanjang waktu.

3. Membutuhkan Modal yang Tidak Terlalu Besar

Perlu diketahui bahwa membangun bisnis tidak selalu membutuhkan modal besar. Ada kalanya kamu hanya perlu modal di bawah 1 juta, atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Namun, jumlah modal ini juga perlu disesuaikan dengan bentuk dari bisnisnya itu sendiri, serta dari kemampuan kamu dalam mempersiapkan modal. Sebagai contoh, untuk bisnis jasa, memulainya dari menawarkan produk secara online, yang tidak membutuhkan modal sama sekali.

4. Merupakan Bisnis Jangka Panjang

Berhubungan dengan poin sebelumnya mengenai bisnis musiman, pastikan bahwa bisnis yang kamu bangun juga dapat bertahan lama. Dalam arti, pilihlah peluang bisnis yang memang bersifat jangka panjang, yang dimana ketika terjadinya perubahan trend, atau terjadinya krisis, bisnis tersebut akan tetap bertahan dan dibutuhkan.

5. Menerima Perubahan dan Inovasi

Nah, ciri-ciri peluang usaha yang terakhir dalam daftar ini adalah dapat menerima perubahan dan inovasi. Ketahuilah bahwa zaman akan selalu mengalami perubahan. Kebutuhan masyarakat, selera target pasar, dan perkembangan teknologi dan digitalisasi.

Agar bisnis bisa tetap bertahan di tengah-tengah perubahan yang ada, pastikan bahwa bisnis yang kamu miliki memang mampu menerima dan menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Baca Juga  Strategi Pemasaran adalah Jalan agar Bisnis Sukses. Ini Fungsi, Elemen, dan Contohnya!

Cara Mengatur Strategi Peluang Bisnis

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menemukan strategi bisnis yang tepat, yaitu:

1. Memilih Bisnis Sesuai Keahlian

Cara mengatur strategi peluang bisnis yang pertama adalah dengan memilih peluang bisnis sesuai dengan keahlian. Keahlian yang dimaksud bisa merupakan keterampilan, hobi, hingga latar belakang yang kamu miliki.

2. Tentukan Bidang Bisnis yang Diinginkan

Setelah memilih bisnis yang sesuai dengan keahlian, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan bidang bisnis yang akan menjadi fokus utama.

Pastikan bahwa kamu memilih bidang yang sesuai dengan passion atau ketertarikan kamu, misalkan seperti fashion, kecantikan, kesehatan, dan lain-lain. Hal tersebut agar kamu bisa menjalankan bisnis dengan penuh kebahagiaan, karena melakukan hal yang disukai. Selain itu, jangan lupa untuk tentukan pula bentuk bisnis yang ingin kamu geluti, seperti jasa, produk, atau keduanya.

3. Konsisten

Strategi terakhir yang perlu kamu perhatikan dalam mencari peluang bisnis adalah konsisten. Pastikan kamu fokus dalam mengembangkan kekuatan produk di dalam bisnismu. Setelah itu, lakukanlah evaluasi untuk mencari tahu kekurangan dan kelebihan dari produk yang sedang kamu kembangkan tersebut.

Evaluasi ini juga sangat bermanfaat untuk menemukan peluang baru yang bisa kamu implementasikan di dalam bisnis yang sudah dijalankan agar bisa selalu berinovasi dan menghasilkan produk baru yang cemerlang.

Jadi itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam mencari peluang bisnis beserta strategi-strateginya. Jika saat ini kamu sedang mencari peluang bisnis, tapi masih terkendala dengan modal, tak perlu mengkhawatirkan lagi hal tersebut.

Karena di MOFI, kamu bisa mengajukan modal usaha dengan cepat dan mudah. Bahkan, dana bisa langsung cair dalam waktu kurang dari 24 jam lho. Butuh dana tunai cepat untuk keperluan modal usaha? Ajukan saja di MOFI!

You may also like