Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 7 Ide Bisnis untuk Pemula, Modal Kecil untung Besar

7 Ide Bisnis untuk Pemula, Modal Kecil untung Besar

by Ahmad Yusuf
bisnis untuk pemula

Memulai bisnis dapat menjadi suatu hal yang menantang, terutama bagi pemula. Modal yang terbatas, kurangnya pengalaman, dan persaingan pasar yang ketat merupakan beberapa faktor yang dapat membuat para pemula ragu untuk melangkah maju. Belum lagi, menentukan ide bisnis untuk pemula yang tepat. 

Namun, perlu diingat bahwa memulai bisnis tidak selalu perlu modal besar atau pengalaman. Dengan tekad, kerja keras, dan strategi yang tepat, siapa saja bisa memulai bisnis yang sukses. Terlebih, banyak peluang bisnis baru yang dapat dimanfaatkan oleh pemula di era digital ini dengan modal terbatas. 

Ide Bisnis untuk Pemula dengan Modal Kecil

Tidak perlu ragu untuk memulai bisnis. Berikut beberapa ide bisnis untuk pemula dengan modal kecil yang dapat kamu coba: 

1. Menulis konten

Kamu suka menulis? Ternyata hobi ini bisa menjadi ladang cuan yang menjanjikan, lo! Saat ini, kebutuhan akan konten blog atau website sedang sangat tinggi. Kalau kamu punya skill menulis yang bagus dan paham tentang teknik menulis untuk blog ataupun website, ide bisnis ini layak dicoba. 

Supaya dapat menarik calon pelanggan, buatlah portfolio yang berisi tulisan-tulisan yang pernah kamu buat. Lebih baik lagi kalau kamu punya website sendiri untuk media promosi, atau memanfaatkan akun media sosial yang kamu punya. 

Selain itu, jangan lupa untuk menguasai tema tulisan, ya! Tentukan apakah kamu senang menulis tema kesehatan, olahraga, otomotif, ulasan produk, kecantikan, keuangan, wisata, kuliner, bisnis, hingga teknologi. Semakin banyak tema yang kamu kuasai, tentu semakin besar peluang yang kamu miliki. 

2. Dropshipper

Menjadi dropshipper merupakan pilihan yang tepat jika kamu sedang mencari ide bisnis untuk pemula tanpa perlu modal yang besar. Keuntungan yang ditawarkan pun bisa dikatakan menjanjikan. Sebagai langkah awal, kamu dapat mulai mencari supplier yang hendak kamu tawarkan dan jual.

Lalu, buat katalog produk yang dapat memudahkan calon pelanggan untuk mencari produk yang mereka butuhkan. Kemudian, kamu dapat menggunakan kanal e-commerce atau membuat website sendiri untuk mulai menawarkan produk. 

Baca Juga  Surat Keterangan Penghasilan: Pengertian, Fungsi, Dan Cara Membuatnya

Ketika terjadi transaksi, pengiriman barang akan dilakukan langsung oleh pemasok kepada pembeli. Kamu tidak perlu memikirkan hal tersebut, cukup berfokus pada promosi produk saja.

3. Bisnis katering

Ide bisnis untuk pemula selanjutnya adalah katering, bisnis ini sangat menguntungkan untuk kamu yang mempunyai hobi memasak. Meski begitu, membuka usaha katering juga perlu persiapan dan rencana yang matang. Kamu sebaiknya menentukan target pasar dan jenis layanan yang hendak ditawarkan.

Misalnya, apakah kamu ingin berfokus pada katering untuk pernikahan, kantor, diet khusus, menu harian, atau menu sehat. Setelah itu, buatlah menu yang menarik dan jangan lupa untuk tetap variatif, sehingga pelanggan tidak mudah bosan dengan menu yang itu-itu saja. 

Tidak kalah pentingnya, pastikan kamu juga menghitung biaya yang dibutuhkan untuk membeli bahan baku maupun kebutuhan lainnya, termasuk peralatan. Jika kamu sudah siap untuk memulai, promosikan bisnis melalui media sosial dan berikan penawaran yang menarik, ya!

4. Affiliate marketing

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah satu ini, terlebih jika suka berbelanja online. Jadi, marketing affiliate adalah metode untuk memasarkan produk dan mendapat komisi dari promosi tersebut.

Besar komisi yang didapat bisa bervariasi, tergantung pada besar atau kecilnya nominal barang yang kamu pasarkan. Jika tertarik untuk menjadi affiliate, kamu bisa bergabung dalam program afiliasi. Lalu, pilih produk yang ingin kamu tawarkan, dapatkan tautan produknya, dan promosikan. 

Komisi yang kamu dapat akan dihitung dari banyaknya klik pada link yang kamu promosikan atau pembelian produk dari link tersebut.

5. Desain grafis

Kalau punya keahlian di bidang desain, maka bisnis untuk pemula satu ini harus kamu coba. Caranya juga tidak sulit, kumpulkan karya-karya desain yang pernah kamu buat dalam satu website sebagai portfolio, tawarkan bisnis ini melalui media sosial yang kamu punya.

Jangan lupa, buat daftar harga jasa yang relevan, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu sehingga kamu tidak memberi harga yang terlalu rendah atau tinggi. Biasanya, harga ini ditentukan dari jenis layanan dan tingkat kesulitan selama proses pengerjaannya.

Baca Juga  Usaha Modal 10 Juta? Ini Ide yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

6. Minuman kekinian

Beberapa waktu terakhir ini, marak bermunculan minuman kekinian, mulai dari teh hingga minuman dengan rasa dan warna yang unik. Menariknya lagi, bisnis ini menawarkan keuntungan yang cukup besar karena bisa menyasar pasar yang luas, terutama anak-anak.  

Kalau tertarik, kamu hanya perlu menentukan jenis produk yang ingin dijual, apakah minuman seperti boba, teh manis, kopi-kopian, atau lainnya. Agar mampu bersaing, pastikan untuk selalu berinovasi dengan membuat resep atau rasa baru yang unik. Tak ada salahnya juga untuk mendaftarkan bisnismu dan menjualnya secara daring. 

7. Reseller

Ide bisnis untuk pemula dengan modal kecil yang tak kalah menguntungkan adalah menjadi reseller. Berbeda dengan dropshipper, sebagai reseller kamu harus mempunyai stok produk karena akan menjual produk tersebut sendiri. 

Dengan modal yang kamu miliki, kamu dapat membeli produk lalu menjualnya kembali dengan harga tertentu, seringnya lebih murah ketimbang harga dari pemasok. Keuntungan yang kamu dapatkan berasal dari barang yang berhasil kamu jual kepada pelanggan. 

Namun, kamu harus mencari pemasok yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu punya. Jangan sampai lupa, promosi juga harus kamu lakukan sehingga pelanggan akan mengetahui kalau kamu sedang menjual produk dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan harga pemasok. 

Modal kecil bukan berarti menjadi kendala untuk kamu memulai usaha. Terlebih dengan banyaknya pilihan bisnis untuk pemula yang bisa kamu coba. Kalau membutuhkan modal tambahan, kamu bisa mengajukan pinjaman di MOFI SME Financing, program pembiayaan multiguna dengan jaminan properti, baik berupa tanah maupun bangunan. 

Program pembiayaan ini menawarkan banyak keuntungan, mulai dari proses pencarian yang cepat, syarat yang mudah, bebas memilih skema cicilan, tenor panjang, dan kamu bisa menjaminkan tidak hanya satu properti. Jenis properti yang bisa menjadi jaminan mulai dari rumah tapak atau rumah tinggal, rumah kantor, rumah toko, ruangan kantor, hingga apartemen. 

Yuk, isi form pengajuannya sekarang dan dapatkan modal tambahan untuk bisnismu di MOFI!

You may also like