Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 5 Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari, Pasti Tak Pernah Sepi Pembeli

5 Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari, Pasti Tak Pernah Sepi Pembeli

by Ahmad Yusuf
bisnis yang laku setiap hari

Dalam era digital yang serba cepat ini, kebutuhan dan keinginan masyarakat terus berkembang. Hal ini membuka peluang besar bagi para pelaku usaha untuk membangun bisnis yang bisa selalu laku setiap hari. 

Namun, di tengah lautan peluang yang begitu luas, memilih ide bisnis yang tepat dan menjalankannya dengan strategi yang efektif merupakan kunci utama kesuksesan. 

Artikel ini akan mengupas tuntas apa saja ide bisnis yang laku setiap hari, tak pernah sepi pembeli, dan antigagal yang bisa kamu coba untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Baca sampai selesai, ya!

Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari dan Selalu Dicari

Memilih ide bisnis yang selalu laku setiap hari adalah langkah awal yang krusial. Dengan memilih bisnis yang selalu dibutuhkan masyarakat, kamu dapat meningkatkan peluang untuk meraih kesuksesan dan mencapai stabilitas finansial. 

Berikut ini pilihan bisnis yang laku dan selalu dicari yang bisa menjadi inspirasi. 

1. Sembako

Sembako menjadi kebutuhan harian setiap orang, sehingga bisnis satu ini sudah pasti laku setiap hari. Terutama jika kamu mencoba membuka usaha warung sembako di lingkungan yang penduduknya padat, misalnya komplek perumahan atau area dekat kos. 

Semakin banyak pelanggan tetap yang kamu punya, tentu keuntungan yang kamu dapatkan akan semakin besar. Tidak perlu langsung membuka warung besar, awali saja dengan toko kecil seperti toko kelontong. 

Pastikan saja kamu menyediakan barang yang lengkap dan hindari stok kosong dalam waktu lama. 

2. Warung nasi

Selain sembako, warung nasi juga menjadi jenis bisnis yang laku setiap hari. Sama halnya dengan sembako, setiap orang tentu perlu makan, dan warung nasi adalah solusi tepat untuk orang-orang yang sibuk dan tidak sempat memasak. 

Ketimbang restoran, tentu harga menu di warung nasi sederhana lebih terjangkau. Selain itu, menu yang disajikan juga lebih beragam, identik dengan menu masakan rumahan pada umumnya. 

Nah, agar bisa terus laris, kamu harus menjaga kualitas dan rasa masakan. Pastikan menu yang kamu tawarkan bervariasi dengan rasa yang enak. Selain itu, kebersihan peralatan dan bagian dalam warung juga harus terjaga sehingga pelanggan merasa nyaman untuk makan di warung nasi milikmu. 

Selain menjaga kualitas, higienitas, dan rasa, kamu juga harus telaten dan tekun dalam menjalankan bisnis ini. Sebab, kamu perlu membeli bahan pokok dan memasak sendiri. Jika bisnismu sudah berkembang lebih besar, tak ada salahnya untuk mempekerjakan orang lain. 

Baca Juga  Punya Bisnis? Ini Strategi Promosi yang Efektif dan Patut Dicoba

3. Isi ulang pulsa dan bayar tagihan

Berjualan pulsa, paket data, dan layanan pembayaran tagihan bulanan juga dapat menjadi peluang bisnis yang laku setiap hari, lho! Sebab, di era yang serba canggih seperti sekarang ini, ponsel menjadi perangkat yang sangat penting untuk berkomunikasi. 

Agar aktivitas tersebut tetap berjalan lancar, perlu adanya pulsa dan paket data. Memang benar, sekarang ini telah banyak tersedia layanan pembelian pulsa, paket data, dan bayar tagihan secara online, bisnis serupa dalam bentuk toko fisik juga masih menjamur. 

Selain berjualan pulsa dan paket data, kamu juga bisa menambahkan layanan pembayaran tagihan bulanan, seperti PAM, listrik, hingga BPJS kesehatan. Beberapa juga menyediakan layanan transfer atau tarik tunai. 

4. Kebutuhan hewan peliharaan

Beberapa waktu terakhir ini, kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan atau peranti lain mengalami peningkatan seiring dengan turut meningkatnya kepemilikan akan hewan peliharaan. 

Meski menjadi salah satu jenis bisnis yang laku setiap hari, kamu tetap perlu rencana yang matang dan modal yang cukup besar untuk menggeluti bisnis satu ini. 

Pertama, kamu tentukan dulu fokus bisnisnya, apakah ingin berjualan pakan hewan seperti burung, ayam, bebek, atau hewan peliharaan rumahan seperti kucing, anjing, kelinci, dan marmut. 

Tak hanya makanan, kamu juga bisa menyediakan perlengkapan lainnya seperti tempat makan, kandang, hingga shampo. 

5. Laundry

Sekarang ini, mesin cuci menjadi perangkat elektronik yang harus ada di setiap rumah. Namun, kamu ternyata masih bisa menemukan jasa laundry dengan mudah. Ini tentunya bukan tanpa alasan, karena laundry masih menjadi pilihan bisnis yang laku setiap hari dan selalu dibutuhkan. 

Target pasar untuk bisnis ini juga sudah sangat jelas, yaitu orang-orang yang mempunyai kesibukan tinggi, kerap melakukan aktivitas di luar rumah, dan anak-anak yang tinggal jauh dari rumah atau kos. 

Lokasi bisnis ini juga tidak selalu sukses di kota besar. Asalkan kamu pandai melihat peluang, kamu bisa membuka bisnis laundry di kota kecil. Pastikan bisnis ini dekat dengan pemukiman, tempat kos, kantor, atau kampus. Atau, bisa juga kamu bekerja sama dengan apartemen.

Baca Juga  Apa Itu Gaya Hidup Konsumtif dan Cara Mengatasinya

Soal harga, kamu bisa menawarkan beberapa layanan. Misalnya, laundry kiloan untuk pengerjaan sekitar 3-5 hari, laundry untuk satuan, produk khusus seperti selimut, bed cover, jas, tas, boneka, atau pakaian bayi. 

Tawarkan pula jasa antar jemput secara gratis sehingga lebih banyak lagi pelanggan yang menggunakan jasa laundry milikmu. 

Bagaimana Memilih Bisnis yang Tepat?

Menentukan bisnis yang tepat bisa mendatangkan tantangan tersendiri, terutama bagi pemula. Tips berikut ini dapat membantu kamu memilih bisnis yang tepat:

1. Buat daftar bisnis

Kamu mungkin memiliki minat yang sama tingginya di beberapa jenis bisnis. Agar lebih yakin, tak ada salahnya untuk membuat daftar bisnis yang ingin kamu lakukan. Dari daftar tadi, kamu bisa melihat potensi masing-masing bisnis, apakah cocok untuk dilakukan di area tempat tinggalmu. 

2. Pilih bisnis yang disukai

Saat memulai bisnis, selalu ingat bahwa kamu memiliki perjalanan yang panjang untuk bisa sukses. Jadi, sebaiknya pilih bisnis yang kamu sukai atau sejalan dengan minat maupun hobi yang biasa kamu lakukan. Dengan begitu, kamu tidak akan menjalaninya dengan terpaksa, tidak stres, dan bisa lebih fokus untuk membangun bisnismu. 

3. Mendalami bisnis pilihan

Setelah memilih, kamu juga harus mendalami bisnis tersebut lebih detail lagi. Pelajari apa saja keunggulan, kelemahan, ancaman yang mungkin kamu dapatkan, dan peluangnya di masa depan. Selain itu, ketahui pula bagaimana strategi yang tepat untuk mempromosikan bisnis tersebut, dan apa saja metode yang bisa kamu gunakan. 

Membuka bisnis, termasuk bisnis yang laku setiap hari memang memerlukan modal, kerap kali modal yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Namun, tidak perlu khawatir karena kamu bisa mendapatkan modal tambahan dengan mengajukan pinjaman melalui MOFI SME Financing

Jadi, MOFI SME Financing adalah produk pembiayaan multiguna dari MOFI dengan jaminan berupa properti, baik itu tanah maupun bangunan. Dengan tenor sampai 5 tahun, kamu bisa memilih sendiri skema cicilan dan menjaminkan lebih dari satu properti. 

Yuk, ajukan pinjaman di MOFI sekarang!

You may also like