Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 9 Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan, Bisa Jadi Tambahan Cuan

9 Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan, Bisa Jadi Tambahan Cuan

by Ahmad Yusuf
bisnis online yang menjanjikan

Di era digital yang kian berkembang pesat, peluang untuk membangun bisnis online yang menjanjikan terbuka lebar bagi siapa saja. Dengan memanfaatkan teknologi internet dan platform digital, kamu dapat menjangkau pasar yang luas dan membangun bisnis yang sukses tanpa batasan geografis.

Namun, di tengah lautan peluang yang luas ini, memilih ide bisnis yang tepat dan menjalankannya dengan strategi yang efektif merupakan kunci utama kesuksesan. 

Artikel ini akan mengupas tuntas berbagai peluang bisnis online yang menjanjikan di era digital yang bisa kamu coba untuk mendapatkan tambahan pemasukan. 

Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan 

Ingin mencoba membuka bisnis tetapi masih bingung menentukan fokus bisnisnya? Tidak perlu cemas, berikut ini peluang bisnis online yang bisa kamu coba lakukan: 

1. Dropshipper

Saat ini, hampir semua hal dalam hidup lebih mudah dilakukan karena adanya internet dan teknologi. Termasuk dalam bisnis dengan menjamurnya tren bisnis online melalui online shop, e-commerce, dan marketplace. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjajal menjadi dropshipper. 

Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Menariknya lagi, bisnis dropshipper membuat kamu tidak perlu memiliki stok barang. Cukup memiliki akun e-commerce dan menjalin kemitraan dengan penyuplai grosir. 

Jadi, ketika ada pelanggan yang hendak membeli produk tersebut, penyuplai yang nantinya mengirimkan kepada pembeli, tetapi menggunakan label brand yang kamu miliki sebagai pihak yang menawarkannya.

2. Affiliate

Affiliate marketing juga menjadi peluang bisnis online yang menjanjikan di era digital saat ini. Menariknya lagi, bisnis ini memiliki cara kerja yang mirip dengan dropship. Hanya, promosi affiliate ini membutuhkan keahlian seorang pemengaruh atau influencer. 

Lalu, bagaimana dengan pemasukan yang kamu dapat? Biasanya, bayaran untuk pekerjaan sampingan ini bergantung pada total produk yang bisa kamu jual dari promosi yang sudah dilakukan. 

3. Content creator

Tak ketinggalan, content creator pun menjadi salah satu bisnis online yang sangat diminati beberapa waktu terakhir ini. Terutama dengan semakin maraknya platform media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok. 

Kamu bisa membagi konten yang sesuai dengan minat dan target audiens melalui platform tersebut. Buat konten yang menarik, tambahkan audio, teks narasi, atau edit dan sesuaikan dengan kebutuhan pasar. 

Baca Juga  Pengertian Jatuh Tempo: Jenis dan Tips Melunasi Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Kalau ingin menjadikan bisnis ini menguntungkan, kamu bisa mencoba mengulas produk dari suatu brand melalui akun sosial mediamu. Ikut berpartisipasi sebagai affiliate di perusahaan juga bisa menjadi salah satu solusi terbaik. 

4. Virtual assistant

Kebutuhan akan asisten virtual di perusahaan sedang meningkat akhir-akhir ini. Profesi ini bisa dikatakan cukup menjanjikan karena bisa dilakukan dari mana saja. Jika beruntung, kamu juga bisa menjadi asisten virtual untuk perusahaan asing dengan gaji yang pastinya lebih tinggi lagi. 

Sebagai seorang asisten virtual, kamu bertanggung jawab untuk melakukan berbagai aktivitas administrasi perusahaan. Mulai dari jadwal, pengelolaan akun, menjawab email, atau hal lain sesuai dengan kebutuhan. Namun, kamu juga setidaknya harus menguasai bahasa Inggris apabila ingin mendapatkan klien dari luar negeri. 

5. Content writer

Bisnis online yang menjanjikan berikutnya adalah menjadi penulis konten atau content writer. Belakangan ini, kebutuhan akan konten yang sesuai dengan kaidah SEO sedang banyak dicari, membuat profesi ini semakin tinggi peminatnya. 

Apalagi, saat ini telah banyak perusahaan yang memberikan izin bagi para content writer untuk bekerja secara remote, tidak harus datang ke kantor. Lantas, bagaimana cara untuk menjadi penulis konten yang andal? 

Sangat mudah. Kamu bisa mengirimkan contoh tulisan yang pernah kamu buat atau membuat website khusus untuk meletakkan tulisan-tulisanmu sebagai portofolio. Jadi, perusahaan akan lebih mudah dalam menemukan karyamu. 

6. Membuka kursus online

Saat ini, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan banyaknya kursus online yang berseliweran di akun media sosialmu. Memang benar, peluang ini sedang diminati karena menawarkan keuntungan yang cukup menjanjikan. 

Jika kamu memiliki keahlian khusus, misalnya dalam dunia marketing, menjadi sosial media expert, atau kemampuan lain yang tak banyak orang miliki, tidak ada salahnya untuk membuka kursus online berbayar. 

Manfaatkan kanal belajar online yang sudah ada, atau kamu juga dapat merancang website sesuai kebutuhan yang dapat memudahkan konsumen mengakses kursus online yang kamu tawarkan. 

Baca Juga  6 Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Masa Depan

7. YouTuber

YouTube menjadi aplikasi media sosial yang bisa dikatakan favorit dengan banyaknya orang yang mengakses aplikasi ini setiap harinya. Tentunya, kamu dapat memanfaatkan kanal satu ini sebagai ladang bisnis online yang menjanjikan. Bagaimana caranya? 

Tentunya dengan menjadi YouTuber. Namun, memiliki keahlian berkomunikasi tidak cukup untuk bisa menjadi seorang YouTuber. Kamu juga harus mampu mengedit video, memiliki pemikiran yang kritis dan kreatif, dan tentunya mempunyai peralatan penunjang yang memadai. 

8. Web developer

Menjadi pengembang website atau web developer juga merupakan peluang bisnis online yang menjanjikan, tentunya bisa dilakukan dari mana saja. Sama halnya dengan pekerjaan digital seperti content writer atau virtual assistant, web developer juga sedang banyak dibutuhkan oleh perusahaan, terutama yang bergerak di bidang teknologi. 

Ketika ingin menjajal peluang sebagai web developer, pastikan kamu sudah menguasai beberapa keahlian khusus di bidang satu ini, ya! Termasuk berbagai bentuk bahasa coding atau pemrograman seperti JavaScript dan Python. 

9. Podcaster

Jika sebelumnya kamu mengenal radio, tentu di era canggih saat ini kamu telah bertemu dengan podcast, versi modern dari radio. Bisa dibilang, podcaster adalah bentuk modern dari penyiar radio. 

Dengan membuat podcast, kamu dapat mendiskusikan banyak hal, seperti isu yang ringan hingga topik yang cukup serius. Kamu bahkan bisa mengundang narasumber yang sesuai dengan topik diskusi untuk mendapatkan opini dari pihak lain yang berpengalaman. 

Itu tadi beberapa peluang bisnis online yang menjanjikan yang bisa kamu coba lakukan di rumah. Tidak perlu cemas jika kamu perlu modal, percayakan langsung pada MOFI. Tidak hanya kendaraan roda empat, kamu juga bisa mengajukan pinjaman modal melalui MOFI dengan jaminan properti, baik tanah maupun bangunan. 

Cara pengajuannya juga mudah, cukup isi form dengan lengkap dan benar, lalu pihak MOFI akan menghubungi kamu untuk konsultasi. Jika sudah, tim akan menilai aset properti yang kamu jaminkan untuk menentukan plafon pinjaman. 

Pengajuan yang kamu kirimkan akan diproses dan dana pun dicairkan. Sangat mudah, bukan? Yuk, ajukan pinjaman di MOFI sekarang!

You may also like