Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 7 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Potensial dan Menjanjikan

7 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Potensial dan Menjanjikan

by Ahmad Yusuf
ciri ciri peluang usaha

Memulai usaha tidak selalu mudah, kamu perlu melakukan riset, persiapan, dan kerja keras untuk membangun bisnis yang sukses. Tidak kalah pentingnya, kamu juga wajib mengetahui seperti apa ciri-ciri peluang usaha yang potensial dan menjanjikan. 

Artikel ini akan membahas mengenai beberapa ciri-ciri peluang usaha yang potensial dan menjanjikan. Dengan memahami ciri-ciri ini, kamu dapat menjadi lebih selektif dalam memilih ide usaha dan meningkatkan peluang untuk mencapai kesuksesan.

Bagaimana Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Potensial?

Salah satu kunci utama dalam memulai usaha adalah menemukan peluang yang potensial dan menjanjikan. Peluang bisnis yang baik mempunyai beberapa ciri yang bisa kamu identifikasi dengan cermat. 

Ciri khas ini menjadi indikator bahwa suatu usaha memiliki potensi untuk berkembang dan menghasilkan keuntungan bagi pemiliknya. Jika kamu berencana untuk memulai bisnis, berikut ini beberapa ciri-ciri peluang usaha potensial yang dapat kamu perhatikan: 

1. Mempunyai keunikan dan nilai jual 

Kamu mungkin akan menemukan banyak ide saat berencana membuka usaha. Meskipun begitu, kamu harus dapat menentukan pilihan yang terbaik dari berbagai opsi yang ada dan pastikan ide tersebut unik dan mempunyai nilai jual.

Produk yang kamu tawarkan tidak harus berupa produk baru, bisa juga produk yang telah kamu modifikasi sehingga memiliki nilai tambah karena lebih unik dan kreatif. 

Pastikan saja kamu sudah melakukan riset pasar sehingga bisa mendapatkan nilai jual yang lebih tinggi ketimbang pesaing. 

2. Tingkat risiko yang rendah

Ciri-ciri peluang usaha yang potensial juga memiliki tingkat risiko rendah. Setiap bisnis tentu memiliki tingkat risiko sehingga kamu juga perlu mengetahui strategi yang terbaik untuk menghadapinya. 

Meski demikian, memilih bisnis dengan tingkat risiko yang rendah sebenarnya bukan tanpa alasan. Hal tersebut dapat membantu melindungi usaha dari kerugian. Dengan begitu, keberlangsungan bisnis akan tetap terjaga dengan baik.

3. Bisnis dapat beradaptasi

Aspek lain yang tidak kalah penting untuk kamu pikirkan saat memilih bisnis adalah punya kemampuan beradaptasi. Sebab, hal ini akan membuat usaha yang kamu jalankan bisa bertahan lebih lama meski persaingan semakin ketat.

Baca Juga  Jualan Apa yang Cepat Laku dan Menguntungkan? Berikut Idenya!

Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak hal yang bersifat fleksibel seiring dengan perubahan zaman, salah satu yang paling terasa adalah teknologi yang semakin berkembang. Tentu saja, perkembangan teknologi ini memberi dampak yang cukup signifikan pada banyak aspek, termasuk bisnis dan ekonomi. 

Saat ini kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan bisnis daring. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dalam pergeseran bisnis online, seperti biaya operasional yang lebih terjangkau, promosi yang lebih mudah, serta jangkauan pasar yang lebih luas. 

Selain dapat bertahan lebih lama, kemampuan beradaptasi juga menawarkan potensi yang sudah pasti lebih luas lagi untuk perkembangan bisnis. Contoh mudahnya, kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dari promosi melalui konten video yang sedang sangat diminati beberapa waktu ini. 

4. Mengalami perkembangan konstan

Ciri-ciri peluang usaha yang memberi peluang yang cukup menjanjikan adalah bisnis tersebut secara konstan terus bertumbuh dan mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu. 

Misalnya, kamu melakukan inovasi pada produk atau layanan yang kamu tawarkan, atau membuat layanan maupun produk baru sebagai opsi tambahan bagi pelanggan. 

Sementara itu, pertumbuhan bisnis dapat kamu lihat pada keuntungan yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. 

Selain itu, pertumbuhan bisnis ini juga bisa kamu perhatikan dengan kemampuan untuk menambah jumlah pekerja, membuka cabang bisnis baru, atau inovasi maupun perubahan lainnya. 

5. Tidak menggerus modal

Modal yang selalu terpakai seiring waktu tidak boleh kamu anggap remeh. Sebab, hal ini mengindikasikan kalau usaha yang sedang kamu jalankan justru tidak berjalan dengan baik. 

Ketika menjalankan usaha, tentunya kamu berharap akan balik modal sesegera mungkin dengan mendapatkan keuntungan, bukan?

Pastinya, hal ini dapat terjadi jika modal yang kamu punya tidak tergerus untuk menutup kerugian. Lantas, bagaimana cara supaya modal tidak tergerus? 

Kamu wajib mempunyai rencana finansial yang tepat, termasuk pembukuan modal, pemasukan, dan pengeluaran, sumber dana untuk modal, dan mencatat semua faktur penagihan.

Baca Juga  7 Ide Peluang Usaha yang Sedang Trend di Tahun 2024

6. Bukan bisnis musiman

Ketahui apakah bisnis yang kamu pilih termasuk usaha musiman atau bukan. Pasalnya, bisnis musiman cenderung tidak bertahan lama, populer di musim tersebut saja. Jika sudah lewat musimnya, bisnismu bukan tak mungkin juga mengalami penurunan. 

Misalnya, bisnis kue kering yang sangat diminati ketika musim lebaran. Peluangnya memang sangat menjanjikan, tetapi keuntungan yang kamu dapatkan pasti menurun saat musim tersebut usai. Inilah sebabnya, sebaiknya hindari memilih bisnis musiman. 

7. Tersedia bahan baku

Kamu melihat potensi bisnis ini begitu menjanjikan serta menguntungkan? Coba lakukan riset lebih mendalam, apa bisnis tersebut mempunyai bahan mentah yang cukup dan gampang ditemukan. 

Pasalnya, bisnis yang menguntungkan tidak akan berarti jika tidak punya stok bahan mentah yang cukup. Hal ini pun membuat proses produksi menjadi lebih sulit.

Akibatnya, harga produk akan meningkat dan membuat penurunan daya beli karena tidak semua pelanggan dapat menjangkau produkmu. Belum lagi dengan ongkos kirim yang ikut naik kalau bahan mentah hanya ada di beberapa lokasi. 

Bukan berarti tidak akan sukses, kamu hanya perlu berusaha lebih keras lagi untuk menggelutinya. 

Demikian tadi ciri-ciri peluang usaha yang menjanjikan dan menawarkan keuntungan. 

Apabila kamu berencana untuk membuka bisnis dan memerlukan tambahan modal, tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengajukan pinjaman di MOFI SME Financing, produk pembiayaan multiguna dan produktif dari MOFI.

Berbeda dengan pengajuan pinjaman yang menjaminkan kendaraan roda empat, MOFI SME Financing memberikan jaminan berupa properti. Jenis properti yang bisa menjadi jaminan juga bervariasi, mulai dari rumah tapak, ruko atau rumah toko, rumah kantor, gedung kos atau kontrakan, unit apartemen hingga ruangan kantor atau office space

Cara pengajuan pinjaman dengan MOFI SME Financing juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengisi formulir dengan lengkap dan benar. Selanjutnya, tim akan menghubungi untuk konsultasi dan menilai aset yang menjadi jaminan. 

Jika sudah, pinjaman akan ditransfer langsung ke nomor rekening yang kamu daftarkan. Mudah bukan? Yuk, ajukan pinjaman di MOFI sekarang!

You may also like