Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 14 Usaha Modal Kecil untuk Pemula, Bisa Untung Besar!

14 Usaha Modal Kecil untuk Pemula, Bisa Untung Besar!

by Ahmad Yusuf
usaha modal kecil untuk pemula

Baru pertama kali membuat usaha sendiri? Yuk, coba usaha-usaha dengan modal kecil berikut untuk para pemula.

Tentunya dalam membuat usaha, kamu butuh modal yang cukup. Namun, modal usaha tidak perlu besar, beberapa usaha dapat dibangun dari pendanaan secukupnya.

Makanya, yuk, cek ragam ide usaha modal kecil berikut ini!

14 Usaha Modal Kecil untuk Pemula

Selain peluang untung yang menjanjikan, ide bisnis modal kecil ini mudah dijalankan. Kamu hanya perlu memilih ide dan jenis industri mana yang cocok untuk bisnis serta jumlah modal yang dimiliki.

1. Reseller

Ide usaha modal kecil untuk pemula ini hanya mengutamakan proses menyetok produk-produk atau barang jualan. Tidak perlu dalam volume atau jumlah besar, kamu bisa stok sesuai dengan modalmu dulu. 

Tentunya saat dijual, kamu dapat menambah harganya agar bisa mendapat keuntungan. Kamu dapat menjual produk dalam bentuk eceran (satuan) juga untuk menambah keuntungan.

2. Jasa titip

Sudah mulai menjamur, usaha modal kecil untuk pemula ini biasanya jadi cara untuk balik modal ketika jalan-jalan. Tiket pesawat keluar negeri saat ini sedang dalam harga yang terjangkau, maka, kamu dapat memanfaatkannya untuk bepergian dan menjalankan bisnis tersebut. 

Kamu tinggal memberikan biaya tambahan (untuk jasa) dan pengiriman nantinya ketika sudah pulang.

3. Penulisan konten atau artikel

Pengalaman tentunya dibutuhkan untuk usaha ini. Mungkin kamu sebelumnya memang bekerja sebagai penulis atau hobi menulis di blog sejak dulu. Modalnya juga hanya gadget dan koneksi internet. Kamu dapat mencari klien lewat situs freelance, aplikasi pencari kerja, hingga menghubungi koneksi atau kenalanmu.

4. Jasa edit

Mirip dengan usaha penulisan konten, ide bisnis modal kecil ini hanya membutuhkan gadget dan koneksi internet. Tentunya kamu juga harus menyiapkan portofolio untuk menunjukkan hasil kerjamu. Akan lebih baik jika kamu dapat menawarkan jasa edit foto dan video sekaligus.

Baca Juga  9 Ide Usaha Rumahan Kreatif di Tahun 2024 yang Menguntungkan

5. Jasa hampers murah

Modalnya tidak akan terlalu besar jika produk dalam hampers dapat dibeli dalam bentuk grosir. Jadinya, satu kali beli dapat digunakan untuk beberapa hampers sekaligus. Kamu dapat menjalankan bisnis hampers pada bulan atau hari-hari raya tertentu, seperti Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, hingga Imlek.

6. Dropship

Kamu hanya membutuhkan smartphone dan koneksi internet yang cepat untuk ide bisnis modal kecil ini. Berbeda dari reseller, kamu tidak perlu menyetok barang sebelum dijual. Kamu tinggal membuat post di media sosial untuk mempromosikan produk yang dijual. Untuk packing dan pengiriman akan dilakukan supplier.

7. Pembuatan souvenir acara

Ide usaha modal kecil untuk pemula ini cocok bagi kamu yang suka membuat pernak-pernik lucu atau custom barang tertentu. Kamu dapat menjadikannya bisnis pembuatan souvenir acara-acara seperti pernikahan, ulang tahun, atau kantoran. Contoh souvenir yang dapat kamu buat seperti gantungan kunci, gelas custom, pajangan, pen custom, dan lainnya.

8. Kursus atau les privat

Ide bisnis modal kecil berikut cocok untuk mahasiswa yang mencari uang tambahan. Kamu dapat menjadi guru kursus atau les privat untuk pelajar SMP dan SMA, sesuai kemampuanmu.

9. Thrifting

Usaha thrifting saat ini juga sedang banyak dijalankan, sebab modalnya kecil. Kamu hanya membutuhkan gadget, internet, dan pakaian atau barang bekas yang masih layak dipakai. Kamu tinggal mempromosikan barang-barang tersebut di media sosial.

10. Bisnis langganan akun premium

Usaha ini mungkin semakin sering kamu temukan, terlebih karena aplikasi berlangganan yang semakin banyak juga. Untuk pemula yang menjalankan usaha modal kecil ini hanya membutuhkan akun langganan family. Akun family dapat menampung beberapa orang sekaligus. Kamu dapat memulainya dengan akun langganan di aplikasi streaming populer terlebih dulu.

11. Jualan kue kering

Ide usaha modal kecil untuk pemula berikutnya adalah penjualan kue kering, apalagi kalau kamu hobi memasak. Kamu dapat membuat kue kering dengan bentuk lucu untuk menarik perhatian. Buat juga bungkus atau toples kue kering yang menarik serta mudah disimpan. 

Baca Juga  UMKM: Pengertian, Jenis, dan Cara Efektif Memulainya yang Bisa Kamu Coba

Pastikan juga kamu membuat varian rasa kue kering yang beragam agar semakin dicari-cari pembeli. Tentunya promosikan usaha tersebut di media sosial untuk menjangkau lebih banyak orang.

12. Bisnis tanaman

Ide bisnis modal kecil satu ini cocok untuk kamu yang hobi berkebun. Modalnya hanya perlu membeli bibit, pot atau polybag, dan akan lebih mendukung lagi kalau rumahmu sudah punya taman. 

Kamu dapat mulai menanam bibit-bibit seperti sayuran, berbagai jenis bunga, hingga tanaman hias. Setelah tumbuh tunas atau agak dewasa, kamu dapat menjualnya lewat media sosial atau e-commerce.

13. Jualan camilan

Terakhir ada usaha jualan camilan. Kamu dapat membeli camilan dalam bentuk grosir atau dalam bungkus ukuran besar. Lalu membaginya dalam bungkus kecil dan menambah label brand usahamu.

14. Penerjemah

Kamu juga dapat memulai bisnis penerjemah dengan modal laptop dan internet. Tentunya kamu harus menguasai beberapa bahasa asing untuk memulai usaha ini. Kamu dapat belajar secara otodidak lewat aplikasi bahasa atau YouTube.

Itulah berbagai ide usaha modal kecil untuk pemula yang dapat jadi inspirasimu memulai bisnis. Apakah kamu sudah menentukan ide bisnis modal kecil mana yang cocok untukmu? Kalau sudah, yuk, mulai siap untuk berjualan. 

Namun, apabila kamu membutuhkan modal usaha tambahan, yuk, manfaatkan layanan pembiayaan jaminan properti dari MOFI. Proses pencairannya cepat dan fleksibel, serta kamu dapat memilih skema angsuran hingga 5 tahun. 

Pembiayaan jaminan properti dari MOFI dapat menjadi solusi untuk memulai dan mengembangkan usaha modal kecil. Kunjungi halaman ini untuk dapatkan informasi lebih lanjut dan ajukan pinjaman.

Yuk, bangun bisnismu bersama MOFI!

You may also like