Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 5 Contoh Inspirasi Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2024

5 Contoh Inspirasi Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2024

by Galih Nugraha
Inspirasi Usaha

Dunia kerja yang penuh tekanan dan karier yang stagnan membuat banyak orang ingin memiliki bisnis sendiri alias menjadi wirausaha. Alhasil, tak sedikit pula orang mencari tahu apa inspirasi usaha yang bisa memberikan hasil yang menjanjikan. 

Jawabannya tentu tak bisa seragam. Sebab, pilihan usaha yang ideal akan bergantung pada banyak faktor, seperti besar modal yang dimiliki, keahlian, passion, dan sudah pasti melihat peluang pasar yang ada. 

Namun, sebenernya kamu bisa mendapat inspirasi bisnis dari manapun, asalkan dapat melihat peluang dengan jeli. Ini termasuk menggeluti bisnis yang sudah ada, lho!

Inspirasi Usaha Menjanjikan 2024

Meski ide bisnis bisa muncul dari mana saja, bukan berarti kamu tidak perlu melakukan apa-apa. Kamu sudah pasti harus memperluas jaringan bisnis sehingga bisa mendapat lebih banyak ilmu dan pengalaman. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan ide atau inspirasi dengan membaca buku seputar bisnis. Kalau masih merasa ragu atau bingung, berikut beberapa contoh inspirasi usaha yang menjanjikan di 2024 yang bisa kamu pertimbangkan: 

1. Makanan dan kuliner kekinian

Hingga saat ini, kuliner merupakan ide bisnis yang banyak dipilih untuk para pebisnis pemula. Bukan tanpa alasan, makanan menjadi salah satu kebutuhan primer manusia sehingga berbisnis kuliner selalu menawarkan keuntungan yang menjanjikan. 

Akan tetapi, kamu juga tidak boleh lupa kalau pesaing yang turut menggeluti bisnis ini tidak sedikit. Inilah sebabnya, kamu harus berani mengambil risiko dan membuat inovasi baru jika berniat untuk membuka bisnis kuliner, baik itu makanan maupun minuman kekinian. 

2. Dropshipper

Berbelanja secara daring sedang menjadi tren masyarakat beberapa waktu terakhir. Ini karena mereka tidak lagi harus keluar rumah untuk membeli barang kebutuhan. Terlebih dengan dukungan teknologi yang semakin berkembang pesat dan hadirnya berbagai platform belanja online. 

Dropshipper menjadi salah satu inspirasi usaha yang bisa kamu pertimbangkan sebagai bisnis sampingan. Pasalnya, bisnis ini sangat mudah untuk dilakukan dan kamu bahkan tidak perlu modal yang besar. 

Baca Juga  Manajemen Keuangan: Definisi, Fungsi, dan Cara Mengelolanya

Cukup berbekal ponsel pintar dan koneksi internet, kamu bisa langsung mempromosikan produk dari penjual. Selanjutnya, barang akan dikirimkan langsung ke alamat pembeli dari penjual. 

3. Penulis lepas

Kecanggihan teknologi juga membuat kebutuhan promosi dalam bentuk konten mengalami peningkatan. Kalau punya keahlian menulis dan memahami ilmu SEO, kamu dapat menawarkan jasa sebagai penulis konten, baik untuk blog, website, media sosial, atau iklan produk.  

Selain menyuguhkan konten yang berkualitas, kamu juga bisa menawarkan riset kata keyword yang banyak dicari oleh pengguna. Dengan demikian, konten yang kamu tulis pun tepat sasaran dan mampu meningkatkan traffic serta ranking di mesin pencari Google.

4. Jasa titip (jastip)

Jasa titip atau jastip juga sedang menjadi tren dengan turut meningkatnya perjalanan internasional dan ramainya sosial media. Inspirasi usaha ini juga sangat cocok untuk kamu yang punya hobi traveling, baik itu perjalanan rute dalam negeri maupun internasional. 

Meski cukup kompetitif, selama kamu bisa tahu apa yang dibutuhkan konsumen, bisnis ini menawarkan keuntungan yang terbilang menjanjikan. 

Kamu bisa menyebarkan informasi dan membuat promo produk yang hendak dijual dari sosial media pada jam sibuk. Selanjutnya, kamu tinggal menyepakati harga dengan calon pembeli.

5. Virtual Assistant (VA)

Virtual assistant atau VA juga menjadi salah satu contoh inspirasi usaha yang menjanjikan di 2024. Bisnis rumahan ini akan sangat menguntungkan untuk kamu yang memiliki keahlian dalam berorganisasi dan manajemen waktu yang baik. 

Profesi ini memiliki tugas utama membantu para pengusaha dari jarak jauh untuk mengatur jadwal atau pertemuan, membalas email, mengelola akun media sosial dan website, relasi dengan klien, hingga belanja. 

Tips Sukses Memulai Bisnis 

Ada banyak sekali inspirasi usaha menjanjikan yang bisa kamu coba untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Apabila baru ingin memulai berbisnis, kamu bisa mencoba melakukan beberapa tips berikut ini. 

Baca Juga  Apa Itu Pinjaman Online: Definisi, Kelebihan, sampai Ciri-cirinya

1. Buat rencana bisnis

Tips pertama adalah membuat rencana bisnis. Termasuk produk yang hendak kamu tawarkan, modal yang dimiliki, apakah akan memiliki toko offline, siapa target pasarnya, hingga bagaimana kamu akan mempromosikan produk. 

Buat pula kemungkinan risiko yang bisa terjadi dan langkah penyelesaian untuk setiap kendala yang kamu hadapi. 

2. Berfokus pada pelanggan

Konsumen menjadi salah satu kunci sukses saat melakukan bisnis. Menyediakan kebutuhan konsumen akan membuat mereka kembali dan menjadi pelanggan loyal. 

Tidak hanya menawarkan produk yang berkualitas, kepuasan konsumen juga harus kamu perhatikan. Misalnya, kamu memberikan respons yang cepat dalam menjawab pertanyaan konsumen atau melakukan follow up setelah pembelian.

3. Promosi dengan tepat

Aspek lain yang tidak boleh kamu lupakan saat melakukan bisnis adalah promosi. Pastikan untuk memilih media yang tepat saat promosi sehingga calon pelanggan mengetahui apa yang sedang kamu tawarkan. 

Kamu bisa promosi dari media sosial atau membuat konten blog. Selain itu, bisa juga memberikan insentif referal untuk pelanggan yang telah membantu mempromosikan bisnismu. 

Itu tadi beberapa inspirasi usaha yang menjanjikan di 2024 dan bagaimana tips sukses untuk memulainya. 

Kalau kamu memerlukan modal tambahan, MOFI bisa menjadi solusi pinjaman yang tepat. Telah mendapatkan izin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), MOFI adalah mitra andalan untuk pembiayaan apapun dengan jaminan BPKB mobil kamu. 

Selain itu, mengajukan pinjaman melalui MOFI juga tidak rumit dan simpel tanpa perlu banyak dokumen, cukup dengan dengan KK, KTP, dan STNK. 

Ingin mendapatkan pencairan maksimal untuk jaminan kamu? Percayakan saja pada MOFI. Yuk, ajukan pinjaman sekarang!

You may also like