Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 7 Ide Peluang Usaha yang Sedang Trend di Tahun 2024

7 Ide Peluang Usaha yang Sedang Trend di Tahun 2024

by Galih Nugraha
ide peluang usaha

Ide peluang usaha tiap tahunnya pasti memiliki tren yang berbeda. Nah, di tahun ini banyak orang yang beramai-ramai membuat resolusi untuk membuka bisnis sendiri.

Namun, tak sedikit yang justru masih bingung menentukan ide untuk membuat bisnis di bidang apa. 

Perlu diketahui bahwa saat ini banyak sekali ide peluang usaha yang bisa dijadikan inspirasi, apalagi dengan adanya kemudahan dari perkembangan teknologi yang semakin canggih. 

Akan tetapi, perlu diketahui pula bahwa menentukan peluang usaha tidak boleh sembarang atau asal-asalan.

 Kamu tetap perlu melakukan riset terlebih dahulu guna menentukan apakah bisnis yang ingin dijalankan mampu menghasilkan keuntungan. 

Nah, di dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa ide peluang usaha yang dapat dicoba di tahun 2024 ini. Apa sajakah itu? Yuk disimak bersama!

Ide Peluang Usaha 

Berikut ide peluang usaha yang patut dicoba di tahun 2024 ini, di antaranya adalah:

1. Jasa Penulis Lepas

Jika kamu memiliki kemampuan di bidang tulis menulis disertai dengan pengetahuan tentang SEO atau Search Engine Optimization, ada peluang usaha yang cocok untukmu.

 Misalnya, membuka jasa penulis lepas bisa menjadi salah satu ide bisnis yang tak boleh terlewatkan. 

Baik dari sisi perusahaan maupun dari sisi penyedia jasa, profesi satu ini dianggap merupakan salah satu profesi yang cukup banyak dibutuhkan. 

Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk dapat membuat website mereka mudah masuk di mesin pencarian Google. 

Sementara itu, orang-orang yang memiliki skill menulis dan SEO juga bisa dengan mudah menawarkan jasa mereka di internet tanpa perlu mengeluarkan modal sepeserpun! 

Cukup menyediakan laptop, PC dan koneksi internet yang memadai, profesi ini sudah bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. 

2. Kursus Online

Jika kamu merasa memiliki suatu keahlian di bidang tertentu, ide peluang usaha satu ini bisa dicoba. 

Melalui namanya saja, kita sudah tahu kalau ini berbeda dengan kursus reguler pada umumnya. 

Kamu tidak perlu mengeluarkan modal sewa tempat dan peralatan, karena seluruh kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan secara online. 

Baca Juga  Ingin Mengajukan Pinjaman dengan Gadai Sertifikat Rumah? Ikuti Panduan Berikut!

Tidak perlu membuka kursus yang berhubungan dengan mata pelajaran sekolah, kamu bahkan bisa membuka jasa untuk bidang soft skill lho, seperti public speaking, cara membuat resume yang baik dan benar, tips lolos interview di perusahaan, dan masih banyak lagi. 

3. Manajemen Media Sosial

Tentu di era digitalisasi seperti saat ini, media sosial memiliki peran yang sangat penting dalam pemasaran. 

Oleh karenanya, banyak sekali perusahaan–perusahaan kecil yang masih berkembang lebih memilih untuk mencari jasa manajemen media sosial karena belum mampu membayar karyawan untuk bergabung ke dalam tim internalnya. 

Bagi kamu yang merasa memiliki kemampuan dalam pembuatan konten dan tertarik mengulik mengenai media sosial, salah satu ide peluang usaha ini patut untuk dicoba. 

4. Jasa Sewa Perlengkapan Bayi

Pernahkan kamu mendengar tentang jasa sewa perlengkapan bayi? 

Meskipun bagi sebagian orang ide usaha ini masih terdengar aneh dan asing, tapi nyatanya bisnis jasa sewa perlengkapan bayi cukup dicari oleh banyak orang. 

Terutama pasangan-pasangan muda yang tengah menanti malaikat kecil mereka lahir. 

Perlu diketahui bahwa peralatan yang perlu dibeli oleh para orangtua muda untuk bayi mereka tergolong sangat banyak dengan harga yang relatif mahal. 

Sebut saja seperti popok, stroller, box bayi, baju, dan masih banyak lagi. 

Melihat perlengkapan yang sangat banyak itu dibandingkan dengan tumbuh kembang bayi yang baru lahir yang relatif sangat cepat, terkadang membuat orangtua lebih memilih untuk menyewa barang. 

Contohnya beberapa barang yang hanya digunakan dalam jangka waktu yang sebentar, seperti stroller, baby walker, tempat tidur bayi, dan masih banyak lagi. 

Nah, apabila memiliki modal bisnis yang cukup, kamu bisa menggunakannya untuk membeli barang-barang bayi dengan kualitas baik. 

Jangan lupa juga bahwa kamu perlu melakukan perjanjian dengan customer untuk selalu menjaga barang dengan baik selama masa sewa. 

5. Menjual Makanan Ringan

Membuka bisnis di bidang makanan memang seakan tak pernah lekang oleh waktu, termasuk untuk produk makanan ringan. 

Baca Juga  Perencanaan Usaha: Pengertian, Tujuan, dan Tahapannya 

Jika kamu memiliki hobi memasak atau membuat kue, ide peluang usaha yang satu ini tentu tak boleh terlewatkan. Dengan modal yang tidak terlalu besar, kamu bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat. 

Ditambah lagi, kamu juga bisa memasarkan produk tersebut secara online dengan memanfaatkan e-commerce dan media sosial. 

6. Frozen Food

Selain makanan ringan, peluang bisnis frozen food juga bisa dijadikan sebagai salah satu ide yang patut dicoba. Terutama untuk orang-orang yang masih single dan memilih untuk tinggal sendiri.

Frozen food seringkali dijadikan pilihan karena harganya yang terjangkau, dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama, serta rasanya yang tergolong enak.

7. Laundry

Ide peluang usaha yang bisa kamu coba selanjutnya dan kemungkinan akan semakin naik daun di tahun 2024 ini adalah bisnis laundry. 

Jasa laundry seringkali digunakan oleh para keluarga karena dianggap lebih praktis. Selain itu, kehadiran laundry ini juga sangat popular di kalangan para perantau yang bekerja di perkotaan dan tinggal sendiri. 

Akan tetapi untuk memulai bisnis ini, kamu memang perlu mempersiapkan modal yang cukup besar. 

Mulai untuk membeli mesin cuci dengan kualitas terbaik, setrika uap, deterjen, serta diperlukan persiapan yang matang perihal daya listrik.

Nah, jika saat ini kamu sedang bersiap untuk membuka bisnis namun belum memiliki modal yang cukup, kamu bisa lho mengajukan pinjaman di MOFI.

Cukup dengan melakukan pengajuan secara online, proses pengajuan pinjaman dapat diproses secara cepat, tanpa perlu datang ke kantor secara langsung. 

Karenanya, kamu bisa mengajukan pinjaman dimana pun dan kapan pun. Tak hanya itu, MOFI menyediakan jasa konsultasi secara gratis mengenai nominal pinjaman dan tenor yang diinginkan. 

Jadi, untuk pembayarannya pun dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial dari individu masing-masing. 

Hanya memerlukan proses 1 hari saja hingga dana cair, MOFI akan menjadi solusi terbaik dalam menyelesaikan seluruh permasalahan finansial kamu!

You may also like