Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » Apa itu Bisnis Online? Ini Definisi, Manfaat, dan Cara Memulainya

Apa itu Bisnis Online? Ini Definisi, Manfaat, dan Cara Memulainya

by Ahmad Yusuf
bisnis online adalah

Kemajuan teknologi juga tak luput merevolusi cara kita berbisnis. Bisnis online adalah salah satu metode bisnis yang kini diperhitungkan dan banyak menghasilkan keuntungan saat ini.

Di era internet seperti sekarang, kamu bisa menjalankan suatu bisnis secara online untuk meraup keuntungan. Bisnis online memungkinkanmu untuk membangun usaha yang lebih fleksibel sekaligus menjangkau pasar yang lebih luas.

Nah, jika ingin mengetahui lebih detail tentang bisnis online, kamu harus baca artikel ini sampai akhir. 

Apa itu Bisnis Online?

Sederhananya, bisnis online adalah model bisnis yang pendapatannya dihasilkan melalui transaksi yang dilakukan di internet. Dalam kata lain, aktivitas bisnis di mana suatu transaksi atas produk atau layanan yang dilakukan melalui internet adalah contoh dari bisnis online.

Seperti yang telah disebutkan, terdapat beberapa jenis bisnis online yang populer di antaranya adalah:

  • E-Commerce: Penjualan produk fisik atau digital melalui toko online (contoh: Tokopedia dan Shopee)
  • Bisnis berbasis layanan: Menawarkan layanan online seperti konsultasi dan pembelajaran online (contoh: Coursera dan Ruang Guru)
  • Bisnis berbasis konten: Menawarkan layanan konten seperti video, musik, blog, dan podcast (contoh: Youtube dan Instagram Creator)
  • Bisnis afiliasi: Menjual dan mempromosikan produk orang lain untuk mendapatkan komisi (contoh: program afiliasi Shopee dan Lazada)
  • Layanan perangkat lunak (SaaS): Menyediakan layanan perangkat lunak yang dapat diakses konsumen secara online (contoh: Dropbox dan Salesforce)
  • Bisnis dropship: Menjual produk orang lain tanpa menyimpan stok produk dengan mengirimkannya langsung ke pelanggan dari pemasok (contoh: Shopify dan Supplier.id)
  • Layanan situs membership: Menawarkan konten berlangganan atau layanan eksklusif berbayar (contoh: Patreon dan Substack)

Manfaat Bisnis Online

Kamu tertarik untuk memulai bisnis online? Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari bisnis online:

  1. Biaya Operasional yang Lebih Hemat

Mengingat transaksinya dilakukan secara online, model bisnis ini memungkinkanmu untuk menyiapkan modal dan biaya operasional yang lebih sedikit dibandingkan bisnis konvensional.

Kamu bisa menjalankan bisnis tanpa harus menyediakan etalase fisik, menyewa toko atau kios, dan mengeluarkan biaya inventaris. Bahkan, kamu tidak perlu merekrut karyawan jika kamu mampu menangani bisnis onlinemu secara mandiri.

  1. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Penggunaan internet memungkinkan bisnismu untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Kamu bisa menawarkan produk atau jasa dari bisnis onlinemu ke pasar lokal hingga bahkan internasional.

Dengan semakin luasnya basis konsumen, baik dalam negeri maupun luar negeri, kamu bisa memperluas visibilitas bisnismu dan tentunya akan meningkatkan raupan pendapatan.

  1. Waktu dan Tempat yang Fleksibel

Bisnis online adalah salah satu model bisnis yang bisa beroperasi sepanjang waktu. Sehingga konsumen bisa menelusuri atau melakukan transaksi kapan saja. Hal ini tentu baik untuk meningkatkan pemasukan penjualan bisnis.

Baca Juga  17 Ide Bisnis Modal Kecil di Indonesia untuk Wirausahawan Pemula

Selain itu, kamu juga bisa mengelola bisnis secara lebih fleksibel. Asal memiliki koneksi internet dan gadget yang memadai, kamu bisa mengatur jam kerja dan mengelola bisnis secara jarak jauh di mana saja dan kapan saja. 

  1. Otomatisasi

Terdapat beberapa aspek operasi dari bisnis online yang dapat diotomatisasi, mulai dari pengelolaan inventaris, logistik, hingga layanan konsumen.

Sebagai contoh, platform-platform marketplace atau e-commerce sudah dilengkapi dengan sistem otomatisasi. Mulai dari sistem pembayaran, layanan promosi, chat penjual, hingga penggunaan fitur bot yang bisa meningkatkan efisiensi layanan konsumen.

  1. Bantuan Data dan Analisis

Manfaat selanjutnya dari bisnis online adalah kemudahannya dalam pengelolaan bisnis. Kamu bisa memonitor dan memanfaatkan data serta analisis untuk meningkatkan efisiensi bisnis kamu.

Dengan adanya data dan analisis, kamu bisa mengetahui informasi tentang tren, preferensi, dan perilaku konsumen secara lebih mudah dan detail. Hal tersebut dapat membantumu membuat keputusan dan strategi bisnis yang lebih akurat.

Cara Memulai Bisnis Online

Bisa dibilang, menjalankan bisnis online adalah hal yang gampang-gampang susah. Untuk memulai suatu bisnis online, tentu diperlukan persiapan dan strategi yang matang. Di sini, kita akan membahas tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis online.

  1. Lakukan Riset dan Tentukan Ide Bisnis

Langkah paling awal yang harus dilakukan untuk memulai suatu bisnis online adalah dengan melakukan riset yang mendalam dan komprehensif.

Pelajari tentang tren pasar, produk seperti apa yang sedang naik daun, diminati, dan banyak dicari oleh calon konsumen.

Lalu, identifikasi peluang tersebut dan ubah menjadi sesuatu yang ingin dimanfaatkan. Pahami kebutuhan konsumen dan ubah kebutuhan tersebut menjadi produk bisnis yang akan ditawarkan.

Hal penting lainnya dari menentukan ide bisnis online adalah menyesuaikan dengan passion dan kompetensi yang kamu punya. Maksimalkan minat dan keterampilan yang kamu punya untuk mengembangkan bisnis yang ingin dirintis.

  1. Kembangkan Rencana Bisnis dan Finansial

Setelah melakukan riset dan menentukan ide bisnis, langkah selanjutnya yaitu menguraikan ide bisnis yang kamu pilih.

Uraikan tujuan bisnis dan bagaimana untuk mencapainya, lakukan analisis pasar dengan menentukan target konsumen, perilaku, dan kebutuhan.

Kembangkan dan uraikan jenis produk atau layanan seperti apa yang ingin kamu tawarkan. Lalu, bagaimana hal itu menguntungkan konsumen sehingga mendorong mereka untuk memenuhinya.

Supaya bisnis online yang dirintis bisa berjalan dengan baik, kamu harus memperhitungkan proyeksi keuangan yang akan dipakai untuk bisnismu.

Baca Juga  5 Ide Jualan untuk Bisnis Online dan Offline yang Cepat Laku di Tahun 2024

Perkirakan modal awal dan tentukan strategi yang tepat untuk penetapan harga. Susun juga skema pendapatan dan pengeluaran dari bisnis yang akan dijalankan untuk memastikan kestabilan finansial bisnis tetap terjaga.

  1. Pilih Model Bisnis

Langkah berikutnya dalam bisnis online adalah memutuskan model bisnis seperti apa yang ingin dipilih. Sesuaikan produk atau layanan bisnis dengan peluang, kemampuan, dan kompetensi kamu.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa model bisnis yang bisa dipilih.  Di antaranya adalah e-commerce, dropshipping, afiliasi, hingga layanan berlangganan.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki modal yang cukup dan ingin memulai usaha di bidang clothing. Kamu bisa memasarkan produkmu melalui beberapa marketplace. Atau, kamu juga bisa mempromosikannya melalui media sosial hingga membuat website khusus untuk produkmu.

  1. Buat Konten yang Berkualitas

Mengingat bisnis online memanfaatkan internet sebagai media promosi, maka kamu perlu untuk memproduksi konten-konten yang berkualitas untuk meyakinkan calon konsumen.

Buat konten yang mendeskripsikan produkmu secara detail dan menarik, pertimbangkan juga materi visual yang berkualitas tinggi.

Ada beragam jenis konten yang bisa dijadikan sebagai media promosi, seperti postingan blog, artikel, foto, dan video. 

  1. Promosi dan Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Setelah mempertimbangkan pembuatan konten yang berkualitas, langkah selanjutnya dalam mengembangkan bisnis online adalah mendistribusikan konten-konten tersebut sebagai usaha promosi bisnismu.

Kamu bisa menggunakan optimasi SEO, pemasaran melalui email, media sosial, iklan berbayar, hingga berkolaborasi dengan influencer untuk endorsement.

Selain itu, tingkatkan juga laju penjualanmu dengan menawarkan diskon, harga promo, hingga giveaway untuk menarik calon konsumen. Selalu jaga hubungan baik dengan konsumen dengan terus memberikan layanan terbaik. 

Kini, bisnis online adalah idaman banyak orang karena bisnis ini menawarkan keuntungan yang menggiurkan.

Jika tertarik mencobanya, kamu perlu mempersiapkan strategi yang tepat agar bisnis online yang dirintis dapat berjalan sukses dan bersaing dengan produk lain.

Seperti yang sudah dijelaskan, salah satu faktor penting dalam memulai bisnis online yaitu dengan mempertimbangan kondisi finansialmu.

Modal untuk bisnis online adalah hal yang penting untuk mengawali usahamu. Namun, dari mana kamu bisa dapat modal yang cukup?

Untuk modal bisnis online-mu, kamu bisa mengajukannya dengan jaminan properti di MOFI.

Cukup dengan menjaminkan propertimu, kamu bisa dapat uang modal yang cukup untuk mendanai bisnis online-mu, lho!

Yuj, pelajari lebih lanjut tentang program pembiayaan jaminan properti di MOFI. Dapatkan modal usaha dengan mudah, cepat, dan aman!

You may also like