Moladin Mofi Artikel

Home » Pinjaman » Mengenal Pinjaman UMKM Online: Definisi, Jenis, dan Cara Mengajukannya

Mengenal Pinjaman UMKM Online: Definisi, Jenis, dan Cara Mengajukannya

by Ahmad Yusuf
pinjaman umkm online

UMKM adalah salah satu usaha produktif yang banyak dipraktekkan oleh masyarakat Indonesia, maka tidak heran saat ini banyak pelaku usaha yang mengajukan pinjaman UMKM online.

Di era yang serba instan seperti sekarang, pinjaman jenis ini mulai menjadi primadona bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

Selain prosedur pengajuan yang sederhana, proses pencairan dana pinjamannya juga lebih cepat daripada pilihan pinjaman yang ditawarkan oleh lembaga keuangan konvensional.

Yuk, simak penjelasan selengkapnya seputar pinjaman UMKM online di artikel ini. Baca sampai akhir, ya!

Apa itu Pinjaman UMKM Online?

Seperti namanya, pinjaman UMKM online merupakan layanan pendanaan untuk para pelaku UMKM, di mana pinjaman jenis ini beroperasi secara online melalui platform seperti web atau aplikasi.

Bagi pelaku UMKM, dana pinjaman tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari sebagai modal usaha, pengadaan peralatan, peningkatan infrastruktur, hingga ekspansi.

Dengan adanya dana pinjaman, pelaku usaha dapat menjadi lebih berdaya sehingga bisnis yang dijalankan dapat semakin berkembang dan resilien secara finansial.

Saat ini, ada beragam jenis pilihan platform pinjaman UMKM online yang tersedia. Bahkan di antaranya menawarkan pilihan cicilan dan tenor yang bervariasi.

Dengan fleksibilitasnya skema pinjaman tersebut, hal ini dapat memberikan keleluasaan bagi para pelaku usaha agar mereka dapat menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis-Jenis Pinjaman UMKM Online

Pinjaman UMKM online ternyata memiliki jenis yang beragam, lho! Apa saja itu? Yuk, ketahui 4 jenisnya berikut ini:

1. Pinjaman Online Koperasi

Koperasi merupakan salah satu lembaga penyedia pinjaman dana untuk UMKM, koperasi sangat populer karena perannya dalam memberdayakan perekonomian masyarakat.

Dengan semakin pesatnya laju perkembangan teknologi, mulai banyak koperasi yang merembet mengembangkan infrastruktur koperasi berbasis online.

Selain memfasilitasi dan mempermudah kegiatan operasional seperti laporan keuangan hingga penjualan produk, koperasi online juga memberikan kesempatan pinjaman dana bagi pelaku usaha.

2. Fintech P2P Lending

Dikutip dari laman OJK, P2P lending (peer-to-peer lending) merupakan layanan pinjam meminjam uang secara langsung antara pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman.

Baca Juga  UMKM: Pengertian, Jenis, dan Cara Efektif Memulainya yang Bisa Kamu Coba

P2P lending kini bertransformasi menjadi fintech P2P di mana layanan pinjaman dana untuk UMKM dapat dilakukan melalui platform online berbasis teknologi informasi.

Dalam skema fintech P2P lending, pinjaman UMKM online diajukan secara langsung kepada pemilik dana, sehingga syarat dan prosesnya dapat lebih efisien dan cepat.

3. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jenis pinjaman UMKM online selanjutnya adalah kredit usaha rakyat, program ini merupakan salah satu upaya yang diinisiasi oleh pemerintah untuk memberdayakan para pelaku UMKM.

Selain untuk memperkuat permodalan, KUR juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mengembangkan dan meningkatkan pembiayaan UMKM yang telah berjalan.

Saat ini, ada beragam pilihan lembaga pemberi pinjaman yang menawarkan program KUR, di mana kamu bisa mengajukan pinjaman dengan cepat dan mudah karena dapat dilakukan secara online.

4. Pinjaman Dana Online dengan Jaminan

Pinjaman UMKM online jenis ini merupakan mekanisme pembiayaan untuk pinjaman dana yang membutuhkan syarat jaminan aset tertentu.

Pelaku usaha mendapatkan pinjaman dana untuk keperluan bisnis UMKM dengan memberikan jaminan aset yang ia miliki, seperti BPKB mobil atau sertifikat rumah dan properti lain.

Ada banyak pilihan platform pinjaman online dengan jaminan yang menawarkan fleksibilitas tenor dan besaran iuran, sehingga kreditur dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya.

Cara Mengajukan Pinjaman UMKM Online

Untuk selanjutnya, ketahui juga cara mengajukan pinjaman UMKM online yang dapat diuraikan berikut ini:

1. Tinjau Keuangan Usaha

Untuk memastikan kemampuan membayar kembali pinjaman yang diajukan, pastikan kamu memiliki arus kas yang cukup untuk membayarnya.

Dengan meninjau keuangan usaha, kamu dapat lebih jelas mengetahui besaran dana realistis yang benar-benar dibutuhkan untuk usahamu.

Jadi selain penting untuk memastikan kamu sanggup membayar biaya iuran, hal ini juga penting agar kamu dapat terhindar dari denda yang dapat mengganggu kesehatan keuangan usahamu.

Baca Juga  4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Investasi Properti

2. Pilih Platform Pinjaman UMKM Online yang legal

Pastikan untuk memilih platform pinjaman UMKM online secara tepat dan bijak, pilih platform yang legal dengan memastikan bahwa lembaga pinjaman tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Melalui platform yang legal dengan reputasi yang baik, ini penting untuk memastikan keamanan transaksi dan kamu dapat terhindar dari pinjaman online abal-abal yang tidak bertanggung jawab.

3. Pelajari Syarat dan Ketentuan Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, pahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku dari platform pinjaman online yang kamu pilih.

Mengetahui syarat dan ketentuan pinjaman sangatlah penting agar segala proses administrasi dapat berjalan dengan lancar, dengan begitu dana pinjaman yang diajukan dapat cepat cair.

Di sisi lain, kamu juga perlu mengetahui pilihan besaran iuran dan tenor yang ditawarkan oleh platform pinjaman online, sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

4. Siapkan Dokumen-Dokumen Persyaratan

Pastikan kamu menyiapkan semua dokumen yang diperlukan sebagai syarat pengajuan pinjaman UMKM online.

Semakin cepat persyaratan dipenuhi, maka akan semakin cepat pula kamu dapat memanfaatkan dana pinjaman tersebut.

5. Isi Formulir Pengajuan dan Ajukan Pinjaman

Jika dokumen telah disiapkan, lengkapi data dan isi formulir pengajuan pinjaman. Pastikan dokumen-dokumen yang diunggah sesuai dengan format dan persyaratan yang diminta.

Setelah semua proses pengajuan selesai, tunggu pihak pemberi pinjaman untuk melakukan verifikasi. Jika semua syarat telah dipenuhi, pemberi pinjaman akan segera menghubungimu.

Rekomendasi Platform Pinjaman UMKM Online

Dengan semakin masifnya perkembangan teknologi, kini kamu dapat merasakan kemudahan pengajuan pinjaman UMKM secara online.

Pastikan kamu memilih platform pinjaman online yang kredibel, ya! Sebagai jawabannya, MOFI menawarkan layanan pinjaman dana yang mudah, cepat, dan tentunya aman.

Hanya dengan jaminan BPKB mobil, kamu dapat mengajukan pinjaman dana yang dapat membiayai bisnis UMKM yang kamu rintis.

Yuk, cari tahu tentang program Pembiayaan Jaminan BPKB Mobil di MOFI sekarang!

You may also like