Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » Kenali 6 Jenis Investasi yang Menguntungkan untuk Masa Depan

Kenali 6 Jenis Investasi yang Menguntungkan untuk Masa Depan

by Ahmad Yusuf
investasi yang menguntungkan

Terdapat beragam pilihan investasi yang menguntungkan dengan berbagai benefit yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Berkat literasi keuangan yang mulai masif, kegiatan berinvestasi kini semakin populer seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kegiatan yang satu ini.

Selain sebagai usaha mengembangakan kekayaan, berinvestasi juga sangat penting untuk mencapai tujuan-tujuan finansial, terutama agar keinginan dan kebutuhan di masa depan dapat terwujud dan tercukupi.

Jadi, apakah kamu mulai penasaran dengan apa saja jenis investasi yang menguntungkan untuk masa depan? Baca terus artikel ini sampai akhir, ya!

Jenis-Jenis Investasi yang Menguntungkan

Perlu diperhatikan bahwa memahami jenis-jenis investasi yang menguntungkan sangatlah penting agar keputusan finansial yang kamu buat benar-benar berdasarkan perhitungan yang matang.

Dengan memilih jenis investasi yang tepat, kamu jadi lebih bisa mengoptimalkan keuntungan, mengurangi risiko, hingga memperlancar usaha untuk mencapai tujuan keuanganmu.

Berikut adalah 6 jenis investasi yang menguntungkan dan patut untuk kamu pertimbangkan.

1. Saham

Pada dasarnya, investasi saham adalah kegiatan yang melibatkan pembelian saham atau ekuitas dari perusahaan.

Ketika kamu membeli saham, artinya kamu merupakan pihak yang memegang sebagian kepemilikan sebuah perusahaan.

Semakin besar saham yang kamu beli, maka semakin besar pula persentase kepemilikan atas perusahaan tersebut.

Saham sendiri dapat diperjualbelikan di bursa saham. Di Indonesia misalnya, kamu dapat membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Adapun return atau keuntungan yang didapat oleh investor umumnya bersumber dari dividen dan pertumbuhan nilai saham itu sendiri.

Artinya, laba bersih dari sebuah perusahaan akan dibagikan kepada pemegang saham atau investor berdasarkan seberapa besar jumlah saham yang dimiliki.

Investor juga dapat memperoleh keuntungan melalui pertumbuhan nilai saham, di mana keuntungannya didapat dari penjualan saham yang dimiliki

Ketika perusahaan berkinerja baik, maka permintaan saham akan meningkat, sehingga harga saham juga akan naik di atas harga ketika investor membelinya.

2. Properti

Investasi properti merupakan jenis investasi dalam bentuk fisik atau berwujud. Investasi properti sendiri sangat populer karena memberikan keuntungan besar dengan risiko yang cenderung kecil.

Harga properti yang terus meningkat tiap tahunnya merupakan salah satu alasan investasi properti banyak diminati saat ini.

Nilai aset properti yang terus beranjak naik pada dasarnya tidak terlalu mengherankan, mengingat tingginya permintaan akan lahan dan tempat tinggal juga terus meningkat dari waktu ke waktu.

Baca Juga  10 Komponen Perencanaan Usaha beserta Pengertian dan Manfaatnya

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan keuntungan dari berinvestasi di bidang properti.

Contohnya dengan membeli lahan, lalu membangun properti di atasnya, seperti rumah, kos-kosan, ruko, apartemen, ataupun villa.

Selain menjualnya di saat harganya dirasa cukup tinggi untuk mendapatkan keuntungan, kamu juga bisa menyewakan properti tersebut untuk mendapatkan pemasukan.

3. Emas dan Berlian

Sama halnya dengan properti, emas dan berlian merupakan jenis investasi fisik atau aset yang berwujud.

Sebagai aset yang dapat dibilang sangat familiar dan menjadi barang primadona oleh banyak orang, menjadikan emas dan berlian sebagai produk investasi favorit yang menguntungkan.

Emas sendiri merupakan salah satu jenis logam mulia yang pada dasarnya telah lama menjadi instrumen investasi.

Selain sangat fleksibel karena dapat disimpan dalam bentuk perhiasan, batangan, hingga kepingan, emas juga cenderung memiliki harga yang stabil dan meningkat dari waktu ke waktu.

Tidak kalah menjanjikannya dengan emas, berlian juga dapat membuka potensi keuntungan yang besar untuk diinvestasikan.

Yang terpenting, pastikan bahwa berlian yang ingin diinvestasikan memiliki kualitas yang baik dan otentik, hal tersebut dapat dibuktikan dengan pengujian dan sertifikasi keaslian barang.

4. Obligasi

Jika kamu mencari jenis investasi yang menguntungkan dengan risiko yang rendah, maka obligasi bisa jadi pilihan yang tepat.

Selain menjadi salah satu bentuk investasi yang paling aman, obligasi juga menawarkan persentase keuntungan yang tinggi dan cukup stabil, sehingga tidak heran banyak yang meminatinya.

Obligasi sendiri merupakan surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau lembaga lain yang digunakan untuk meningkatkan modal.

Ketika berinvestasi obligasi, pada dasarnya kamu meminjamkan uang kepada suatu perusahaan dengan imbalan pembayaran bunga rutin.

Selain mendapat keuntungan melalui pembayaran bunga (kupon), kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli jual atau capital gain.

Penerbitan obligasi umumnya dilakukan oleh perusahaan atau pemerintah, di mana surat utang yang diterbitkan memuat nilai nominal dan jangka waktu tertentu.

5. Reksadana

Dikutip dari laman IDX, reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana masyarakat yang kemudian akan dikelola oleh manajer investasi.

Manajer investasi sendiri berperan untuk mengelola dana dari para investor yang pada gilirannya akan diinvestasikan ke instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal.

Baca Juga  7 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Pemasukan Tambahan

Jadi selain membuat alokasi aset, manajer investasi juga bertugas untuk menyusun dan mengaplikasikan strategi investasi sembari meminimalisasi risiko investor.

Setidaknya terdapat 5 jenis produk reksadana, yaitu meliputi reksadana pendapatan tetap, campuran, saham, index, dan pasar uang. 

Melalui reksadana, pada dasarnya kamu tidak perlu repot-repot memantau kinerja investasi, karena hal tersebut akan dilakukan oleh manajer investasi.

Selain investasi yang mudah dijangkau, kegiatan berinvestasi juga akan lebih aman dan efisien karena kamu bisa mengalihkan pengelolaannya kepada ahlinya.

6. Mata Uang Kripto (Cryptocurrency)

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memang banyak menghadirkan hal baru yang seakan tidak pernah berhenti membuat takjub.

Salah satu inovasi dari masifnya perkembangan teknologi adalah lahirnya mata uang digital atau lebih dikenal sebagai cryptocurrency.

Cryptocurrency kini telah bertransformasi menjadi ladang bagi para investor untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya.

Namun begitu, kripto juga jadi salah satu instrumen investasi dengan risiko yang tinggi, terutama karena memiliki volilitas yang ekstrem di mana lonjakan kenaikan dan penurun harga terjadi sangat cepat dan singkat.

Adapun para investor kripto pada umumnya melakukan trading melalui beberapa bursa, seperti contohnya adalah Coinbase, Kraken, dan Binance.

Proses menahan dan memperdagangkan mata uang kripto pada dasarnya tidak terlalu kompleks, di mana investor akan menahan mata uang kripto yang dibeli sembari berharap nilainya meningkat.

Ketika nilai mata uang melonjak, investor dapat menjualnya untuk mendapatkan keuntungan, investor juga dapat mengubah keuntungan tersebut menjadi mata uang fiat atau mata uang kripto lain.

Itulah jenis-jenis investasi yang menguntungkan. Lakukan riset dan jangan segan untuk berkonsultasi kepada ahlinya jika memang diperlukan.

Dengan berinvestasi, kamu dapat lebih berdaya secara finansial dan tentunya juga akan membantu memperkuat perencanaan keuanganmu dalam jangka panjang.

Riset jenis-jenis investasi yang menguntungkan, dengan mengetahui tren pasar, kamu jadi memahami biaya dan potensi keuntungan yang didapat sebagai imbal hasil dari investasi tersebut.

Jika kamu ingin mendapatkan dana pinjaman secara cepat, aman, dan terpercaya, maka MOFI adalah jawabannya.

Di MOFI, kamu bisa mendapatkan manfaat dana pinjaman hanya dengan jaminan properti. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

You may also like