Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 11 Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini yang Bisa Kamu Coba  

11 Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini yang Bisa Kamu Coba  

by Ahmad Yusuf

Bagi kamu yang baru saja mau memulai bisnis kuliner, ketahui dulu rekomendasi usaha makanan paling laris saat ini untuk dijadikan sebagai inspirasi. 

Hal ini sangat berguna karena tren di dunia bisnis memang terus berkembang, begitu pula dengan perilaku konsumennya. Maka dari itu, agar mampu bertahan di suasana yang kompetitif ini, kamu harus jeli melihat peluang yang ada. 

Yuk, ketahui apa saja ide usaha makanan yang bisa kamu berikut ini. Simak, ya!

11 Usaha Makanan  Paling Laris saat Ini

1. Es Kopi

Beberapa tahun lalu sejak kisah Kopi Tuku viral karena disambangi Pak Jokowi, usaha es kopi kian menjamur dan melahirkan coffee shop lokal yang tak kalah saing dengan brand internasional. 

Sebut saja di antaranya ada Fore, Janji Jiwa, Kopi Kenangan, dan brand-brand kecil yang rasanya tak kalah nikmat.

Kalau kamu termasuk pecinta kopi dan memiliki keterampilan meraciknya, peluang usaha ini bisa kamu manfaatkan karena pasarnya masih sangat luas.

2. Makanan Organik

Saat ini semakin banyak orang yang concern dengan gaya hidup sehat. Entah karena dipengaruhi tren atau memang tumbuh kesadaran dari dalam diri, banyak orang beralih ke makanan organik sebagai pilihan yang lebih sehat.

Itu sebabnya, usaha makanan sehat dan organik seperti Madame Chang, Rejuve, dan Asinan Queen bisa menjadi benchmark baik untuk memulai bisnis kuliner.

3. Kuliner Tradisional Hidden Gem

Satu lagi tren yang cukup unik di dunia kuliner saat ini. Semakin mblusuk dan terpencil lokasinya, semakin dicari dan ramai pembeli. Yap, inilah makanan-makanan berjuluk hidden gems yang diburu pecinta kuliner. 

Uniknya, kebanyakan makanan ini adalah makanan tradisional atau khas rumahan yang sebenarnya merupakan menu sederhana namun rasanya sedap dan bikin kangen.

Contohnya adalah Gudeg Yu Hadi di Yogyakarta sana yang jualannya hanya ngemper di dalam gang kecil tapi pembelinya harus rela antri demi mencicipinya. 

4. Kedai Mi

Dunia per-bakmi-an memang sedang populer saat ini. Mulai dari Demie Bakmie 69 di Jakarta, Mie Sapi Banteng di Jogja, hingga Mie Marem Jaya di Malang semuanya berlomba menciptakankan berbagai olahan mi yang memanjakan lidah. Tak heran kalau kedai mi jadi usaha makanan paling laris saat ini.

Baca Juga  Seluk-beluk Modal UMKM, Pengertian Sampai Cara Mendapatkannya

Bukan sekedar mi biasa, kedai-kedai bakmi saat ini lebih menekankan ke cita rasa yang autentik tapi dengan penyajian yang lebih modern. Cukup berbeda dengan gaya penjual mie ayam yang sudah-sudah.

5. Kopitiam

Berbeda dengan coffee shop yang modern, kopitiam lebih kental dengan suasana Melayu-Tionghoa yang autentik. Tak hanya dari suasananya, menu yang ditawarkan pun juga lebih vintage dan sederhana, seperti kaya toast, bubur claypot, sampai yang lebih berat seperti kwetiau dan nasi goreng. Tak ketinggalan menu kopinya ya!

Meski menunya sederhana tapi penggemarnya luar biasa banyak. Contohnya seperti Kopitiam Kapuas Hulu di Jogja yang ramai banget pengunjungnya.

6. Croissant

Wah, yang satu ini memang lagi hype banget. Bahkan pastry berbentuk bulan sabit ini dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk fusion food yang unik tapi tetap enak. 

Misalnya ada crombolini yang menggabungkan croissant dan bomboloni, atau cronigiri, croffle, cruffin, cronut, tacro, cramosa, dan entah apa lagi selanjutnya. Kalau kamu punya ide menarik, peluang usaha ini bisa banget kamu coba tambahkan dalam menumu!

7. Homemade Frozen Food

Bagi ibu-ibu atau anak kos, frozen food adalah penolong di kala hidup butuh yang sat-set tapi tetap mau enak. Tapi karena kebanyakan makanan beku yang dijual di supermarket banyak mengandung pengawet, MSG, dan bahan tambahan lainnya, banyak juga yang akhirnya mengurungkan niat membeli.

Nah, melihat peluang ini, kamu bisa membuat homemade frozen food, seperti nugget, aneka dimsum, hingga sosis dan kornet homemade yang resepnya viral di media sosial. Sebagai unique selling point, kamu bisa menjual ide frozen food yang sehat dan bebas pengawet. 

8. Aneka Sambal

Kalau kata orang Indonesia, kurang nendang kalau makan nggak pakai sambal. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan peluang ini untuk menciptakan usaha paling laris saat ini.

Modalnya relatif kecil dan prosesnya tidak rumit. Kamu bisa memulainya dari rumah dan memasarkannya lewat media sosial atau marketplace. Contoh suksesnya sudah banyak, seperti Sambal Bu Rudy asli Surabaya yang sudah melegenda atau Eatsambel yang konsepnya lebih kekinian.

Baca Juga  Mutasi Rekening: Pengertian, Cara Cek, dan Manfaatnya bagi Pebisnis

9. Bumbu Siap Masak

Kalau kamu punya resep rahasia atau resep keluarga yang sudah diwariskan turun-temurun dan rasanya beda dari yang lain, kamu bisa menggunakan peluang ini untuk menciptakan usaha makanan paling laris saat ini.

Kamu bisa mengolah rempah-rempah tersebut menjadi bumbu siap masak seperti yang dilakukan Rendang Gadih atau Bumbu Masak Machmudah (BMM). Berbeda dengan bumbu pabrikan, racikannya sudah pasti lebih autentik dan bebas pengawet. 

10. Paket Bahan Masakan

Salah satu usaha makanan paling laris saat ini adalah menjual paket bahan masakan seperti yang dilakukan Sayur Segar atau Black Garlic. Dengan paket bahan masakan, pembeli tidak harus repot membeli bahan-bahannya satu per satu melainkan sudah dalam satu paket lengkap mulai dari bahan utama sampai bumbu-bumbunya.

Bagusnya, kamu tak harus memulai usaha ini dengan modal dan skala besar. Bisa diawali dengan menawarkannya ke tetangga, teman kantor, atau ibu-ibu kantoran yang tak punya banyak waktu untuk belanja ke pasar dan masak sendiri.

11. Toko Oleh-oleh Khas

Dunia pariwisata kembali menunjukkan geliatnya pasca padam akibat COVID-19 dan sebagai pebisnis kreatif kamu bisa memanfaatkan ini untuk menjual oleh-oleh khas. 

Tak harus selalu legendaris dan autentik, kamu bisa mencontoh Bakpia Tugu yang berinovasi dari bakpia patuk ke bakpia kukus atau Bakpiaku menonjolkan varian rasa kekinian lalu mengemasnya dalam desain kemasannya yang modern. 

Bisa juga meniru ide Almond Crispy Wisata Rasa yang membuat produk baru lalu membrandingnya sebagai oleh-oleh khas Surabaya. 

Itulah rekomendasi usaha makanan paling laris saat ini. Seperti yang sudah-sudah, kamu selalu bisa mengandalkan MOFI saat butuh tambahan modal kerja. 

Lewat Pembiayaan Jaminan Properti, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha dengan jaminan properti. Prosesnya mudah dan cepat. Kamu juga fleksibel menentukan tenor angsuran. 

Pokoknya, MOFI si paling ngerti pengusaha UMKM, deh!

You may also like