Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » Usaha Modal 10 Juta? Ini Ide yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Usaha Modal 10 Juta? Ini Ide yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

by Ahmad Yusuf

Tidak semua usaha membutuhkan modal besar. Kamu juga bisa membuka usaha dengan modal awal sebesar 10 juta Rupiah saja, lho. 

Ada berbagai pertimbangan hingga akhirnya seorang wanita memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. Namun, dengan berkembangnya zaman, kamu tetap bisa berkarya dan berdaya walau kelihatannya “di rumah aja”. Salah satunya dengan mengembangkan usaha sendiri.

Dalam artikel ini, MOFI akan memberikan beberapa ide usaha dengan modal 10 juta yang bisa kamu lakukan di rumah sambil mengurus anak dan keluarga. Mau tahu ada apa saja?

10 Usaha dengan Modal 10 Juta Rupiah

Berikut ini beberapa jenis usaha dengan modal 10 juta Rupiah yang bisa dicoba oleh siapapun dan bahkan ibu rumah tangga:

1. Cold Pressed Juice

Salah satu berkah pandemi COVID-19 yang masih bisa kita rasakan sampai hari ini adalah kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya tercermin dalam perilaku konsumen yang beralih ke produk makanan sehat dan organik sebagai opsi yang lebih baik. 

Nah, kalau kamu memiliki lingkungan “pertemanan sehat” seperti ini, coba deh manfaatkan untuk memulai usaha modal 10 juta dengan membuat cold pressed juice.

Kalau cek di marketplace, mesin cold pressed yang bagus harganya sekitar 2,5 jutaan. Lebihnya bisa kamu pakai untuk beli showcase second, bahan baku, desain kemasan, atau membuat konten promosi di media sosial. Prosesnya pun terbilang mudah dan bisa dikerjakan di rumah.

2. Aneka Lauk Rumahan

Sudah banyak cerita ibu rumah tangga yang tadinya cuma iseng-iseng masak tapi ternyata banyak yang suka dengan masakannya. Kalau kamu salah satunya, coba deh seriusin kemampuan masakmu untuk menjadikannya sebagai bisnis.

Selain mendatangkan cuan buat kamu, ini juga banyak membantu ibu-ibu yang tak punya waktu untuk masak tapi ingin keluarganya tetap makan sehat dan enak.

Dengan modal usaha 10 juta, kamu bisa membuat berbagai macam hidangan dengan memanfaatkan peralatan dapur yang sudah ada. Kemudian, manfaatkan momen arisan, pengajian, acara di kantor suami, atau antar anak ke sekolah untuk mempromosikan dagangan kamu. Kalau cocok, pasti akan ada banyak yang tertarik memesan.

3. Toko Kue

Mirip dengan ide sebelumnya, kalau kamu jago baking dan bisa menyulap tepung plus telur menjadi aneka kue yang menggiurkan, beneran seriusin deh!

Bisnis makanan adalah salah satu yang nggak ada matinya. Sekali pasarnya sudah terbentuk, mereka nggak akan ragu untuk repeat order bahkan minta dibuatkan spesial saat ada acara. 

Baca Juga  8 Ide Bisnis Fashion yang Menguntungkan dan Cara Tepat Memulainya

4. Produk Kecantikan

Rasanya bakal lebih ringan dan menyenangkan kalau dagangan yang dijual adalah produk-produk yang juga kita sering gunakan. Sebagai kaum hawa, produk kecantikan adalah salah satunya.

Untuk memulainya, kamu bisa menggunakan jasa maklon untuk menciptakan brand sendiri atau mencoba opsi yang lebih murah modalnya dengan menjadi reseller atau dropshipper produk-produk kecantikan yang sudah terkenal.

Selebihnya, kamu bisa mengoptimalkan penjualan menggunakan media sosial, marketplace, atau komunitasmu.

5. Produk Fashion

Selain kuliner, produk fashion juga nggak ada matinya. Malah rasanya hampir setiap pekan ada saja model-model baru yang dikeluarkan. Uniknya lagi, produk ini selalu diminati pembeli. Mereka rela beli, beli, dan beli lagi supaya style-nya tetap up to date.

Sebagai ibu rumah tangga yang teliti, kamu bisa memanfaatkannya untuk memulai bisnis. Namun, supaya lebih fokus dan mudah membangun image, coba pilih salah satu lini fesyen yang akan  digarap. Misalnya baju bayi dan anak-anak, pakaian muslim dan hijab, home dress, atau baju kantoran.

Kalau ada modal lebih, kamu bisa membuat semuanya mulai dari nol dan memasang brand sendiri. Tapi kalau masih pemula, MOFI sarankan untuk menjadi reseller dulu sambil cek ombak. Nanti kalau modalnya sudah terkumpul dan kamu bisa memahami pasar, baru deh luncurkan brand sendiri!

6. Tanaman Hias

Berkebun kembali menjadi aktivitas yang digemari banyak orang. Alasannya beragam, ada memang hobi sampai untuk healing. Apapun itu, ini adalah kesempatan bisnis yang menarik. 

Dengan modal usaha 10 juta bahkan kurang, kamu bisa memulai bisnis tanaman hias mulai dari pekarangan rumah. Kamu bisa mulai dari tanaman hias yang sedang populer seperti monstera dan sansevieria atau tanaman yang perawatannya mudah seperti tumbuhan sukulen (kaktus).

7. Kursus Online

Kamu punya ilmu atau keahlian khusus yang dapat bermanfaat untuk orang lain? Kalau iya, kamu bisa membuka bisnis kursus online untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Misalnya memberikan kursus Bahasa Jerman untuk mereka yang akan melanjutkan studi atau bekerja di sana.

Semakin spesifik materi yang kamu tawarkan, biayanya bisa semakin tinggi. Selain itu, keunggulan lain dari usaha ini adalah fleksibilitas waktu. Tapi ingat, kamu perlu menyiapkan modul belajar dan kemampuan mengajar yang baik supaya siswa benar-benar mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga  Manajemen Keuangan: Definisi, Fungsi, dan Cara Mengelolanya

Terlepas dari urusan duit, siapa sih yang nggak suka berbagi berkah lewat ilmu yang bermanfaat? Dengan begitu, kemampuanmu tetap tajam dan rejeki mengalir deras.

8. Digital Agency

Memiliki kemampuan digital marketing di zaman ini memang sungguh-sungguh bermanfaat. Kamu mungkin tidak menguasai seluruhnya, tapi dengan menggandeng rekan-rekan yang ahli di bidang ini atau merekrut freelancer andal bisa membantumu membuka digital agency sendiri.

Scope pekerjaannya pun sangat luas. Mulai dari jasa penulisan artikel, pembuatan desain grafis dan video untuk media sosial, optimasi website, produksi voice over, dan banyak lainnya. Kamu bisa ambil beberapa yang memang menjadi keahlianmu dan supaya lebih fokus menggarapnya.

Usaha ini pun bisa kamu mulai dengan modal 10 juta atau kurang asal sudah punya laptop atau media kerja yang dibutuhkan.

9. Konselor Parenting

Pernah dengar istilah diploma Montessori, read aloud trainer, konselor laktasi, atau certified financial planner nggak? Nah, saat ini tersedia berbagai program kursus atau sertifikasi yang bisa membuatmu mengantongi lisensi untuk menjadi seorang konselor.

Dengan modal yang kamu miliki, kamu bisa berinvestasi untuk mengikuti pelatihan yang diadakan oleh organisasi profesi konselor terkait. Setelah dinyatakan lulus, kamu bisa mendapatkan sertifikat atau lisensi yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagi ilmu dan keahlian.

10. Usaha Jastip

Buat kamu yang suka belanja dan datang ke event pameran, hobi ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha jastip alias jasa titip. Pasalnya, tidak semua orang bisa datang langsung ke sana karena lokasinya terlalu jauh atau tidak punya waktu luang.

Keuntungan bisnis ini, bisa kamu dapatkan dari fee jastip yang dibebankan ke konsumen. Jadi mereka akan membayar harga produk plus fee jastipnya.

Gimana menarik banget kan ide usaha modal 10 juta Rupiah di atas? Meski banyak menghabiskan waktu di rumah mengurus keluarga, kamu tetap bisa bermimpi dan berdaya seperti wanita-wanita karier yang kerja di gedung bertingkat.

Maka dari itu, jangan pernah berkecil hati karena kamu juga sama hebatnya! 

Untuk mewujudkan impianmu, MOFI hadir melalui Pembiayaan Jaminan Properti yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan jaminan properti. Syaratnya mudah dan prosesnya cepat selagi semua dokumennya sudah lengkap. Untuk cek informasi selengkapnya, klik di sini!

You may also like