Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 7 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Pemasukan Tambahan

7 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Pemasukan Tambahan

by Galih Nugraha
usaha sampingan modal kecil

Di era serba canggih seperti sekarang ini, peluang untuk memulai usaha sampingan modal kecil semakin terbuka lebar. Hanya berbekal internet dan smartphone, kamu bisa merintis bisnis sendiri tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar.

Usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa kamu pilih juga sangat beragam, bisa disesuaikan dengan minat dan keahlian yang kamu punya. 

Dengan memulai bisnis, kamu tidak hanya mendapat pemasukan tambahan, tetapi juga membantu mengembangkan keahlian baru, membangun dan memperluas jaringan, bahkan membuka peluang untuk menjadi pengusaha sepenuhnya di masa depan.

Ide Usaha Sampingan Modal Kecil yang Bisa Dicoba

Berikut ini beberapa usaha sampingan modal kecil di tahun 2024 yang bisa kamu coba untuk mendapat penghasilan ekstra: 

1. Laundry

Bisnis laundry merupakan salah satu usaha sampingan yang memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan jasa laundry yang semakin meningkat, terutama di wilayah perkotaan dengan tingkat kesibukan yang tinggi.

Kamu tidak harus mengeluarkan modal besar untuk dapat menggeluti bisnis ini, bergantung pada skala bisnisnya. Tak hanya itu, usaha laundry juga tidak memerlukan keahlian khusus, sehingga mudah dipelajari dan dijalankan oleh siapa saja. 

2. Toko kelontong

Usaha sampingan modal kecil selanjutnya adalah membuka toko kelontong. Meski telah banyak gerai minimarket, toko kelontong tetap menjadi jenis usaha yang menguntungkan, terutama di komplek perumahan. 

Ini karena masyarakat selalu membutuhkan barang sembako, apalagi jika kamu menawarkan harga yang terjangkau. Supaya bisa meningkatkan penjualan, kamu dapat memberi promo atau penawaran lain yang menarik. 

Misalnya, gratis antar untuk minimal pembelanjaan, atau ada diskon untuk nominal belanja tertentu. Beberapa barang yang harus ada di toko kelontong yaitu beras, telur, kopi, gula, teh, minyak goreng, mi instan, tepung terigu, dan barang sembako yang lainnya. 

3. Katering

Katering juga menjadi ide bisnis rumahan dengan modal kecil yang menawarkan keuntungan yang menjanjikan. Tak heran jika bisnis satu ini banyak dipilih oleh ibu rumah tangga yang hobi memasak. 

Baca Juga  Memulai Bisnis Properti: Ragam Tips, Keuntungan dan Risiko, hingga Contohnya

Bukan tanpa alasan, makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang wajib terpenuhi, sehingga bisnis satu ini tidak akan mati.

Terlebih, sekarang ini kamu bisa memvariasikan bentuk bisnis katering sesuai kebutuhan. Misalnya, katering khusus untuk jenis diet tertentu, vegetarian, menu sehat harian untuk keluarga, atau menu makanan khusus untuk bayi yang sudah MPASI dan anak-anak. 

4. Jasa titip (jastip)

Tingginya minat belanja masyarakat akan barang-barang baru dan unik membuat jasa titip atau jastip menjadi usaha sampingan modal kecil di tahun 2024 yang sangat tinggi peminatnya. 

Terutama untuk kamu yang hobi bepergian, baik ke destinasi dalam negeri maupun internasional. 

Jasa titip sendiri bisa banyak macamnya, seperti makanan khas, pakaian, pernak-pernik unik, sepatu, tas, serta produk kosmetik, skincare, dan perawatan tubuh. Sering kali, jastiper (sebutan untuk orang yang menawarkan jasa titip) akan menawarkan jasa di sosial media.

5. Jahit pakaian

Memiliki keahlian menjahit pakaian juga dapat menjadi ladang bisnis sampingan. Modal yang dibutuhkan pun tidak besar. Biasanya, jasa jahit pakaian sangat dicari saat momen seperti wisuda, pernikahan, atau tahun ajaran baru sekolah. 

Namun, tak hanya menjahit kain menjadi pakaian yang siap pakai, kamu juga dapat menawarkan layanan lain, seperti permak levis, mengecilkan pakaian, memasang kancing, resleting, memotong celana, dan memasang payet untuk gaun. 

6. Minuman kekinian

Usaha sampingan modal kecil selanjutnya yang tidak kalah populer adalah menjual minuman kekinian. Kamu pastinya menyadari kalau ada banyak sekali gerai minuman baru yang menawarkan berbagai menu. Misalnya, minuman es krim dan boba, teh manis kekinian, dan masih banyak lagi.

Selain minuman boba dan teh, kamu pun dapat berkreasi dengan variasi kopi. Misalnya, campuran kopi dengan susu rendah lemak, kopi dengan kelapa, atau kopi dengan aroma buah yang segar. 

Baca Juga  Pentingnya Analisis Usaha, Bisa Cegah Kebangkrutan?

7. Franchise makanan

Selain minuman kekinian, di tahun 2024 ini juga semakin banyak orang yang memilih untuk berbisnis franchise atau waralaba makanan. Contoh mudahnya adalah ayam bumbu krispi, nasi mangkok siap santap, atau camilan street food ala Korea dan Jepang. 

Siapa sangka, franchise makanan memang menjadi pilihan usaha sampingan modal kecil yang menguntungkan. Besar modalnya juga bisa kamu tentukan sendiri sesuai dengan kondisi finansial. Menariknya lagi, kamu dapat langsung mengoperasikan bisnis ini, karena biaya modal untuk usaha franchise biasanya sudah termasuk kedai, gerobak, bahan, hingga pegawai. 

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi usaha sampingan modal kecil yang banyak dipilih di tahun 2024 ini. Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya? Apapun jenis usaha yang kamu geluti, pastikan kamu selalu memiliki rencana dan strategi bisnis yang matang, dan solusi yang tepat jika menemui kendala. 

Selain itu, kamu juga harus disiplin, tekun, dan tidak mudah menyerah. Bisnis yang kamu jalani mungkin tak langsung berhasil, tidak selalu memberikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Namun, jika kamu terus berusaha keras dan berinovasi, bulan tidak mungkin kesuksesan akan segera menyambut. 

Soal modal, kamu bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman dengan MoTunai dari MOFI, mitra andalan untuk pembiayaan apa saja dengan jaminan BPKB mobil kamu. MOFI juga pasti aman karena telah mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kamu bisa mendapatkan pencairan dengan nilai maksimal sesuai dengan jaminan yang kamu ajukan. Syaratnya pun tidak rumit, hanya perlu melampirkan KK, KTP, dan STNK. Yuk, ajukan pinjaman di MOFI sekarang! 

You may also like