Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 9 Ide Usaha Rumahan Kreatif di Tahun 2024 yang Menguntungkan

9 Ide Usaha Rumahan Kreatif di Tahun 2024 yang Menguntungkan

by Galih Nugraha
ide usaha rumahan kreatif

Tahun 2024 membawa peluang baru bagi para entrepreneur yang ingin memulai usaha mereka sendiri. Di tengah perkembangan teknologi dan perubahan tren pasar, ada banyak peluang dan ide usaha rumahan kreatif yang semakin diminati karena menawarkan fleksibilitas, modal yang relatif kecil, dan potensi keuntungan yang menjanjikan.

Namun, memulai bisnis rumahan tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu perlu mengembangkan ide kreatif, rencana dan strategi yang matang, dan disiplin serta ketekunan untuk bisa mencapai kesuksesan. 

Inilah sebabnya, kamu sebaiknya memilih ide usaha rumahan yang sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Menguntungkan

Apakah kamu sedang berniat untuk membuka usaha kecil ala rumahan untuk mendapat pemasukan tambahan? Berikut ini beberapa rekomendasi ide usaha rumahan kreatif yang bisa kamu coba: 

1. Affiliate marketing

Tren belanja online sedang sangat digandrungi beberapa waktu terakhir. Ternyata, kamu bisa mendapatkan cuan tanpa harus membeli produk lalu menjualnya kembali. 

Cukup dengan membantu promosi produk dari penjual melalui akun sosial media milikmu, atau sebutan lainnya adalah affiliate marketing. 

Apabila terjadi transaksi melalui link produk yang kamu promosikan, kamu bisa mendapat komisi dari hasil penjualan tersebut. Besar komisinya bergantung pada harga atau jenis barang yang kamu tawarkan, ya! Tidak perlu banyak modal, kamu hanya perlu aktif dalam memasarkan produk. 

2. Katering

Kalau punya hobi memasak, membuka bisnis katering bisa menjadi salah satu ide usaha rumahan kreatif yang cukup menguntungkan. Terutama bagi orang yang tidak sempat memasak. 

Bentuk usaha katering ini juga bisa kamu variasikan, misalnya menawarkan menu khusus vegetarian atau menu khusus untuk jenis diet tertentu. 

Bisnis katering termasuk jenis yang tidak lekang oleh waktu, terutama untuk makanan sehat. Sebab, makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus terpenuhi, dan sekarang ini kesadaran masyarakat akan pola makan dan menu makanan sehat pun semakin tinggi. 

3. Admin media sosial

Sementara itu, kalau punya hobi main sosial media atau sangat peka dengan trend saat ini, kamu bisa mencoba peruntungan dengan menjadi admin media sosial. 

Baca Juga  Apa Itu Investasi: Definisi, Jenis Instrumen, dan Bagaimana Memulainya

Profesi ini sedang tinggi peminatnya, terutama perusahaan besar yang baru berkembang dan bergerak ke arah digitalisasi. Sebagai admin media sosial, kamu harus mampu membuat konten yang menarik, baik dalam bentuk visual maupun tulisan. 

Selain itu, kamu juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten, membuat content plan, dan membalas semua komentar yang masuk di setiap postingan. 

4. Jasa desain grafis

Sekarang ini, kamu tidak harus mempunyai keahlian yang mumpuni untuk bisa menjadi seorang desainer grafis. Terlebih dengan banyaknya dukungan aplikasi berbasis desain yang bisa kamu manfaatkan untuk menawarkan jasa sebagai desainer grafis. Target pasar untuk ide usaha rumahan kreatif ini juga sangat luas, mulai dari usaha kecil hingga perusahaan besar untuk tujuan branding.  

5. Jahit pakaian

Apabila kamu mengikuti trend dan gaya fashion sekarang ini, jahit pakaian dapat menjadi alternatif ide usaha rumahan kreatif di tahun 2024 yang cukup menjanjikan. Terutama, bisnis ini juga memerlukan keahlian khusus yang tidak semua orang memilikinya. 

Sering kali, jasa jahit pakaian akan sangat dibutuhkan untuk momen tertentu, seperti tahun ajaran baru, wisuda, hingga pernikahan. Selain menjahit kain menjadi pakaian jadi, kamu juga bisa mengembangkan usaha kecil ini dengan menawarkan layanan lainnya. 

Misalnya, mengecilkan ukuran, menambah kancing, payet, atau resleting, hingga menyewakan pakaian yang kamu jahit sendiri. 

6. Makeup artist (MUA)

Jasa perias pun dapat menjadi rekomendasi ide usaha rumahan kreatif lainnya yang menguntungkan. Bahkan, bisnis satu ini tidak memerlukan modal yang besar, dan kamu bisa bekerja sesuai waktu yang disepakati. 

Namun, tidak hanya menguasai teknik riasan yang sesuai dengan bentuk wajah, kulit, dan kebutuhan lainnya, kamu juga harus tahu jenis makeup dan kombinasinya supaya bisa mendapatkan hasil riasan yang sempurna. 

7. Asisten virtual

Ide usaha rumahan kreatif selanjutnya adalah menjadi asisten virtual. Jenis usaha ini pas untuk kamu yang punya banyak pengalaman dalam perencanaan. Tugas utama seorang asisten virtual adalah membantu klien menyelesaikan berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi dalam jarak jauh atau remote dan online. 

Baca Juga  Usaha Modal 10 Juta? Ini Ide yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Bentuk tugas yang nantinya akan kamu kerjakan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien. Misalnya, mengurus dan merespon email, memasukkan data, melakukan riset, admin untuk sosial media, menjadi narahubung, hingga membuat rencana untuk operasional. 

8. Jasa pembuatan website

Jasa pembuatan website memiliki peluang yang cukup menjanjikan, terutama di era digital seperti saat ini yang membuat perusahaan maupun pelaku bisnis beranggapan bahwa website menjadi hal yang wajib ada untuk mengembangkan usaha. 

Selain itu, bisnis baru, baik skala kecil, menengah, hingga besar yang semakin berkembang membuat kebutuhan akan website akan semakin tinggi. Kamu bisa menawarkan jasa membuat website baru atau menjual beberapa template website yang sudah pernah kamu buat. Sebab, tak jarang pelaku bisnis UMKM memerlukan website yang langsung dapat digunakan untuk promosi produk mereka. 

9. Blogger

Menjadi penulis blog atau blogger merupakan ide usaha rumahan kreatif yang sangat populer beberapa waktu terakhir ini. Seringnya, orang-orang yang baru memulai usaha ini memilih niche atau tema khusus sebagai langkah awalnya, misalnya makanan, traveling atau wisata, produk tertentu, otomotif, teknologi, kesehatan, hingga kecantikan dan gaya hidup. 

Namun, apabila kamu ingin membuat blog yang dapat memberikan pemasukan tambahan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa memasang iklan, menulis konten yang membahas produk endorse atau konten berbayar, hingga menyematkan tautan afiliasi pada postingan blog yang kamu tulis. 

Nah, itu tadi beberapa ide usaha rumahan kreatif yang bisa kamu coba untuk mendapat pemasukan ekstra. Jangan khawatir soal modal, kamu bisa dengan mudah mengajukan pinjaman di MOFI, mitra andalan untuk pembiayaan apapun dengan jaminan BPKB mobil kamu.

MOFI menjamin semua data kamu akan aman karena telah mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, persyaratannya juga sangat mudah, cukup dengan KK, STNK, dan KTP, kamu bisa mendapatkan pinjaman maksimal untuk jaminan yang kamu berikan. Butuh modal untuk bisnismu? Percayakan saja pada MOFI!

You may also like