Moladin Mofi Artikel

Home » Pinjaman » Ini Dia! Benefit Pinjaman Gadai Apartemen dan Cara Mengajukannya!

Ini Dia! Benefit Pinjaman Gadai Apartemen dan Cara Mengajukannya!

by Ahmad Yusuf
Gadai Apartemen

Saat ini, banyak sekali pilihan pinjaman yang cepat dan mudah proses pencairannya. Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam aset sebagai jaminan, mulai dari kendaraan, perhiasan, hingga melakukan gadai apartemen.

Sebagai salah satu aset properti, tentunya menjaminkan apartemen bisa memberikanmu pembiayaan yang cepat dengan nominal yang besar, lho!

Penasaran dengan manfaat dan cara mengajukan pinjamannya? Di artikel ini, kita akan membahasnya secara lebih mendalam.

Manfaat Pinjaman Gadai Apartemen

Sebenarnya, apa saja manfaat yang bisa didapat dari melakukan gadai apartemen? Yuk, simak poin-poin berikut ini:

1. Proses Pencairan Uang yang Cepat

Keuntungan pertama yang bisa didapat dari gadai apartemen adalah akses terhadap uang pinjaman menjadi lebih mudah dan cepat.

Apartemen merupakan aset yang cenderung memiliki daya jual yang tinggi. Di samping itu, apartemen juga terkenal dengan reputasinya sebagai bentuk investasi yang sangat menjanjikan.

Dengan begitu, kreditur umumnya akan cepat menyetujui proses pengajuan pinjaman karena kamu memiliki aset yang berharga sekaligus dapat diperhitungkan sebagai jaminan.

2. Suku Bunga Lebih Rendah

Salah satu faktor yang menentukan penetapan suku bunga pada suatu pinjaman adalah dengan memperhitungkan nilai dan juga status agunan.

Pada dasarnya, pinjaman dengan jaminan seperti properti akan memiliki suku bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman tanpa jaminan seperti pinjaman online.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, apartemen merupakan salah satu investasi properti terbaik dengan daya jual yang tinggi.

Menjaminkan apartemen akan mengurangi risiko bagi kreditur, sekaligus memberikan keamanan dan kepercayaan untuk mereka. Maka dari itu, suku bunga yang dikenakan bisa lebih rendah dan kompetitif.

3. Positif Untuk Kredit Skor

Jika kamu mengajukan pinjaman dengan jaminan properti, serta konsisten melunasi angsuran secara tepat waktu, hal tersebut akan meningkatkan kredit skormu.

Kredit skor yang tinggi akan membuat riwayat dan reputasimu menjadi positif. Pasalnya, hal tersebut merupakan bukti bahwa kamu memiliki kedisiplinan yang baik.

Baca Juga  Apa itu Bisnis Online? Ini Definisi, Manfaat, dan Cara Memulainya

Jadi, jika sewaktu-waktu kamu ingin mengajukan pinjaman kembali di masa depan, kreditur akan lebih mempermudah proses peminjamanmu ke depannya. 

4. Nominal Pinjaman yang Lebih Besar

Secara umum, setiap lembaga pemberi pinjaman akan menawarkan total pinjaman yang berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan dan nilai agunan yang kamu ajukan.

Untuk jenis agunan properti seperti apartemen, nilai jual apartemen yang tinggi sebagai jaminan akan memungkinkan kreditur untuk menawarkan nominal yang lebih besar.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan uang pinjaman untuk kebutuhan lebih banyak dan besar, seperti dana untuk modal usaha, investasi, hingga biaya pendidikan.

5. Pilihan Tenor dan Angsuran yang Fleksibel

Pada umumnya, nominal pinjaman dan nilai jaminan yang besar akan berpengaruh pada pilihan tenor dan angsuran yang lebih bervariasi.

Untuk memudahkan debitur membayar angsuran, kreditur menawarkan jangka waktu pembayaran yang lebih panjang dan fleksibel untuk pinjaman dengan nilai jaminan yang lebih besar.

Salah satu sistem pembayaran yang biasanya ditawarkan oleh kreditur untuk calon peminjam dana dengan jumlah pinjaman yang besar adalah balloon payment.

Balloon payment adalah sistem pembayaran kredit dengan angsuran yang ringan di awal dan pembayaran sekaligus dalam jumlah besar pada akhir jangka waktu pinjaman.

Bagi beberapa orang, sistem pembayaran ini akan memberikan fleksibilitas yang baik karena dapat menurunkan biaya angsuran dalam jangka pendek.

Cara Mengajukan Pinjaman Gadai Apartemen di  MOFI

gadai apartemen

Mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat apartemen mengikuti proses yang mirip dengan pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Syarat Pengajuan Pembiayaan Jaminan Apartemen

Berikut adalah persyaratan untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan apartemen di MOFI.

  1. WNI (Warga Negara Indonesia)/Perseroan Terbatas (PT).
  2. Untuk individu: Usia min. 21 tahun, maks. 60 tahun ketika pengajuan & 65 tahun ketika pelunasan. Profesi wiraswasta (minimal lama usaha 2 tahun)/profesional/karyawan.
  3. Untuk PT minimal telah berdiri 2 tahun.
  4. Memiliki aset properti untuk jaminan seperti rumah, ruko, rukan, apartemen, dll (tidak termasuk tanah kosong/kavling).
  • Syarat Pengajuan Pembiayaan
Baca Juga  10 Tips Membangun Usaha Warung Sembako yang Sukses

Berikut adalah dokumen yang diperlukan untuk pengajuan pinjaman dengan jaminan apartemen di MOFI:

Perorangan:

  1. Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), dan Akta Pernikahan (jika sudah menikah)
  2. Sertifikat (SHM/SHGB/SHMSRS), IMB/PBG, serta PBB
  3. Rekening koran/slip gaji 3 bulan terakhir
  4. Salinan NPWP
  5. Legalitas usaha

Badan Usaha:

  1. Akta Pendirian sampai dengan Akta Perubahan Terakhir beserta SK Menkumham
  2. KTP Pengurus (Direktur dan Komisaris) dan pemegang saham
  3. Sertifikat (SHM/SHGB/SHMSRS), IMB/PBG, serta PBB
  4. Laporan keuangan 2 tahun terakhir
  5. Rekening koran 3 bulan terakhir
  6. Salinan NPWP
  7. Legalitas usaha
  • Cara Pengajuan Pembiayaan Jaminan Apartemen

Berikut adalah langkah mudah dan cepat untuk mendapatkan pinjaman dengan jaminan apartemen di MOFI.

  1. Siapkan data diri/perusahaan serta jaminan (sertifikat atau dokumen apartemen), lalu isi form pengajuan di sini.
  2. Kami akan menghubungimu untuk konsultasi nominal pinjaman, produk, skema angsuran dan tenor pinjaman.
  3. Aset yang yang diajukan sebagai jaminan akan dinilai oleh tim dari MOFI.
  4. Pengajuanmu akan diproses secepatnya selama data yang dikirimkan lengkap.
  5. Akan dilakukan akad pembiayaan dan pengikatan jaminan jika kesepakatan telah dilakukan.
  6. Setelah semua proses selesai, dana siap dicairkan.

Setelah mempelajari cara dan kemudahan melakukan gadai apartemen, apakah kamu semakin yakin untuk menjaminkan apartemen milikmu?

Kalau iya, jaminkan saja di MOFI!

Selain prosesnya yang cepat dan mudah, kamu juga bebas memilih skema angsuran dan tenor hingga jangka waktu 5 tahun, lho!

Jika kamu berminat, yuk pelajari dulu program pembiayaan jaminan properti di MOFI! Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

You may also like