Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 7 Usaha Online Modal Kecil, Bisa Mulai dari Sekarang!

7 Usaha Online Modal Kecil, Bisa Mulai dari Sekarang!

by Ahmad Yusuf
usaha online modal kecil

Tak mesti lahir dari keluarga konglomerat untuk membangun sebuah bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi digital di zaman ini, kamu bisa memulai usaha online dengan modal kecil, bahkan dari rumah. 

Berikut ini adalah 7 ide jualan online buat pemula yang bisa dijadikan inspirasi. Hasilnya lumayan banget untuk ditabung!

Rekomendasi Usaha Online dengan Modal Kecil

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi ide usaha online modal kecil yang bisa kamu perhatikan. Cocok buat kamu yang sedang cari side hustle! 

1. Makanan Siap Santap

Makan adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Sayangnya, tidak semua orang punya banyak waktu untuk menyiapkan makanannya sendiri. Mereka lebih suka beli makanan siap santap karena lebih praktis dan hemat waktu.

Kalau hobi masak, peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk memulai usaha online dengan modal kecil. Misalnya dengan membuat frozen food, katering sehat untuk makan siang, kudapan, atau yang lainnya.

Untuk pemasarannya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi online food delivery (OFD) yang banyak peminatnya.

2. Pakaian Wanita

Wanita memang tidak bisa dipisahkan dengan fesyen. Fenomena fast-fashion pun membuat kaum hawa selalu mencari model teranyar. Maka tak heran kalau lini bisnis yang satu ini memang tak ada matinya.

Bagi pelaku bisnis, tentu ini adalah peluang menarik. Kamu bisa menjual berbagai fashion item mulai dari baju kantor, pakaian olahraga, busana muslim, atau aksesoris pendukung lainnya.

Bakal lebih eksklusif kalau kamu punya brand sendiri. Tapi kalau mau jadi reseller dulu sambil cek ombak, boleh juga lho!

3. Skincare

Setelah fesyen terbitlah skincare. Karena apalah arti fashion item mentereng kalau perawatan diri belum maksimal.

Apalagi sekarang ini banyak tren skincare Korea hingga Eropa yang menawarkan berbagai manfaat menggiurkan. Peminatnya pun tak main-main, mulai dari remaja sampai orang dewasa, baik perempuan maupun laki-laki.

Nah, untuk masuk ke bisnis ini kamu bisa mulai dengan  menjadi reseller skincare ternama atau membuat produk sendiri. Pastikan kamu tahu betul siapa target pasarmu karena persaingannya lumayan ketat.

Baca Juga  Apakah Bisnis Franchise Menguntung? Pelajari Keuntungan, Risiko, Cara Kerja, dan Contohnya

4. Perlengkapan Bayi

Meskipun terlihat sangat segmented, peluang usaha perlengkapan bayi punya tiga keunggulan yang tidak dimiliki lini bisnis lainnya.

Pertama, target pasarnya bukan hanya orangtua tapi juga orang-orang yang mencari perlengkapan bayi sebagai kado. 

Kedua, bayi tumbuh dengan cepat sehingga orangtua akan membeli produk baru mengikuti pertumbuhan si kecil. 

Ketiga, kebanyakan pembelinya adalah emotional shoppers, mereka bisa melakukan pembelian karena alasan ‘produknya lucu’. 

5. Perabotan Rumah Tangga Estetik

Perabotan rumah tangga termasuk kategori produk tak kenal musim. Maksudnya, permintaan terhadap produk ini selalu ada sepanjang tahun. Terlebih lagi, saat ini banyak orang yang tergoda untuk menjadikan huniannya terlihat estetik dan nyaman ditinggali.

Suppliernya pun cukup mudah ditemukan, mulai dari pengrajin lokal hingga importir. Tinggal disesuaikan saja dengan target pasarmu.

6. Jasa Pembuatan Konten Digital

Peluang usaha online yang satu bisa kamu mulai dengan modal kecil bahkan tanpa modal. Melainkan mengandalkan kemampuanmu.

Misalnya jasa desain grafis untuk sosial media, animasi video, atau content writing untuk artikel blog. Dengan mengandalkan keahlian dan tools yang kamu punya, ide bisnis ini bisa langsung dieksekusi sekarang juga!

7. Marchandise

Mulai hari ini kamu sebaiknya tidak memandang bisnis merchandise dengan sebelah mata. Pasalnya usaha online yang satu ini punya prospek yang sangat menjanjikan. 

Apalagi kalau produknya berkaitan dengan public figure atau karakter tertentu, misalnya idol K-Pop.

Penggemarnya tidak akan segan merogoh kocek dalam untuk membeli barang-barang yang ada kaitannya dengan tokoh atau idola favoritnya. Kalau nggak percaya, buktikan deh!

Kiat Sukses Usaha Online dengan Modal Kecil

Selain tekun dan sabar, kamu juga butuh strategi untuk sukses menjalankan bisnis online. Berikut ini ada beberapa tips jitu yang bisa kamu terapkan.

Baca Juga  Riset Pemasaran: Kenapa Penting dan Bagaimana Cara Melakukannya?

1. Tonjolkan Unique Selling Point

Setelah tahu pasti produk apa yang akan dijual, pastikan kamu mengetahui keunggulan spesifik yang kamu miliki tapi tidak dimiliki pedagang lainnya. 

Misalnya harga, kualitas produk, kecepatan pelayanan, atau fitur lain yang membuat produk/jasamu beda dari pesaing.

2. Pilih Platform yang Tepat

Saat memutuskan jualan online, tentu kamu harus tahu platform mana yang tepat. Apakah itu marketplace, website, media sosial, atau layanan jasa antar. 

Pilih satu atau beberapa platform yang sesuai dengan jenis produk dan target pasarmu. 

3. Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Saat nyemplung ke dunia bisnis online, memanfaatkan media sosial untuk promosi adalah wajib hukumnya. 

Kamu bisa membuat konten yang informatif dan interaktif untuk menarik atensi calon pelanggan.

4. Gunakan Fitur Ads untuk Mendorong Penjualan

Untuk menjangkau target pasar yang lebih luas, kamu mungkin perlu mengoptimalkan fitur Ads alias online advertising

Cara ini efektif untuk membuat semakin banyak orang notice bahkan aware dengan produk yang kamu tawarkan. Ini juga bisa meningkatkan lead bahkan penjualan produk.

5. Manfaatkan Pinjaman Modal Kerja

Terakhir tapi tak kalah penting. Kalau kamu sudah memperhitungkan segala peluang dan risiko bisnis yang kamu jalani, tidak ada salahnya mempertimbangkan pinjaman modal kerja untuk mengembangkan bisnis.

Sebagai perusahaan pembiayaan yang menyediakan layanan keuangan, MOFI adalah pilihan tepat bagi kamu yang membutuhkan modal kerja. Prosesnya mudah, cepat, dan aman. Kamu tak perlu khawatir karena MOFI telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas  Jasa Keuangan. Selain itu, kamu bisa mendapatkan sistem pembiayaan yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan.

Gimana siap untuk memulai usaha online kamu? Yuk, pelajari produk pinjaman MOFI untuk modal awal usaha kamu di sini!

You may also like