Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » Pengertian dan Jenis Wirausaha, Kunci Memulai Bisnis yang Sukses

Pengertian dan Jenis Wirausaha, Kunci Memulai Bisnis yang Sukses

by Ahmad Yusuf
jenis wirausaha

Pastikan kamu tahu apa saja jenis wirausaha sebelum memulai mencoba untuk berbisnis.  Pasalnya, ada banyak sekali keuntungan menjadi pebisnis yang bisa didapatkan.

Misalnya, mulai dari waktu yang fleksibel hingga mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada gaji bulanan karyawan biasa. 

Nah, sebelum mengetahui apa saja jenis wirausaha yang bisa kamu coba, ketahui dulu soal pengertian dari wirausaha di bawah ini, ya!

Pengertian Wirausaha

Wirausaha, atau sebutan lainnya adalah pebisnis, pengusaha, dan entrepreneur, adalah individu yang memiliki kemampuan untuk menciptakan, mengelola, dan mengembangkan usaha. 

Mereka tidak hanya mempunyai ide-ide bisnis yang cemerlang, tetapi juga memiliki keuletan, kegigihan, dan tekad untuk mewujudkan idenya menjadi kenyataan.

Wirausaha bukan hanya tentang mencari keuntungan semata. Lebih dari itu, profesi ini juga tentang menciptakan nilai, memberikan solusi, dan membuat perubahan yang positif bagi masyarakat. 

Bahkan, di era modern ini, wirausaha tidak hanya menjadi pilihan karier, tetapi juga menjadi kunci bagi kemajuan ekonomi dan sosial.

Jenis Wirausaha

Menentukan model bisnis yang tepat juga memiliki pengaruh terhadap keberhasilan bisnis tersebut pada masa depan. Banyaknya pilihan bisnis yang bisa dilakukan tanpa perlu modal besar sering kali membuat pengusaha pemula terlihat “sembarangan” dalam menentukan pilihan bisnis yang ingin dijalankan. 

Agar tidak salah pilih, sebaiknya kamu mengetahui apa saja jenis wirausaha yang umum di Indonesia, di antaranya: 

1. Bisnis ritel

Membahas tentang wirausaha, pasti kamu sudah tidak asing dengan istilah ritel pada salah satu fokus bisnisnya. 

Secara umum, ritel bisa dikatakan sebagai usaha perdagangan produk dalam bentuk ecer yang dilakukan dari pihak distribusi secara langsung kepada konsumen. 

Jenis wirausaha ini terbilang cukup aman untuk digeluti oleh pebisnis pemula karena risiko kerugian yang muncul juga cenderung kecil. Seringnya, risiko yang dihadapi hanya berupa persaingan antar pihak ritel. 

Salah satu bentuk usaha ritel yang sukses di Indonesia yaitu jaringan minimarket. Melalui ribuan toko yang letaknya tersebar di seluruh Nusantara, bisnis ritel minimarket ini dapat menghasilkan pemasukan tahunan mencapai lebih dari Rp50 triliun. 

Meski demikian, memulai bisnis ritel minimarket juga tidak bisa dikatakan mudah. Selain modal yang terbilang besar, bentuk usaha satu ini juga menuntut strategi yang matang. 

Baca Juga  5 Cara Mudah Mencari Modal Usaha Awal untuk Bisnis, Temukan Tipsnya di Sini!

Kamu harus dapat melihat peluang untuk dapat mendirikan gerai, apakah lokasi yang kamu pilih ramai orang lalu-lalang, atau apakah belum ada bisnis serupa di lokasimu. 

2. Industri kreatif

Pemerintah selalu mendukung secara penuh generasi muda untuk aktif berpartisipasi dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri kreatif setiap tahunnya. Jenis wirausaha ini bergantung pada kreativitas sebagai fokus yang paling utama. 

Industri kreatif menjadi peluang bisnis yang sangat pas untuk kamu yang masih berusia muda dan memiliki pemahaman yang sangat baik terhadap kebutuhan pasar dan tren saat ini yang sedang naik daun. 

Keunggulan utama menggeluti bisnis di bidang kreatif adalah kebutuhan modal yang tidak terlalu besar ketimbang peluang bisnis lain yang sudah lebih dulu populer di Indonesia. 

Tak hanya itu, peluang usaha ini juga tidak mempunyai aturan atau ketentuan khusus, yang berarti kamu bisa mengembangkan kreativitas dengan bebas melalui hasil karyamu. 

Contoh mudah kesuksesan pengusaha di bidang kreatif bisa kamu lihat dari bisnis yang dikembangkan oleh David Yuwono. 

Dengan modal awal hanya sebesar Rp800 ribu dan menggantungkan bisnis pada kreativitas yang dimilikinya, David secara gemilang mampu mengubah bahan baku kain denim menjadi produk tas yang sangat digandrungi oleh para penikmat fashion saat ini.

Bahkan, David berhasil mengantongi omzet dari bisnis yang digelutinya ini mencapai lebih dari Rp100 juta setiap bulannya. 

Sangat menarik, bukan? Kesuksesan David bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang memiliki kreativitas tinggi dan ingin membuka bisnis sendiri. 

3.  Bisnis digital

Dewasa ini, pemakaian internet telah menjadi salah satu kebutuhan harian yang utama. Tak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat akan hiburan, tetapi juga menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan pemasukan. 

Jika kamu mempunyai keahlian dan minat yang tinggi untuk menggeluti bisnis di bidang digital, membuka perusahaan baru alias startup dapat menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. 

Jenis wirausaha yang sedang sangat populer dalam 10 tahun terakhir ini sebenarnya adalah bentuk bisnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan digital sebagai sentra aktivitas operasionalnya sehari-hari. 

Baca Juga  Transformasi Digital Juga Penting untuk UMKM, Ini Manfaat dan Cara Melakukannya!

Ini termasuk proses transaksi produk maupun jasa, baik antarperusahaan (B2B) maupun dari perusahaan kepada konsumen (B2C).

Saat ini, ada banyak sekali bisnis yang muncul dan berhasil membuka lapangan kerja baru di Indonesia. 

Sebut saja e-commerce yang membuat belanja berbagai kebutuhan menjadi semakin mudah dan perusahaan online ticket agent (OTA) yang menawarkan kepraktisan dan kemudahan dalam membeli tiket perjalanan atau tempat menginap. 

Lalu, kamu juga pasti tidak asing lagi dengan aplikasi transportasi digital, yang membuat perjalanan dari maupun ke mana saja menjadi lebih efisien, minim biaya, bahkan hingga memesan makanan atau mengirimkan barang. 

Semua ini adalah bisnis yang bergerak di bidang digital dan teknologi. 

Akan tetapi, lagi-lagi bukan menjadi hal yang mudah untuk membuka perusahaan sendiri. Terlebih dengan ketatnya persaingan yang membuat pemilik usaha harus mempunyai cara atau strategi yang tepat sehingga bisnis tetap mampu bertahan. 

Misalnya, bagaimana cara terbaik untuk bisa menarik lebih banyak pelanggan, apa saja inovasi yang bisa dilakukan, dan masih banyak lagi.

Tidak kalah pentingnya, modal juga harus dipertimbangkan dengan baik sebelum memulai membuat perusahaan baru.

Sebab, kamu perlu dana yang tidak sedikit, dan tentunya harus memperhitungkan anggaran dengan baik, termasuk sumber pemasukan yang ada sekaligus pengeluaran yang dilakukan terkait operasional perusahaan. 

Akan tetapi, sebenarnya kamu tidak perlu khawatir soal modal karena kamu bisa ajukan pinjaman di lembaga pembiayaan profesional yang kredibel dan terpercaya, salah satunya adalah MOFI. 

Sebagai mitra andalan untuk berbagai kebutuhan pembiayaan, MOFI telah mendapatkan izin dan pengawasan langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Bermodalkan BPKB kendaraan roda empat yang kamu punya, mengajukan pinjaman di MOFI sangat mudah dan tidak memerlukan waktu lama untuk pencairannya. 

Menariknya lagi, MOFI tak hanya menawarkan solusi pinjaman cepat dan terpercaya dengan jaminan BPKB mobil. 

Kamu juga bisa mengajukan pinjaman untuk pembiayaan dan modal dengan jaminan berupa properti. Cepat dan fleksibel, ajukan pinjaman ke MOFI sekarang!

You may also like