Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 14 Ide Jualan Makanan Modal Kecil dan Menguntungkan

14 Ide Jualan Makanan Modal Kecil dan Menguntungkan

by Ahmad Yusuf
ide jualan makanan modal kecil

Kamu tetap dapat menjalankan usaha makanan dengan mengumpulkan modal kecil dan berjualan di depan rumah. Nah, sekarang juga sudah ada berbagai ide jualan makanan modal kecil untuk jadi inspirasi.

Ragam ide jualan makanan modal kecil berikut mulai dari camilan hingga makanan berat yang banyak dicari oleh pembeli dari segala usia. Kamu pun dapat menjualnya dengan harga terjangkau agar semakin banyak peminat.

Cek ragam pilihan ide selengkapnya di artikel berikut ini.

14 Ide Jualan Makanan Modal Kecil

1. Kue kering

Ide jualan makanan modal kecil pertama adalah kue kering, terlebih kalau kamu hobi memasak. Buat kue kering dengan bentuk lucu untuk menarik perhatian. Kamu dapat membungkusnya dalam toples yang menarik serta mudah disimpan. Pastikan kamu membuat rasa kue kering yang beragam. Tentunya promosikan usaha tersebut di media sosial untuk menjangkau lebih banyak orang.

2. Ayam geprek

Ayam goreng crispy yang digeprek dan ditambahkan sambal sekarang jadi favorit banyak orang. Meski banyak usaha franchise, kamu dapat membuat resep dan brand sendiri jika usahamu punya modal kecil. Jual dengan harga terjangkau dan jangan lupa untuk menambahkan nasi serta makanan kecil tambahan seperti tahu, tempe, dan lalapan.

3. Risol mayo

Resep risol mayo sudah dapat kamu temukan di internet dan media sosial. Tinggal pilih resep mana yang cocok untuk kamu dan calon pembeli. Kamu dapat memilih rasa yang populer seperti risol mayo dan smoke beef. Kamu juga dapat membuat variasi risol seperti yang berisi sayur, rogut, atau sosis. Modal usahanya pun tidak terlalu besar, kamu dapat membuat risol mayo ukuran sedang.

4. Donat mini

Donat jadi camilan yang tidak pernah bosan dikonsumsi. Kamu dapat membuat donat ukuran mini sebagai ide jualan makanan modal kecil. Dengan ukuran mini, kamu dapat membuat donat dalam jumlah besar. Tambahkan topping yang beragam mulai dari cokelat, vanila, stroberi, dan tiramisu. Jual di sekitar harga Rp2-4 ribu per donat mini pastinya cukup untuk membawa untung.

Baca Juga  10 Komponen Perencanaan Usaha beserta Pengertian dan Manfaatnya

5. Pisang goreng

Pisang goreng adalah jenis gorengan lain yang juga jadi favorit. Kamu dapat menjual pisang goreng dengan tambahan topping atau selai spesial. Hal tersebut tentunya akan membuat usahamu menarik.

6. Bakso goreng (basreng)

Jajanan asin satu ini bisa jadi ide jualan makanan modal kecil berikutnya. Saat ini basreng hadir dengan beragam bentuk dan rasa. Kamu bisa membuat rasa dan tekstur basreng yang berbeda. Jika biasanya garing, kamu bisa membuat basreng dengan tekstur renyah di luar dan kenyal di dalam. Tambahkan bumbu-bumbu unik seperti bumbu untuk mie instan hingga sambal ijo.

7. Makaroni telur

Sering disingkat jadi maklor, ide jualan makanan modal kecil satu ini pasti diminati anak-anak maupun remaja. Kamu dapat menambahkan bumbu-bumbu seperti bumbu mie instan hingga chili oil untuk menambah nilai jual maklor. Jangan lupa untuk mematok harga terjangkau atau membuat porsi Rp5.000 hingga Rp10.000.

8. Sempol ayam

Ide jualan makanan modal kecil satu ini dapat kamu jual dengan harga seribu hingga dua ribu per tusuk. Sempol ayam juga sudah banyak dijadikan ide usaha, makanya bisa kamu buat jadi lebih unik dengan kreasi bumbu atau rasanya. Kamu juga bisa membuat sempol ayam yang dipotong-potong dan ditambah bumbu kekinian, seperti chili oil, mayones pedas, hingga mentai.

9. Telur gulung

Meski harus menguasai teknik dalam menggulung telurnya, kamu tetap dapat menjadikan ide ini sebagai usahamu. Kamu juga dapat menambahkan tepung aci untuk menambah tekstur pada telur gulung. Tambahkan juga sosis yang diselimuti telur gulung sebagai varian spesial dengan harga yang lebih mahal. Jangan lupa untuk buat bumbu atau saus spesial, ya!

10. Sushi

Alat untuk menggulung nori dan nasi menjadi sushi sudah banyak dijual dengan harga terjangkau. Kamu dapat membuat sushi khas yang sesuai lidah orang Indonesia. Buat ukuran sushi yang mudah dimakan dalam satu lahap. Kamu pun dapat menjualnya dengan harga terjangkau, mulai dari 10 ribu hingga 15 ribu.

Baca Juga  10 Tips Membangun Usaha Warung Sembako yang Sukses

11. Nasi cokot

Jenis nasi ini mirip dengan nasi kepal khas Jepang. Namun, nasi cokot punya pesonanya sendiri dan tentunya cocok dengan lidah orang Indonesia. Kamu dapat memakai beragam protein untuk mengisi nasi cokot. Mulai dari sosis, ayam suwir, abon, telur, tempe, tahu, dan berbagai protein lain. Ide jualan makanan modal kecil ini dapat kamu jual di pagi hari, karena pastinya pelajar dan pekerja kantoran butuh sarapan cepat serta terjangkau.

12. Seblak

Tak perlu dipungkiri lagi seblak menjadi favorit banyak orang. Rasa pedas dan isi yang beragam jadi daya tariknya. Kamu dapat membuat seblak dengan varian rasa spesial untuk menambah keunikan usahamu. Selain itu, tambahkan topping yang tidak biasa agar semakin unik.

13. Salad buah

Salad buah dapat jadi ide jualan makanan modal kecil yang paling menarik. Sebab, kombinasi buah, yoghurt, dan susu kental manis akan memberikan sensasi segar, terlebih dimakan saat musim panas. Kamu dapat menggunakan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, dan stroberi. Harga jualnya pun bisa sampai sekitar Rp15 ribu hingga Rp30 ribu.

14. Crepes

Jajanan kekinian ini dapat kamu jual dengan harga terjangkau dan banyak pilihan topping yang dapat ditambahkan. Selain topping, kamu dapat menambah varian menu crepes dengan es krim. Tentunya agar lebih menarik, kamu dapat membuat bentuk crepes seperti kipas besar atau cone untuk varian es krim. 

Itulah berbagai ide jualan makanan modal kecil yang dapat jadi pilihan usahamu.

Sudah menentukan ide jualan mana yang cocok untukmu, tapi butuh modal usaha? Yuk, manfaatkan layanan pembiayaan jaminan properti dari MOFI.

Proses pencairannya cepat dan fleksibel, serta kamu dapat memilih skema angsuran hingga 5 tahun. 

Pembiayaan jaminan properti dari MOFI dapat menjadi solusi untuk memulai dan mengembangkan usaha modal kecil. Kunjungi halaman ini untuk dapatkan informasi lebih lanjut dan ajukan pinjaman.

Yuk, bangun bisnismu bersama MOFI!

You may also like