Moladin Mofi Artikel

Home » Pinjaman » Ingin Mengajukan Pinjaman dengan Gadai Sertifikat Rumah? Ikuti Panduan Berikut!

Ingin Mengajukan Pinjaman dengan Gadai Sertifikat Rumah? Ikuti Panduan Berikut!

by Ahmad Yusuf
Gadai Sertifikat Rumah

Dalam situasi yang darurat, tidak sedikit orang yang mengambil jalan pintas dengan mengajukan pinjaman dana untuk memenuhi kebutuhan. Salah satunya adalah dengan melakukan gadai sertifikat rumah yang bisa cair dalam waktu 1 hari saja.

Menggunakan jaminan seperti sertifikat rumah tentunya bisa mendapatkan pinjaman yang lebih besar dan memberikan lebih banyak keuntungan bagimu. 

Nah, karena nantinya nominal pinjaman yang kamu dapatkan cenderung besar, sebaiknya ketahui dulu hal-hal penting dalam mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah agar tak salah langkah. 

Yuk, simak baik-baik artikel ini. 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Gadai Sertifikat Rumah

Sebelum mengajukan pinjaman dengan cara gadai sertifikat rumah yang bisa cari 1 hari, ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal penting berikut ini:

1. Pahami Syarat dan Ketentuan Pengajuan

Hal pertama yang terpenting sebelum mengajukan pinjaman adalah dengan memahami terlebih dahulu soal syarat-syarat dan ketentuan yang dibutuhkan.

Pastikan bahwa kamu mengetahui beberapa hal seperti jadwal pembayaran, biaya, denda, suku bunga, atau dokumen yang dibutuhkan. Cek pula apabila ada hal-hal lain yang berkaitan dengan syarat dan ketentuan pinjaman.

2. Pilih Tenor dan Cicilan yang Tepat

Untuk memastikan bahwa kamu menyanggupi membayar angsuran secara tepat waktu, maka pilih jangka dan besaran cicilan yang sesuai dengan kemampuanmu.

Jika memiliki kendala dalam kemampuan membayar dalam waktu yang singkat, alangkah baiknya untuk memilih tenor yang lebih panjang.

Selain untuk memastikan kelancaran pembayaran, memilih jangka tenor dan cicilan yang tepat juga akan membantumu agar terhindar dari denda dan pengurangan skor kredit.

3. Cek Kondisi dan Lokasi Rumah

Hal penting berikutnya yang perlu diperhatikan dari melakukan gadai sertifikat rumah adalah dengan mengetahui  kondisi dan lokasi rumah itu sendiri.

Pada umumnya, kreditur akan memperhitungkan daya jual suatu rumah dari keadaan rumah dan kondisi lingkungan sekitar rumah yang diajukan sebagai jaminan.

Beberapa poin yang menjadi perhitungan di antaranya seperti bahan bangunan, letak rumah, kelayakan, keamanan lingkungan, hingga bukti kepemilikan sah rumah tersebut.

Baca Juga  Strategi Bisnis untuk UMKM, Kenali Definisi dan Manfaatnya 

4. Perhitungkan Nilai Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, tentu perlu untuk merencanakan nilai pinjaman yang diinginkan. Hal ini penting sebab berkaitan dengan kebutuhan dan risiko angsuran yang akan dibayar nantinya.

Mulai dengan mengevaluasi skala prioritasmu dan pastikan untuk memperhitungkan besaran nilai pinjaman yang realistis dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan membayar.

5. Perkuat Komitmen Melunasi Angsuran Secara Tepat Waktu

Jika sudah mendapatkan dana pinjaman, pastikan bahwa kamu punya komitmen yang kuat untuk membayar angsuran tiap bulannya.

Rumah adalah aset yang berharga. Jadi, jangan sampai keteledoran dalam membayar angsuran justru membuatmu dalam masalah.

Oleh sebab itu, jaga sebaik mungkin kesehatan finansialmu. Buat jadwal dan pengingat selama masa pinjaman. Hal ini akan membantumu untuk lebih siap dan konsisten membayar angsuran secara tepat waktu.

6. Pilih Lembaga yang Aman dan Terpercaya

Memilih lembaga pemberi pinjaman yang aman dan terpercaya tentu adalah suatu hal yang penting. Jangan sampai menjadi korban penipuan yang justru akan merugikanmu.

Pilih lembaga yang menawarkan bunga, tenor, proses penagihan, serta skema biaya yang transparan dan sesuai aturan.

Untuk memastikan lembaga pemberi pinjaman yang dipilih aman dan terpercaya, kamu juga bisa memastikan bahwa lembaga tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cara Mengajukan Pinjaman Gadai Sertifikat Rumah di MOFI

gadai sertifikat rumah

Mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan dana dalam jumlah besar. Ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Berikut adalah persyaratan untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah di MOFI.

Syarat Pengajuan Gadai Sertifikat Rumah

  1. WNI (Warga Negara Indonesia)/Perseroan Terbatas (PT).
  2. Untuk individu: Usia min. 21 tahun, maks. 60 tahun ketika pengajuan & 65 tahun ketika pelunasan. Profesi wiraswasta (minimal lama usaha 2 tahun)/profesional/karyawan.
  3. Untuk PT minimal telah berdiri 2 tahun.
  4. Memiliki aset properti untuk jaminan seperti rumah, ruko, rukan, apartemen, dll (tidak termasuk tanah kosong/kavling).
Baca Juga  Harus Tahu, Ini Arti serta Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Dokumen Pengajuan Gadai Sertifikat Rumah

Inilah dokumen yang diperlukan untuk pengajuan pinjaman dengan gadai sertifikat rumah di MOFI:

Perorangan:

  1. Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), dan Akta Pernikahan (jika sudah menikah).
  2. Sertifikat (SHM/SHGB/SHMSRS), IMB/PBG, serta PBB.
  3. Rekening koran/slip gaji 3 bulan terakhir.
  4. Salinan NPWP.
  5. Legalitas usaha.

Badan Usaha:

  1. Akta Pendirian sampai dengan Akta Perubahan Terakhir beserta SK Menkumham.
  2. KTP Pengurus (Direktur dan Komisaris) dan pemegang saham.
  3. Sertifikat (SHM/SHGB/SHMSRS), IMB/PBG, serta PBB.
  4. Laporan keuangan 2 tahun terakhir.
  5. Rekening koran 3 bulan terakhir.
  6. Salinan NPWP.
  7. Legalitas usaha.

Cara Pengajuan Pembiayaan Gadai Sertifikat Rumah

Berikut adalah langkah mudah dan cepat untuk mendapatkan pinjaman dengan gadai sertifikat rumah di MOFI.

  1. Siapkan data diri/perusahaan serta jaminan (sertifikat rumah), lalu isi form pengajuan pinjaman di sini.
  2. Kami akan menghubungimu untuk konsultasi nominal pinjaman, produk, skema angsuran dan tenor pinjaman.
  3. Aset yang yang diajukan sebagai jaminan akan dinilai oleh tim dari MOFI.
  4. Pengajuanmu akan diproses secepatnya selama data yang dikirimkan lengkap.
  5. Akan dilakukan akad pembiayaan dan pengikatan jaminan jika kesepakatan telah dilakukan.
  6. Setelah semua proses selesai, dana siap dicairkan.

Seperti yang telah dibahas, memilih lembaga pemberi pinjaman yang tepat sangat penting untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman dengan sertifikat rumah.

Jika kamu berencana mengajukan pinjaman dengan gadai sertifikat rumah yang bisa cari dalam 1 hari, MOFI adalah pilihan yang tepat untukmu. Selain mudah dan cepat, kamu juga bisa bebas memilih skema angsuran dan tenor sesuai kebutuhan.

MOFI juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, lho. Tentu kamu tidak perlu khawatir akan legalitas MOFI. Dijamin aman dan terpercaya!

Yuk, pelajari lebih lanjut tentang program Pembiayaan Jaminan Properti di MOFI!

You may also like