Moladin Mofi Artikel

Home » Bisnis » 8 Ide Bisnis Fashion yang Menguntungkan dan Cara Tepat Memulainya

8 Ide Bisnis Fashion yang Menguntungkan dan Cara Tepat Memulainya

by Ahmad Yusuf
bisnis fashion

Dewasa ini, ada banyak sekali potensi bisnis yang dapat dijadikan ladang usaha sampingan, baik bagi pemula maupun pebisnis berpengalaman. Salah satu ide usaha yang sampai saat ini masih sangat diminati selain kuliner adalah bisnis fashion. 

Pelaku bisnis kuliner bisa dikatakan sangat besar, yang berarti pesaingnya pun sangat banyak. Jika demikian, kamu bisa mempertimbangkan untuk memulai bisnis fashion. 

Ingin tahu bagaimana mengawalinya? Simak ulasan berikut ini sampai selesai, ya!

Ide Bisnis Fashion

Perkembangan bisnis fashion terjadi begitu cepat, menghadirkan potensi yang besar untuk calon pebisnis. Jenisnya juga begitu beragam,  berikut ini beberapa di antaranya yang cukup diminati: 

  • Fashion designer. Kalau kamu mempunyai keahlian untuk membuat model atau contoh rancangan pakaian, fashion designer adalah pilihan bisnis fashion yang tepat untuk dicoba. 
  • Fashion blogger. Selanjutnya, apabila kamu mempunyai keahlian pengamatan dan analisis tren tetapi tidak punya cukup modal untuk menjalankan bisnis besar, tak perlu ragu untuk mencoba menjadi fashion blogger. 
  • Majalah fashion. Kamu juga bisa memulai berbisnis di bidang percetakan, dalam hal ini majalah yang berfokus terhadap tren fashion dan gaya yang populer saat ini. Kamu bisa memberikan informasi terbaru yang muncul di industri fashion. 
  • Membuat brand fashion. Sebaliknya, memiliki modal yang cukup bisa menjadi langkah awal untuk kamu membuat brand fashion sendiri. Kamu bisa menjalin kerja sama dengan konveksi, desainer, dan berbagai pihak lain. 
  • Agen model. Ini adalah perusahaan yang menjadi perantara model fashion. Seorang agen fashion akan memperoleh pendapatan dari komisi sesuai dengan kesepakatan. Ide bisnis ini menjadi salah satu pilihan tepat jika kamu mengetahui bagaimana cara mencari model dan menjalin kesepakatan. 
  • Bisnis ekspor impor fashion. Punya modal dan pengetahuan teknis seputar ekspor impor? Bisnis ekspor impor fashion juga sangat menjanjikan kalau kamu menjalankannya dengan benar. 
  • Fashion konsultan. Keahlian komunikasi dan pemahaman yang baik mengenai tren fashion juga bisa menjadi modal untuk membuka jasa fashion konsultan, lho. 
  • Fashion fotografer. Punya minat di bidang fashion dan fotografi? Kamu bisa coba menjadi fashion fotografer, baik untuk majalah, iklan, hingga selebriti. 
Baca Juga  Pentingnya Analisis Usaha, Bisa Cegah Kebangkrutan?

Cara Memulai Bisnis Fashion

Berbisnis fashion bisa dikatakan gampang-gampang susah. Namun, jika kamu baru ingin memulainya, beberapa tips berikut ini bisa kamu coba: 

1. Riset pasar

Riset pasar adalah dasar dari semua bentuk bisnis, apapun jenisnya, termasuk bisnis fashion. Melalui riset, kamu bisa mengetahui seperti apa permintaan dan kebutuhan pasar, tak terkecuali mengetahui siapa target yang menjadi sasaran bisnismu. 

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui jenis produk yang ingin ditawarkan dan bagaimana cara tepat mempromosikannya. Misalnya, kamu hendak membangun bisnis fashion dengan bahan berkualitas baik, atau sesuai dengan tren yang sedang populer sekarang ini. 

2. Buat rencana bisnis

Setelah melakukan riset pasar, selanjutnya buatlah rencana bisnis. Ini adalah salah satu langkah penting yang tidak boleh kamu lewatkan dalam bisnis, karena berhubungan dengan modal yang dibutuhkan, operasional, hingga berbagai aspek bisnis lain. 

Belum lagi, kalau kamu ingin membuat produk sendiri, tentu ada pula unsur lain yang tak boleh terlupakan, seperti desain logo, desain produk, nama brand, dan bujet untuk promosi. 

Pilih jenis fashion yang ingin kamu tawarkan, ketahui apa saja tipe bahan fashion yang sedang diminati. Lalu, jalin kerja sama dengan vendor untuk menghasilkan produk. Kamu juga bisa memulai promosi melalui media sosial. 

3. Mengikuti tren

Menggeluti bisnis fashion bisa dikatakan tidak sama dengan bisnis biasa. Ini karena trend fashion cukup sering berubah mengikuti apa yang sedang populer. Inilah sebabnya, kamu harus mengikuti apa yang sedang berkembang pada waktu tersebut. 

Dengan demikian, kamu tidak menumpuk stok dalam jumlah besar apabila produkmu belum punya banyak pelanggan. Melalui trend, kamu bisa mengetahui produk seperti apa yang sedang diminati dan dapat mencari tahu target yang tepat. 

Baca Juga  Apa itu BPKB dan Faktur Kendaraan Bermotor? Fungsi dan Cara Mengurusnya

4. Promosi dengan tepat

Tidak berbeda dengan jenis bisnis lain, dalam melakukan bisnis fashion, kamu pun harus menerapkan strategi promosi yang tepat. Ada banyak metode promosi yang bisa menjadi pilihan, baik online maupun offline. 

Namun, untuk menghemat biaya, kamu bisa mempertimbangkan promosi secara online, bisa melalui media sosial, atau blog artikel. Sebab, penggunaan media sosial dewasa ini begitu masif, maka pemasaran produk pun bisa dibilang lebih efektif. 

5. Jalin kerja sama

Selain promosi dari media sosial, kamu juga dapat menjalin kerja sama dengan influencer, bisa model atau publik figur yang tertarik di bidang fashion untuk promosi produk. Cara ini juga dapat dikatakan efektif karena orang-orang cenderung lebih mudah terpengaruh iklan dari tokoh idola mereka. 

6. Beri penawaran menarik

Terakhir, berikan penawaran menarik untuk pelanggan. Ini merupakan strategi bisnis yang sangat sering dilakukan untuk bisa mendapatkan minat pelanggan. Misalnya, kamu dapat memberikan potongan harga untuk total pelanggan pertama atau 100 pengikut pertama di media sosialmu. 

Penawaran lainnya bisa berupa pemberian cashback untuk total belanja produk tertentu atau pembelian produk khusus. Giveaway juga dapat menjadi teknik brand awareness yang cukup efektif untuk kamu yang baru saja memulai bisnis. 

Itu tadi beberapa ide bisnis fashion dan cara yang bisa kamu lakukan untuk memulainya. Jika memerlukan modal tambahan untuk menjalankan bisnis ini, tak perlu khawatir karena kamu bisa mengajukan pinjaman dengan mudah melalui Pembiayaan Jaminan Properti dari MOFI. 

Tidak perlu proses dan syarat yang rumit, kamu cukup menjaminkan tanah dan bangunan untuk mendapatkan pembiayaan untuk berbagai kebutuhan. Yuk, ajukan pinjaman di MOFI sekarang!

You may also like